print this page

Ribuan Tenaga Honorer Di Pemprov Sulsel Masih Mengantre Untuk Diangkat Menjadi Pegawai Negeri Sipil

Lowongan CPNS 2013- Meski ribuan tenaga honorer di Pemprov Sulsel masih mengantre untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Namun Pemprov menyatakan tetap akan menerima Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) jalur umum tahun 2013, yang dijadwalkan Juli atau Agustus. Sekretaris Provinsi Sulsel, H A Muallim mengatakan, usulan kebutuhan pegawai untuk formasi CPNS 2013, telah diajukan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB). 

Muallim mengatakan, pengangkatan CPNS jalur umum tetap dilakukan karena kebutuhan yang mendesak. Muallim mengakui, sampai saat ini Pemprov belum mendapatkan jawaban apakah sudah kelebihan pegawai atau sebaliknya. "Jadi, saya menyimpulkan kita berlebih kurang, lebihnya itu yang tidak ada guna-gunanya, artinya sudah tua, sekarang orang main komputer mereka tidak bisa lagi. Hanya enter dia tahu, tapi kita kurang pada bidang tertentu, yang kurang itulah yang kita usulkan," ujar Muallim. 

Dia menambahkan, usulan pegawai untuk jalur umum telah dipertimbangkan, beban gaji mereka juga sudah dihitung, dan tidak akan membebani APBD. Sekadar diketahui, jumlah pegawai Pemprov saat ini mencapai 10 ribu orang lebih yang menghabiskan APBD Rp800 miliar lebih setiap tahun. "Gaji pegawai itu kan dari Dana Alokasi Umum (DAU), kita juga ukur kebutuhan pegawai melalui analisa beban kerja," katanya. Kebutuhan pegawai pemprov yang masih perlu diisi, sebut Muallim, yakni tenaga teknis. 

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel, Tautoto Tanaranggina mengungkapkan, jumlah formasi yang diusulkan Pemprov Sulsel ke Kementerian PAN dan RB mencapai 1.885 orang. Terdiri dari tenaga teknis 1.359 orang dan tenaga medis 526 orang. "Sejak adanya moratorium penerimaan pegawai, kita banyak mengalami kekurangan. Tahun ini juga banyak pegawai kita yang pensiun, sekitar 500 orang lebih, makanya kita masih tetap mengusulkan penerimaan pegawai jalur umum tahun 2013," ungkap Tautoto.(http://www.fajar.co.id)
0 comments

Swarno Tak Ingin Pengabdiannya Lebih Dari 20 Tahun Sia Sia

Lowongan CPNS 2013- Tak ingin pengabdiannya selama lebih dari 20 tahun sia-sia membuat Suwarno terdorong melakukan aksi bersama lebih dari 1.000 tenaga kerja kontrak dari sejumlah daerah di Indonesia. "Saya cuma ingin keadilan. Saya sudah mengabdi sekitar 20 tahun di sebuah kelurahan di Jakarta Selatan. Tapi, kenapa yang dimasukkan ke database justru tenaga kerja yang baru mengabdi," tutur Suwarno kepada Metrotvnews.com, Jakarta, Senin (29/4). 

Umur yang memasuki usia kritis, 42 tahun, membuatnya menuntut pemerintah menjadikannya sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS) tanpa tes. "Mudah-mudahan ada perubahan setelah perwakilan Front Pembela Honorer Indonesia bertemu bapak Presiden," tukasnya. Dia mengabdi di sebuah kelurahan karena ajakan dari seorang teman. Tugasnya sehari-hari tak jelas. Terkadang, dia mengecat trotoar, memfotokopi dokumen, kerja bakti, atau sekadar membuat kopi. "Apa kata pak lurah saja. Namanya juga masih honorer. Dan itu lah pekerjaan saya. Jadi, ya dilakukan saja," kata dia. 

Kenyataan yang sama dihadapi Dodi Tisna Amijaya. Pria berusia 35 tahun tersebut harus menelan pil pahit karena namanya tidak masuk ke database Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Hanya setengah dari tenaga honorer di tempatnya bekerja yang masuk dalam data BKN. "Harapan kami pemerintah, supaya memperhatikan dan mengedepankan kami yang mengabdi sekian lama. Kami hanya ingin kejelasan status," tukasnya.(http://www.metrotvnews.com)
0 comments

Honorer Menuntut Segera Diangkat Menjadi CPNS Tanpa Tes

Lowongan CPNS 2013- Massa yang tergabung dalam Serikat Pekerja Honorer Indonesia menggelar demonstrasi di depan Istana Merdeka. Mereka menuntut segera diangkat menjadi CPNS tanpa melalui tes. Demonstrasi dimulai sekitar pukul 10.30 WIB, Senin (29/4/2013). Sekitar 700 orang berkumpul di jalan di depan Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. 

Mereka berunjuk rasa, berorasi meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono segera mengangkat seluruh pekerja honorer yang bekerja di instansi-instansi pemerintahan. Mereka membentangkan sejumlah spanduk, salah satunya ada yang bertuliskan 'Jika 2013 Pengangkatan Menjadi CPNS Tidak Dilaksanakan, Maka Kami Pegawai Honorer Seluruh Indonesia akan Golput dalam Pemilu." Petugas kepolisian melakukan penjagaan terhadap aksi unjuk rasa yang dilakukan di kawasan ring satu ini. 

Polisi yang terdiri dari anggota Brimob dan personel dari Polda Metro memberi pembatas agar aksi demonstrasi tidak meluas ke Jl Medan Merdeka Utara. Jalan itu pun tetap dapat dilintasi. "Sebagian dari kami sudah 25 tahun lebih mengabdi sebagai pegawai honorer. Maka, kami meminta kepada Pak Presiden, tolong angkat kami sebagai CPNS seratus persen tanpa tes," ujar Muchlis, koordinator aksi di lokasi, Senin (29/4/2013).(http://news.detik.com)
0 comments

1.920 Tenaga Honorer K2 2013 Harus Melengkapi Berkas

Lowongan CPNS 2013- Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bireuen mengantongi 17 honor "siluman" di Pemkab Bireueun. Hal itu diketahui setelah pihaknya mengumumkan jumlah honorer sebagai bentuk uji publik. Kepala BKPP Bireuen M Isa mengatakan, dalam masa sanggah 21 hari pihaknya terbuka menerima laporan disertai bukti dari sejumlah pihak yang mengetahui data honorer "siluman" yang terpampang di papan pengumuman.

Kami ingin semua berjalan transparan dan tentunya tidak menghalalkan segala cara. Segera laporkan bila ada kecurangan tenaga honorer," kata M Isa. Menurut dia, saat ini pihaknya tengah melakukan proses verifikasi data para honorer untuk pemeriksaan berkas. Dalam berkas yang kembali diajukan, honorer wajib mencantumkan ijazah asli ataupun SK asli untuk menguatkan bukti selama ia bekerja. 

Hal itu dilakukan guna melengkapi berkas untuk disampaikan ke Kementerian PAN di Jakarta serta menunggu jadwal pasti pelaksanaan testing CPNS secara keseluruhan. Diakui Isa, berkas tenaga honorer K2 terdapat dari sejumlah dinas, badan, kantor serta sekolah negeri di jajaran Pemerintah Kabupaten Bireuen. Setelah jumlah honorer diumumkan untuk uji publik beberapa waktu lalu, kini 1.920 tenaga honorer K2 harus melengkapi berkas.(http://regional.kompas.com)
0 comments

Bidan Sebagai PTT Ditugaskan Selama Tiga Tahun

Lowongan CPNS 2013- Ratusan bidan yang tergabung dalam Forum Komunikasi Bidan Pegawai Tidak Tetap di Kebumen menggelar aksi unjuk rasa, Kamis (25/4). Mereka mendatangi Dinas Kesehatan dan gedung DPRD Kebumen untuk menolak Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI Nomor 7 Tahun 2013 tentang Pedoman Pengangkatan dan Penempatan Dokter dan Bidan Sebagai Pegawai Tidak Tetap. Dalam aksi tersebut, para bidan tidak tetap tersebut menuntut revisi Permenkes No 7 khususnya pasal 9. 

Dalam pasal itu disebutkan, bidan sebagai PTT ditugaskan selama tiga tahun. Menteri dapat mengangkat kembali atau memperpanjang bidan sebagai PTT paling banyak dua kali masa penugasan. "Kami meminta agar Permenkes tersebut direvisi tanpa ada pembatasan masa penugasan," ujar Koordinator Umum Forum Komunikasi Bidan PTT Atik Pratiwi AMd Keb kepada Suara Merdeka di sela-sela unjuk rasa. 

Atik Pratiwi menambahkan, bidan PTT yang ada di Kebumen berjumlah sebanyak 272 orang yang tersebar di 26 kecamatan. Sebagian besar mereka ditugaskan Puskesmas untuk ditempatkan sebagai bidan desa. Jika masa mengacu pada Permenkes tersebut, banyak bidan yang telah mengabdi sejak 2005 akan habis masa baktinya pada 1 Juli 2014. "Artinya mereka tidak bisa lagi diperpanjang," ujar bidan desa yang bertugas di Puskesmas Mirit tersebut. Sebelum mendatangi gedung DPRD, para bidan berkumpul di Dinas Kesehatan Kebumen. Selanjutnya mereka berjalan kaki menuju gedung dewan yang berjarak sekitar 300 meter. 

Dalam aksinya para bidan membentangkan spanduk penolakan Permenkes RI Nomor 7 Tahun 2013 yang dibubuhi tanda tangan peserta aksi. Wakil Koordinator Yuli Setyani AMd Keb menuntut kepada pemerintah agar dalam pengadaan CPNS khususnya untuk formasi bidan tidak melalui jalur umum melainkan mengambil bidan PTT yang sudah ada. "Aksi ini tidak hanya dilakukan bidan PTT di Kebumen, tetapi akan dilakukan oleh bidan tidak tetap di Jawa Tengah dan seluruh Indonesia," ujar bidan desa di Puskesmas Buluspesantren tersebut. 

Sementara itu, para bidan tersebut diterima langsung Ketua DPRD Kebumen Ir Budi Hianto Susanto, Bupati H Buyar Winarso SE, Ketua Komisi A Dra Halimah Nurhayati dan Ketua Komisi B, H Cipto Waluyo SKep. Hadir pula Kepala Dinas Kesehatan dr Hj Y Rini Kristiani MKes, Kepala DPPKAD H Supangat SE, Kabid Pengembangan dan Pembinaan Pegawai BKD Anna Ratnawati SKM MSi. Ketua DPRD Kebumen Budi Hianto Susanto siap menugaskan Ketua Komisi A dan B DPRD untuk mendampingi para bidan untuk menyampaikan aspirasi mereka ke pemerintah pusat. 

Sedangkan Bupati Buyar Winarso juga akan mendukung para bidan. Pasalnya, keberadaan bidan tersebut juga dibutuhkan oleh pemerintah. Namun soal pengangkatan sebagai CPNS harus melalui mekanisme yang ada. "Kami hanya bisa mengusulkan, tetapi wewenang berada di pemerintah pusat," ujarnya. Dalam kesempatan itu, Bupati meminta lain kali penyampaikan aspirasi dilakukan secara perwakilan. Dengan demikian, tanggung jawab pelayanan kesehatan di desa tetap bisa berjalan.(http://www.suaramerdeka.com)
0 comments

Tips Lulus CPNS

Tips Lulus CPNS – Sempat menjadi asumsi masyarakat luas dan menjadi rahasia umum bahwa dulu, jika anda berduit, tak berotak (baca tidak pintar) pun bisa masuk CPNS, dan parahnya orang yang pintar pun jika tidak berduit susah masuk CPNS. Itu dulu, tapi sekarang dengan adanya terobosan pemerintah pusat hal demikian akan diluruskan.
 
Sudah terbukti pada penerimaan CPNS 2012 yang lalu menyangkal asumsi negatif diatas dengan banyaknya peserta mengaku tidak menyangka bisa lulus CPNS. Sampai-sampai Wakil Menteri Kemenkumham bapak Denny Indrayana mengapresiasi mereka dengan mengumpulkan cerita-cerita dibalik kelulusan mereka dan menyebarkannya ke media-media nasional.
Jadi saatnya sportif, saat ini jika anda ingin menjadi PNS maka satu-satunya cara lulus CPNS adalah menjadi ORANG PINTAR. Tapi disini celah yang perlu kita pahami. Ukuran ORANG PINTAR dalam penerimaan CPNS adalah bisa menyelesaikan soal-soal ujian CPNS dengan masuk kategori RANKING TERBAIK, cukup ini saja.
Ini artinya TIDAK PERLU PINTAR dalam segala hal. Anda cukup PINTAR MENGERJAKAN SOAL-SOAL CPNS hingga melewati passing grade kelulusan.
Lulus CPNS itu adalah hitung-hitungan bukan untung-untungan. Begini hitung-hitungan sederhananya:

Lulus CPNS = Usaha + Strategi + Peluang

Usaha :
Tingkatan berbeda-beda antar masing masing pelamar, tergantung banyak sedikitnya usaha yang dilakukan. Bisa saja peserta ujian CPNS mencapai ribuan orang, tetapi yang memilki persiapan matang belum tentu banyak. Sebagian besar hanya asal ujian tanpa adanya usaha serius bagaimana agar bisa lulus. Coba tanyakan langsung pada mereka yang pernah gagal CPNS, sejauh mana usaha yang telah dilakukan?

Strategi :
Banyak yang asal ujian, nilai lebih jika anda memahami strategi sederhana ujian CPNS. Karena usaha keras tanpa arah itu juga hanya buang-buang energi yang berujung pada kegagalan.

Peluang :
Dalam hal peluang lulus CPNS, semua peserta ujian CPNS memiliki peluang yang sama untuk lulus yaitu dengan rumus peluang : 1/Jumlah Peserta Ujian x Jumlah Kuota.

Misalnya:
Jumlah kuota CPNS yang akan diterima 20 orang, Jumlah peserta ujian termasuk anda dan pesaing sebanyak 250 orang,  Maka peluang masing-masing peserta untuk lulus adalah:
1/250 x 20 = 0,08

Dari 250 peserta ujian masing-masing memiliki peluang 0,08 untuk lulus. Agar peluang anda lebih besar, maka yang perlu anda tambah adalah Usaha Lebih Keras dibanding Pesaing dan Starategi Lebih Mantap.
Agar anda PINTAR menguasai soal-soal CPNS satu-satunya cara adalah dengan latihan soal-soal CPNS tahun-tahun sebelumnya jauh-jauh hari sebelum ujian CPNS berlangsung. Karena soal-soal CPNS dari tahun-ketahun tidaklah jauh berbeda. Bahan untuk soal CPNS kan terbatas, tidak akan mungkin setiap tahun soal CPNS berbeda.

Soal CPNS biasanya di acak dan merupakan gabungan soal-soal CPNS tahun-tahun sebelumnya dengan perubahan sedikit seperti perubahan kalimat dan angka. Ya, ini perlu kita pahami betul sebelum ujian CPNS, jangan asal ujian.

Terakhir adalah yang tidak kalah penting karena darinya sumber motivasi anda sehingga diberi semangat belajar dan berusaha terus. Apa itu? Adalah doa kepada Pencipta. Yakinlah semua hal berasal dari-Nya, kecil atau besar, termasuk mata anda bisa membaca ini adalah karena-Nya.

Ini maksud saya Lulus CPNS Tidak Perlu Pintar Segalanya. Apa buktinya? Penulis sendiri lulus CPNS dengan cara tersebut, secara pribadi penulis merasa tidak pintar tetapi Alhamdulillah bisa lulus CPNS tahun 2006 yang lalu murni 100%.(casnmedia.com)
0 comments

Penerimaan CPNS 2013 Bupati Pangandaran Belum Berani Membukanya

Lowongan CPNS 2013- Penjabat Bupati Pangandaran Provinsi Jawa Barat Enjang Nafandi akan bertatap muka dan bersilaturahim dengan tokoh-tokoh masyarakat setempat. Ia belum memikirkan rekrutmen pegawai negeri sipil, dan akan memanfaatkan 4.500-an PNS limpahan dari Pemkab Ciamis. 

 Pada hari pertama masa kerja, Enjang bertemu dengan tokoh agama, organisasi kemasyarakatan, partai politik dan tokoh lainnya. "Kami juga bersilaturahim dengan pemerintah Kabupaten Ciamis, dengan DPRD Ciamis dan gubernur," ujar Enjang kepada Tribunnews usai pelantikan 11 Daerah Otonomi Baru, di Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Senin (22/4/2013). 

Setelah itu, Enjang mengaku akan mulai melaksanakan tugas-tugasnya memulai pemerintahan di kabupaten yang dimekarkan dari Kabupaten Ciamis. Enjang akan berusaha melaksanakan pesan-pesan dari Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi untuk membentuk pemerintahan yang baru.

Sebelum kami meletakkan fondasi-fondasi untuk melaksanakan pemerintahan ke depan, kami diarahkan untuk pembentukan struktur, pengisian perangkat daerah, kemudian rekrutmen DPRD dan melaksanakan pemilihan bupati dan wakil bupati," kata dia. Enjang pun optimistis dalam setahun akan mampu menyelesaikannya dalam setahun seperti batas maksimal yang diberikan Kemendagri. "Insya Allah. Setahun pembentukan perangkat-perangkat daerah," terangnya. Terkait perangkat daerah, Enjang menargetkan akan membuat sepuluh dinas. 

Namun menurutnya, jumlah tersebut masih dikaji apakah perlu dirampingkan atau ditambah. "Yang jelas efektif dan efisienlah," kata dia. Sementara untuk pegawai, Enjang mengaku belum membuka penerimaan Pegawai Negeri Sipil. Enjang masih mengandalkan limpahan dari kabupaten induknya dan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. "Kami sudah menerima limpahan dari induk Kabupaten Ciamis kemudian, menerima barang kali dari provinsi atau kabupaten lain. 

Kami tidak dulu rekrutmen PNS. Sekarang ini 4.500-an dari kabupaten induk," ujar dia. Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri meresmikan 11 daerah otonomi baru dan pelantikan penjabat gubernur dan bupati. 11 kepala daerah tersebut dilantik dengan masa jabatan selama setahun yang bisa diperpanjang setahun lagi. Setelahnya, mereka harus sudah menyelenggarakan Pemilukada tahun 2015. 

Ketika ditanya apakah Enjang berkeinginan untuk berkompetisi dalam Pemilukada, menurutnya itu masih terlalu jauh untuk dibicarakan. "Itu masih terlalu jauh. Kita fokus dulu untuk sekarang," katanya.(http://www.tribunnews.com)
0 comments

Penerimaan CPNS 2013 Pemkab Tasikmalaya Masih Ditunggu Kepastiannya

Lowongan CPNS 2013 - Wakil Bupati Tasikmalaya, H. Ade Sugianto berang karena namanya ikut dicatut menjelang pengangkatan tenaga sukwan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemkab Tasikmalaya. Ulah para calo CPNS itu sudah menjalar ke setiap intansi pemerintah, termasuk yang menimpa beberapa karyawan tenaga sukwan (honorer) di lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tasikmalaya.

 ‘’Terus terang, saya kedatangan salah seorang tenaga sukwan dengan membawa data dan meminta agar dia diperhatikan karena ia merasa telah menyetorkan uang kepada oknum yang mengatasnamakan saya”, kata Wabup. Sementara itu, Kepala BKPLD Kabupaten Tasikmalaya, HI Sutiaman S.Sos, MM, M.Si Mmembenarkan sekitar Juni/Juli 2013, Pemerintah Pusat akan memproses testing pada tenaga honor dan kontrak menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ada di daerah. Namun jelasnya, sampai kini, Pemkab Tasikmalaya masih menunggu kepastian mengenai pelaksanaan penerimaan CPNS baru, dari pemerintah pusat. 

Bersasarkan data ABK, Pemkab Tasikmalaya sampai saat ini, masih kekurangan pegawai begeri sipil (PNS) sekitar 11.297 orang, dalam katagori satu (1) dan dua (2), yakni sarjana dan non sarjana (umum), demikian dikata Ola didampingi Kasubdid pengelolaaan dan pension, Lala Herian, STIP, M. Si diruang kerjanya baru-baru ini.(http://www.tubasmedia.com)
0 comments

Honorer K2 Pemkab Pesisir Selatan Telah Selesai Uji Publik

Lowongan CPNS 2013- Sebanyak 1.468 tenaga honorer kategori II (K II), di lingkungan Pemkab Pesisir Selatan telah selesai melalui uji publik. Dari uji tersebut, hanya 4 surat sanggahan yang masuk ke BKD yaitu, 2 dari kecamatan IV Jurai dan 1 Kecamatan Pancung Soal dan 1 dari Ranah Pesisir. Kepala BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Pesisir Selatan Naswir yang dihubungi di ruang kerjanya Rabu (24/4) menerangkan, sanggahan yang masuk akan ditanggapi, sesuai dengan informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. 

Kalau itu bersifat surat kaleng, maka tidak akan disikapi, karena sulit dibuktikan. Menurut Naswir, terhadap surat dari masyarakat ini, BKD akan melakukan verifikasi dan menurunkan tim langsung ke SKPD atau unit kerja pegawai honor yang bersangkutan guna membuktikan kebenaran dari sanggahan tersebut. Pihaknya mesti hati-hati.

Hasil peninjauan lapangan tersebut kemudian dikonfirmasi pada yang bersangkutan dengan jalan mengecek kembali biodata dan dokumen yang dimiliki sehingga didapat mana yang benar, dan mana salah,” kata Naswir didampingi oleh Kabid Formasi, Pendataan dan Dokumentasi Nurlaini. 

Hasil uji publik ini akan diteruskan kembali ke BKN (Badan Kepegawaian Negara) untuk mendapatkan pengesahan, setelah nama tersebut yang ditetapkan oleh BKN itu diterima kembali oleh BKD Pessel, baru mereka itu ditetapkan untuk calon peserta yang akan mengikuti seleksi CPNS. (http://posmetropadang.com)

Direncanakan seleksi dilaksanakan Juni 2013 ini kemungkinan hanya 1 kali dalam bentuk ujian tertulis. Jumlah kuota yang paling banyak mendaftar, untuk tenaga guru dan medis, karena Pessel masih kekurangan. Ditambahkan beberapa bidang studi seperti Penjaskes dan Pendidikan agama.
0 comments

BKN Telah Meloloskan 50.264 Tenaga Honorer Kategori K1 2013

Lowongan CPNS 2013- Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah meloloskan 50.264 tenaga honorer kategori K1, yakni honorer dengan gaji dan pendapatan yang dibiayai APBN atau APBD. Honorer K1 tersebut, terdiri atas 17.073 di 33 instansi pusat, dan 33.191 dari 423 instansi daerah atau pemda. 

Namun, pengangkatan tenaga honorer menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) ini, hanya dapat dilakukan pada tahun ini saja. Sementara untuk 2014, belum ada keputusan lebih lanjut. Asisten Deputi (Asdep) Koordinasi Kebijakan SDM Aparatur Naftalina Sipayung mengatakan, 2014 Pemerintah tidak akan membuka lagi kesempatan untuk pengangkatan PNS dari tenaga honorer.

Mohon Pemerintah Pusat tegas mengenai penyelesaian tenaga honorer ini dan tidak lagi dilakukan pengangkatan CPNS dari tenaga honorer pada 2014,” kata dia seperti dilansir dari situs Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Rabu (24/4/2013). 

 Sementara itu, Asdep Perencanaan Pegawai Nurhayati menyampaikan, saat ini tenaga honorer K-2 hampir menyentuh angka 600 ribu orang. Namun, angka ini bukan angka pasti. "Ini masih belum fixed masih bergerak, menunggu hasil uji publik dan sejumlah tenaga honorer lungsuran K-1 setelah ATT yang tidak memenuhi kriteria”, tambah Nurhayati. 

Menurut dia, maksimal 30 persen dari Honorer K-2 dapat diangkat menjadi CPNS, harus melalui tahap tes, tes CPNS. Dan bagi yang lulus itu pun diangkat dalam dua tahap pengangkatan, yakni pada 2013 dan 2014 (http://economy.okezone.com)
0 comments

Penerimaan CPNS 2013, Kabupaten Sintang Belum Mendapat Surat Resmi

Lowongan CPNS 2013- Kendati pemerintah pusat memprediksikan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mulai dilaksanakan Juli 2013 mendatang, namun hingga kini Pemerintah Kabupaten Sintang belum mendapatkan surat resmi terkait jadwal penerimaan PNS. “Sampai sekarang kami belum tahu. Apakah ada penerimaan PNS,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Sintang, H Zulkifli HA, kemarin. 

Walau belum ada informasi yang pasti, Pemkab Sintang sudah mengusulkan kebutuhan PNS. “Kalau usulan pegawai yang diperlukan, sudah kami sampaikan sejak lama. Tinggal menunggu keputusan pemerintah pusat saja,” imbuh Sekda. Pemkab sendiri dalam mengusulkan kebutuhan tenaga pegawai berdasarkan analisis dan beban kerja, sesuai petunjuk pemerintah pusat. 

Hanya saja usulan itu, sepenuhnya diterima atau ditolak. Pemkab belum mengetahui secara persis, sehingga mesti harus menunggu sampai ada kejelasan dari pemerintah pusat. Pihaknya tidak menjamin, bahwa usulan yang disampaikan pemerintah kabupaten Sintang dapat terakomodasi dengan baik. Bisa saja nantinya usulan PNS yang diajukan Pemkab Sintang dapat diterima keseluruhan atau bahkan ditolak. “Pemerintah Pusat nantinya dapat menilai apakah Pemkab Sintang layak mendapatkan formasi PNS atau tidak. 

Karena tidak keseluruhan usulan kabupaten kota dapat terakomodasi,” tukasnya. Pegawai yang menjadi skala prioritas, diakui Zulkifli, meliputi Bidang Kesehatan dan Pendidikan. Karena menurutnya dua bidang tersebut hingga kini masih memerlukan tenaga yang tidak sedikit. “Pada tahun ini kebutuhan tenaga PNS di lingkungan Pemkab Sintang, masih dikategorikan kurang. 

Terutama pada sektor kesehatan dan pendidikan sehingga memang perlu adanya penambahan segera,” ujar Sekda. Kendati sektor pendidikan menjadi skala prioritas. Namun Pemkab Sintang juga mengusulkan sektor yang lain seperti sektor yang sifatnya teknis. “Datanya saya lupa yang jelas usulan tersebut sudah kami sampaikan ke Kementerian Aparatur Negara,” pungkasnya.(www.equator-news.com)
0 comments

Guru Honorer Swasta Kesulitan Menjadi CPNS

Lowongan CPNS 2013- Guru honorer swasta kesulitan menjadi CPNS. Meski demikian mereka menyadari hal ini bukan kebijakan Pemkot Bandung. "Kami sadar beberapa kebijakan memang datangnya dari pemerintah pusat, sehingga pemkot tidak dapat berbuat banyak," ujar Ketua Forum komunikasi Guru Honorer Swasta (FKGHS) Kota Bandung Mohamad Hasanudin, seperti diberitakan Radar Bandung , Minggu (21/4). Hasanudin mengatakan, seharusnya kabupaten/kota memiliki kebijaksanaan sendiri terkait dengan pengangkatan CPNS."Kan kabupaten/kota memiliki otonomi, tapi tidak dengan otonomi pengangkatan CPNS. Harusnya sih punya kewenangan juga," sesalnya. 

Meski demikian, Hasanudin mengakui, Pemkot Bandung sudah cukup berupaya untuk membantu kesejahteraan guru honorer. Dengan memberikan tunjangan fungsional fungsional non guru sertifikasi. Seperti diketahui, APBD Kota Bandung menganggarkan Rp60 miliar untuk 2027 orang guru honorer. Jumlah ini naik, dibanding tahun 2012 yang hanya Rp52 miliar untuk 17 ribu orang guru honorer. Jumlah guru honorer saat ini sebanyak 21 ribu untuk semua tingkatan baik swasta dan negeri. 

Sementara guru honorer negri berjumlah 2 ribu orang. "Jadi memang lebih banyak guru honorer swasta ketimbang negri," akunya. Dari 2 ribu orang guru honorer, hanya 6 ratus orang yang berkesempatan menjadi CPNS, sisanya tidak terdaftar. Hal ini diakui Walikota Bandung Dada Rosada. "Memang ada hal-hal yang bisa kebijakannya bisa ditembus ada juga yang tidak," kata Dada. 

 Kebijakan yang bisa ditembus adalah pemberian dana tunjangan untuk para guru. Sedangkan yang tidak bisa ditembus adalah pengangkatan guru honorer menjadi PNS. "Pemberian uang tunjangan, adalah sebagai bukti, bahwa kita memperhatikan, dan memberikan penghargaan bagi pahlawan tanpa tanda jasa," tambah Dada. Dada juga berterimakasih kepada guru honorer swasta. Karena tanpa ada yayasan swasta, sekolah negri kewalahan menampung semua siswa.(jpnn.com)
0 comments

Bidan PTT Kabupaten Jepara Resahkan Peraturan Mentri Kesehatan (Permenkes) No. 7 Tahun 2013

Lowongan CPNS 2013- Puluhan bidan pegawai tidak tetap (PTT) di Kabupaten Jepara resahkan Peraturan Mentri Kesehatan (Permenkes) No. 7 Tahun 2013. Dalam Permenkes No 7 Tahun 2013 mengatur tentang pedoman pengangkatan dan penempatan dokter dan bidan sebagai PTT. Dalam Permen tersebut, kontrak kerja bidan PTT hanya sebanyak tiga kali kontrak atau maksimal 9 tahun. 

Hal tersebut dinilai Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Jepara, Mundrikatun, sangat merugikan profesi bidan. “Harapan kami, Permenkes tersebut bisa dikembalikan lagi seperti semula, dimana bidan-bidan PTT tidak dibatasi masa kontrak kerjanya,” ujar Mundrikatun yang biasa disapa Bidan Ika. Lebih lanjut Ika menyampaikan, saat ini di Jepara terdapat 586 bidan yang bergabung dengan IBI. 

Sebanyak 55 diantaranya telah diangkat menjadi bidan PTT. “IBI mengupayakan agar teman-teman PPT yang sudah tiga kali kontrak bisa diperanjang lagi karena teman-teman (anggota IBI, red) sudah mengabdikan diri, meskipun Permenkes sudah keluar kami berupaya agar bisa direvisi,” papar Ika, usai mengikuti peringatan Hari Kartini, Senin (22/4). 

Ika menambahkan, pemerintah semestinya tidak perlu membatasi masa kontrak kerjaPTT. Bagi bidan PTT yang sudah lama bertugas bisa dipindah tugas di Puskesmas di perkotaan. Sedangkan bidan PTT yang baru-baru ditempatkan di Puskesmas pedesaan. “Memang dalam perjanjian kontrak kerja, PTT tidak bisa menuntut untuk diangkat menjadi PNS. 

Tapi kalau kita tengok ke belakang yang sudah-sudah, dari PTT bisa diangkat menjadi CPNS,” kata Ika, bidan yang membuka praktik di Kecamatan Nalumsari. Sementara itu, bidan PTT di Puskesmas Kecamatan Pakisaji Kabupaten Jepara, Jumalsanah, menyampaikan Permenkes tersebut tidak menguntungkan bidan PTT. 

Jika Permenkes tersebut tetap diberlakukan, dia khawatir karier bidan PTT akan mandek. “Kalau hanya boleh tiga kali kontrak atau maksimal 9 tahun, nanti setelah selesai kontrak usia saya apa masih laku untuk digunakan melamar pekerjaan?” ujar Jumal.(http://jaringnews.com)
0 comments

Lowongan CPNS SUMUT 2013 Sebanyak 933 Orang

Lowongan CPNS SUMUT 2013- Kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Sumut untuk tahun 2013 sebanyak 993 orang, namun tidak ada satu pun yang diambil berdasarkan kualifikasi tamatan SMA ( Sekolah Menengah Atas) atau sederajat. Formasi yang diajukan hanya untuk kualifikasi tamatan S1 dan D3. " Paling rendah D3,’’ kata Kepala Bidang Pengadaan Pembinaan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumut, Kaiman Turnip kepada wartawan, Kamis ( 21/3). Secara resmi kuota dan formasi CPNS akan diterima Pemprovsu dari Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI pada Juli 2013. 

Informasi yang diperoleh, Pemprovsu telah mengajukan sebanyak 993 Calon Pegawai Negeri Sipil untuk tahun 2013 pada Oktober 2012 yang lalu. Pengajuan Kuota CPNS ke Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi terkait terkait penerimaan CPNS sebanyak 60 ribu untuk tahun 2013 secara Nasional. Dari 993 kuota CPNS, Pemprovsu hanya mengajukan 3 formasi, yakni sebanyak 752 orang tenaga Teknis, 176 orang tenaga kesehatan dan 5 orang untuk guru SLB (Sekolah Luar Biasa). 

Sebelumnya, Pemerintah RI kembali membuka lowongan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk formasi tahun 2013. Kuota CPNS yang akan direkrut menurut Data Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI mencapai 60 ribu orang. “Tahun ini kita terima CPNS formasi baru sekitar 60 ribu orang,” ucap Menpan dan Reformasi Birokrasi, Ir Azwar Abubakar di sela-sela penandatanganan pencananganan zona integritas wilayah bebas korupsi bagi Provinsi Sumut di Hotel Hermes, Jalan Pemuda Medan, baru-baru ini. 

Abubakar didampingi Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST dan Kepala BKD Sumut Pandapotan Siregar menjelaskan penerimaan CPNS tahun 2013 ini akan diumumkan kuotanya pada Juli mendatang. Juli nanti kuota penerimaan CPNS tahun 2013 sebanyak 60 ribu ini sudah bisa diketahui. Jumlah ini sekitar 50 persen dari total jumlah PNS yang pensiun tahun ini yang jumlahnya mencapai 120.000 orang,” beber Abubakar. 

Abubakar juga menerangkan penerimaan CPNS tahun 2013 akan difokuskan kepada kebutuhan lembaga/departemen dengan mengedepankan azas kompetensi dan kelayakan. Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sumut Pandapotan Siregar menjawab wartawan mengemukakan alokasi penerimaan CPNS untuk Pemprov Sumut sampai saat ini belum ditetapkan oleh Menpan, begitu juga untuk kabupaten dan kota. Jika nanti telah ditetapkan akan diumumkan resmi sehingga masyarakat akan mengetahui pola dan bagaimana sistem pelaksanaannya.(http://sumutdaily.com)
0 comments

CPNS Pemkab Maros Terima SK

Sebanyak 106 calon pegawai negeri sipil (CPNS) Pemkab Maros menerima surat keputusan (SK) pengangkatan sebagai CPNS. SK diserahkan langsung Bupati Maros M Hatta Rahman, Senin (15/4/2013). 

 Kepala BKDD Kabupaten Maros Arwin Malik, mengatakan mereka yang menerima SK ini adalah pegawai dari kategori satu (K1) yang sudah lama mengabdi sebagai honorer di Pemkab Maros. Dimana yang menerima SK sebanyak 106 orang yang terdiri atas golongan satu I, II dan III. Golongan I terdiri atas 36 orang, golongan II sebanyak 65 orang serta golongan III sebanyak lima orang.(tribunnews.com)
0 comments

Tenaga Honorer K2 Kalten Ber SK Palsu

Lowongan CPNS 2013- Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, dr Ronny Roekmito, membantah telah mengusulkan pendataan dua tenaga honorer yang menggunakan surat keputusan (SK) pengangkatan palsu kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Klaten. Ronny mengakui sudah mengetahui kesalahan data dua tenaga honorer tersebut jauh-jauh hari. Dia mengaku tidak pernah mengusulkan pendataan dua tenaga honorer yang sama-sama berprofesi sebagai bidan desa itu karena terjadi ketidakakuratan data.

Akan tetapi, dia juga tidak mengetahui mengapa nama keduanya masuk dalam daftar nominatif peserta uji publik sebagai tahapan pengangkatan calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang diumumkan pada akhir Maret lalu. “Saya juga tidak tahu mengapa tiba-tiba nama keduanya muncul dalam pendataan. Padahal kami tidak mengusulkan keduanya karena ada kesalahan data dalam berkas yang mereka kumpulkan,” terang Ronny. 

Ronny menjelaskan, dua bidan desa itu bernaung di bawah salah satu puskesmas di Klaten. Keduanya sama-sama baru bekerja sebagai bidan desa di atas tahun 2005 sehingga mereka tak bisa masuk dalam daftar nominatif peserta uji publik sebagai tahapan pengangkatan CPNS. Ronny mengakui SK tersebut ditandatangani oleh kepala puskesmas tempat dua bidan itu bernaung. Akan tetapi, kapala puskesmas yang bersangkutan sudah membuat surat pernyataan yang menyebut adanya kesalahan data dalam berkas dua bidan desa tersebut. “Memang seharusnya keduanya tak masuk pendataan karena belum memenuhi persyaratan,” tegas Ronny. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Klaten, Pantoro, mengakui terdapat satu tenaga honorer yang disinyalir menggunakan SK pengangkatan palsu. “Kami sudah menelusuri. Memang ada salah satu honorer di Kecamatan Cawas yang SK-nya bermasalah. Nanti akan kita laporkan ke BKD,” terangnya. Sebelumnya, tiga tenaga honorer kategori dua (K2) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten diduga memalsukan SK pengangkatan honorer supaya bisa masuk pendataan yang dilakukan BKD Klaten. 

Kasubbag Perencanaan dan Pelaporan BKD Klaten, Suyatno, mengatakan tiga tenaga honorer K2 itu satu di antaranya berada di lingkungan Disdik dan dua di lingkungan Dinkes. Ketiganya dilaporkan oleh rekan sendiri setelah namanya ikut tercantum dalam daftar nominatif peserta uji publik sebagai tahapan pengangkatan CPNS yang diumumkan pada akhir Maret lalu.(solopos.com)
0 comments

CPNS Dimintai Rp. 60 Juta

Lowongan CPNS 2013- Seorang calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kementerian Hukum dan HAM, Sulawesi Tenggara mengungkapkan, adanya upaya pungutan liar (pungli) yang dilakukan oleh pegawai setempat pada penerimaan CPNS tahun 2013. Hal itu diungkapkan saat Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana bertatap muka dengan 36 CPNS di aula kantor Kemenhukum dan HAM Sultra, Jalan Balaikota Kendari, Jumat (12/4/2013) sore. "Supaya saya bisa lulus seleksi CPNS saya dimintai uang sebesar Rp 60 juta oleh Pegawai Kanwil Kementerian Hukum dan HAM di sini, tapi saya tidak mau percaya. Sebab seleksinya kan melalui online dan syukurnya saya lulus murni, apa bisa saya sebutkan namanya Pak?" ungkapnya. 

Namun Deny menolak untuk disebutkan nama pegawai di depan forum, sebab dialog dengan para CPNS berlangsung di hadapan staf Kemenhukum dan HAM Sultra. "Tidak usah disebutkan di sini, nanti setelah acara ini saya minta Anda untuk ketemu saya ya," tegas Deny. Percobaan pungli yang diungkapkan salah seorang CPNS Kanwil Kemenhukum dan HAM Sultra, terasa ironis. Sebab sebelumnya, Denny pada kesempatan itu memaparkan penerimaan CPNS di Kemenhukum dan HAM sangat selektif dan bebas KKN dan pungli. "Saya perlu ungkapkan di sini bahwa seleksi CPNS di Kemenhukum dan HAM terhitung bersih, sebab melibatkan personil yang kredibilitasnya tidak diragukan lagi. 

Seperti Ketua Ombudsman RI Danang Giriwardana, dari ICW dan satu lagi dari direktorat pajak yang integritasnya cukup baik," tutur Denny. Menurut Denny, pada seleksi CPNS di Kemenhukum dan HAM tahun 2013 ada beberapa anggota DPR RI juga menitipkan anggotanya untuk diluluskan. "Pak Sekjen juga dititip anggota DPR RI agar anggotanya diluluskan, begitu juga dengan saya dititipkan melalui ajudan. Tapi kami sudah komitmen agar seleksi penerimaan CPNS tidak tercoreng dengan tindakan KKN," tandas Denny. 

Denny yang dikonfirmasi usai tatap muka dengan staf Kanwil Hukum dan HAM Sultra menyatakan, pihaknya akan menindak tegas oknum pengawai yang mencoba melakukan pungli terhadap CPNS. "Nanti diproses, biar Kakanwil yang proses. Kalo terbukti akan ditindak, tapi dia (CPNS) sendiri tidak ngasih duit sebab dia sendiri sudah tau lolos. Proses seperti itu juga terjadi di beberapa daerah, nanti ini saya akan pecat pegawai di Kanwil di Lampung," terang Denny. Lebih lanjut Denny menjamin, 2.500 CPNS yang dinyatakan lulus di Kemenhukum dan HAM sudah melalui proses seleksi yang bebas KKN.(regional.kompas.com)
0 comments

Penerimaan CPNS 2013 Pemprov Jalin Kerjasama Untuk Antisipasi Kecurangan

Lowongan CPNS 2013- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel berencana menjalin kerja sama antara dua lembaga hukum selama dalam proses penerimaan CPNS 2013 yang dihelat Juli mendatang. Hal itu diungkapkan Pelaksana tugas Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel Tau Toto Tanaranggina, Jumat (12/4/2013). 

Menurutnya, kerjasama tersebut dilakukan sebagai transfaransi serta mencegah terjadinya bentuk kecurangan yang dapat menciderai proses seleksi CPNS. Namun kendati demikian, sebelum kerjasama itu direalisasikan, pihak Pemprov terlebih dulu harus menerima apa hasil keputusan dari Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara (Kemenpan) prihal jumlah kuota CPNS yang bakal diterima. "Kita juga tidak bisa serta merta membangun kerjasama dengan instansi lain sebelum ada jawaban dari pusat," ujarnya. 

Dia menjelaskan, apa yang menjadi permintaan pihak Menpan dan BKN, terkait seberapa besar usulan jumlah kouta CPNS yang akan diterima tahun ini di lingkup Pemprov Sulsel. Hal itu, lanjut Toto semuanya sudah terpenuhi bahkan seluruh berkas yang diminta sudah dilengkapi sebelum kemudian dikirim ke pusat. "Yang perlu dibahas saat ini adalah berapa jumlah kuota Sulsel yang akan disetujui. Bukan membahas soal seperti apa tindaklanjut dalam mengantisipasi kecurangan atau penyimpangan pada CPNS tahun ini," katanya. 

 Menurutnya, jika dalam proses penyeleksian penerimaan CPNS terdapat kecurangan, secara otomatis pihak Pemprov pasti akan melaporkan kasus tersebut kepihak yang berwajib dalam hal ini kepolisian. Sebaliknya pun begitu, jika pihak kejaksaan menemukan adanya indikasi penyimpangan ataupun suap, hal itu menjadi kewenangannya. "Sehingga kami memastikan proses penerimaan CPNS tahun ini akan berlangsung ketat. Tak konpensasi, mau dia anak pejabat, semuanya tetap mematuhi aturan yang berlaku," terangnya. 

Adapun mengenai dimana masyarakat ataupun pendaftar CPNS bisa memperoleh informasi mengenai formasi, atau jurusan apa saja yang diterima. Kepala Kesbangpol Sulsel itu mengaku, akan mengumumkan pendaftaran CPNS melalui wibesaite BKD Sulsel. "Bukan hanya itu, pengumuman pendaftaran juga akan kita tempel di papan pengumunan di setiap SKPD," katanya.(tribunnews.com)
0 comments

Pendaftaran CPNS 2013

Lowongan CPNS 2013- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen-PAN RB) ternyata telah memulai tahapan pendataan dan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2013 sejak Juni 2012, atau lima bulan sebelum batas akhir pencabutan moratorium. 

Dari dokumen yang diperoleh Tribun Timur (Tribunnews.com Network) dari Kemen-PAN-RB, Kamis (11/4/2013) kemarin, terungkap, mulai April hingga Mei 2013 ini, instansi otoritas kepegawaian daerah (BKD), ternyata sudah dijadwalkan membentuk panitia penerimaan CPNS, sebelum dibuka masa pendaftaran Juni 2013 mendatang. 

Tahap awal dimulai penyampaian usulan formasi oleh masing-masing BKD sejak Juni 2012 lalu. Soal dan lembar jawaban akan mulai disusun Mei 2013 dan pencetakannya akan berlangsung Agustus 2013, dan saat bersamaan proses pendaftaran pan seleksi berkas berlangsung Juni hingga Juli. Peserta yang lulus menjadi CPNS akan diumumkan melalui website pada November atau Desember. SK CPNS akan diserahkan pada Januari 2014.(tribunnewus.com)
0 comments

39 PNS Cirebon Absen Tanpa Keterangan

Lowongan CPNS 2013- Sebanyak 39 pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintahan Kota (Pemkot) Cirebon mangkir alias absen tanpa keterangan. "Dari DPUPESDM (Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Energi dan Sumber Daya Mineral) 14 orang dan Sekretariat Daerah 25 orang," ujar Kepala Bidang Pengembangan Karir dan Pembinaan Pegawai pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Cirebon, Setia Herawati, ketika dihubungi via pesan singkat, Senin (11/3/2013) sore. 

Tak hanya dua SKPD itu yang memiliki laporan PNS yang absen masuk kantor. Sebelas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lain pun beberapa PNS tidak masuk kerja tetapi disertai keterangan baik cuti, sakit, izin maupun dinas luar. Hanya tiga SKPD yang PNS-nya semuanya hadir. "Ketiganya adalah kantor PB Damkar, KLH (Kementerian Lingkungan Hidup) dan Puskesmas Sunyaragi,"katanya. 

Catatan BKD Kota Cirebon adalah hasil inspeksi mendadak (sidak) ke 16 SKPD. Ada empat tim sidak yang mendatangi 16 SKPD dengan pembagian tiap tim mendatangi empat SKPD. Setia mengatakan para PNS yang absen tanpa keterangan itu bakal diberikan pembinaan tentang disiplin PNS oleh atasan langsung dan sanksi disiplin. "Hasil pembinaan dan sanksi itu disampaikan ke walikota melalui BK Diklat (Badan Kepegawaian dan Pendidikan Pelatihan Kota Cirebon)," ujarnya.

Ia mengatakan PNS di lingkungan Pemkot Cirebon perlu meningkatkan disiplin agar bisa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Selain itu, BKD Kota Cirebon, meningkatkan pengawasan dan kinerja aparatur.(tribunnws.com)
2 comments

Penerimaan CPNS 2013 Luwu Timur Belum Pasti

Lowongan CPNS 2013- Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, belum memastikan apakah di tahun 2013 tetap akan menerima CPNS atau seperti kabupaten lainnya. Sekertaris daerah Luwu Timur Bahri Suli yang juga menjabat sebagai kepala BKD Lutim, mengatakan hingga saat ini pemerintah Kabupaten Luwu Timur belum mengetahui apakah ia berhak menerima CPNS untuk tahun 2013 karena beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. 

 Namun jika ingin mengacu pada moratorium maka Lutim berhak menerima CPNS tahun 2013 karena belanja pegawainya di bawah 50 %, namun tentunya masih ada beberapa persyaratan lainnya yang harus dipenuhi. “bisa jadi untuk tahun 2013 ada penerimaan CPNS di Lutim, bisa juga tidak, apalagi hingga saat ini belum ada kejelasan dan saat rapat tiga hari yang lalu (selasa) tidak terlalu disinggung terkait formasi CPNS tahun 2013” ungkap Bahri Suli(tribunews.com)
0 comments

CPNS Parepare 2013 Diajukan Sebanyak 785 Kuota

Lowongan CPNS 2013- Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Parepare, Ramadhan Umangsaji, mengaku saat ini sedang menunggu formasi CPNS dari pusat. "Kita masih menunggu formatnya dari pusat," jelas Ramadhan Umangsaji, saat dikonfirmasi Tribun Timur (Tribunnews.com Network) di kantornya, Kamis (11/4/2013). 

 Ia juga mengaku, pihaknya sudah mengusulkan sekitar 785 kuota CPNS untuk 2013, sejak Januari lalu. Ke-785 kuota tersebut, terdiri dari tenaga medis, guru, dan tekniks administrasi. "Tapi hingga saat ini kami belum terima berapa yang disetujui. Pengajuan sudah kita kirim sejak Januari lalu. Dan semoga diterima apa yang kami ajukan," kata Ramadhan Umangsaji(tribunnews.com)
0 comments

Nama Nama Honorer K2 2013 Diumimkan, BKD Terima Pengaduan

Lowongan CPNS 2013- Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kerinci menerima empat pengaduan terkait dengan diumumkannya nama–nama honorer katagori dua yang bekerja dilingkup Pemkab Kerinci. Evron Edison, Kepala BKD Kerinci mengatakan, laporan yang masuk tersebut langsung dikembalikan kepada SKPD dan juga UPTD dimana tenaga honor tersebut bekerja. “Yang mengeluarkan SK honorer itukan kepala sekolah untuk guru, dan SKPD bagi yang honor di SKPD, BKD hanya merekap, sejauh memang itu bisa dipertanggungjawabkan silahkan dilaporkan,” ujarnya. 

Pengaduan yang masuk ke BKD kata Evron ada dua macam, ada yang melaporkan secara pribadi ada juga laporan dari LSM. Dan semua sudah ditindak lanjut, yakni disampaikan kepada SKPD terkait karena mereka yang mengeluarkan SK, kalau keselahan di BKD sangat kekcil sekali karena BKD hanya merekap. Terkait adanya tenaga honorer yang berpindah-pindah tempat bekerja, Evron mengatakan bahwa pindah tidak ada masalah jangan sampai berhenti saja. “Karena bunyi dalam aturan tidak boleh terputus-putus, misalnya tahun ini honorer tahun depan berhenti, ini yang tidak boleh,” cetusnya. 

Dia menyebutkan kalau kepala sekolah atau dinas terkait mengatakan tenaga honorer yang masuk database tidak ada honor lagi, maka tentu saja akan dicoret. Sementara kalau kepala sekolah atau dinas terkait mengatakan benar ada honorer dan dibuatkan surat pernyataan diatas materai enam ribu, maka yang bertanggung jawab adalah yang megeluarkan SK. “Hasil uji publik ini akan disampaikan ke Menpan dan BKN, kalau memang ada yang tidak sesuai tetap dilaporkan, yang mencoret nantinya di BKN sebagai mana hasil uji publik ini.

Setelah ini akan diumumkan kembali nama-namanya, dan ini bisa saja berkurang atau bertambah,” jelasnya. Mengenai berapa formasi yang akan diterima dari honorer kategori dua untuk Kerinci, Evron menjelaskan secara nasional kebutuhan pegawai tahun 2013 ini 150 ribu dan akan diambil dari Kategori dua dan tes umum. Ia juga mengingatkan kepada tenaga honorer kategori dua untuk tidak percaya dengan calo yang mengaku bisa meluluskan menjadi CPNS, karena tes CPNS ini proyek nasional dan tidak bisa dibantu. “Ini proyek nasional, jadi yang menentukan dipusat,” pungkasnya.(www.jambiekspres.co.id)
0 comments

Kendali Tes Honorer K2 Dipegang Oleh Pusat

Lowongan CPNS 2013- Penyelenggaraan tes CPNS dari jalur honorer kategori dua (K2) akan dilakukan serentak di akhir Juni atau awal Juli mendatang. Pemerintah daerah hanya diberikan kewenangan untuk mengumumkan hasil tes saja. "Sesuai PP 56 Tahun 2012 tentang Pengangkatan Honorer Tertinggal, penyelenggaran tes honorer K2 diserahkan kepada panitia seleksi nasional (Panselnas).

 Daerah hanya dilibatkan untuk pengumuman saja," terang Diah Paras, kabid Rekrutmen bidang Aparatur di Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Senin (8/4). Dijelaskannya, untuk penerimaan CPNS 2013, pemerintah lebih memprioritaskan kepada honorer K2. Terutama honorer yang memenuhi persyaratan bekerja minimal setahun di 2005. Selain itu bekerja di instansi pemerintah dengan sumber gaji non APBN/APBD. "Untuk rekrutmen tahun ini kami lebih memprioritaskan tenaga honorer K2. 

Pelamar umum tetap ada, namun hanya untuk formasi tertentu saja," ujarnya. Dengan adanya kendali pusat dalam seleksi honorer K2, lanjut Diah, diharapkan tingkat kecurangan dapat diminimalisir. Sebab mulai dari penyusunan soal hingga pengolahan lembar jawaban komputer (LJK) dipegang Panselnas yang terdiri dari KemenPAN-RB, Badan Kepegawaian Nasional (BKN), dan konsorsium 10 perguruan tinggi negeri (PTN). "LJK yang sudah diolah, hasilnya diserahkan ke masing-masing instansi baik pusat maupun daerah. 

Namun, hasilnya tidak hanya dipegang instansi saja tapi juga ditembuskan kepada KemenPAN-RB dan BKN. Tujuannya agar bila ada pejabat pembina kepegawaian yang akan mengubah hasilnya, akan ketahuan boroknya," bebernya.(jpnn.com)
0 comments

Pemerintah Umumkan CPNS Bulan Juni 2013

Lowongan CPNS 2013- Ini kabar yang ditunggu-tunggu bagi masyarakat yang bercita-cita menjadi PNS. Setelah moratorium dicabut, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi baru memutuskan jumlah lowongan PNS 2013 pada Juni tahun ini. Wakil Menteri PAN dan RB Eko Prasojo mengatakan masih belum menerima analisis beban kerja pegawai dari seluruh kementerian dan lembaga. 

 Analisis beban kerja tersebut dibutuhkan untuk memutuskan alokasi dana untuk penerimaan dan gaji PNS baru dalam APBN 2013. “Proses anggaran kita tunggu sampai Juni paling lambat. Itu pun masih dicek lagi, benar atau tidak analisis beban kerjanya,” katanya di kantor Sekretariat Negara, Selasa (22/1/2013). Alokasi anggaran CPNS 2013, jelasnya, diawasi oleh komite pengawas yang langsung dipimpin oleh Wakil Presiden Boediono.

 Eko menolak memastikan jumlah PNS baru yang akan diterima tahun depan, termasuk mengenai pemenuhan kuota 60.000 PNS yang ditetapkan Kementerian PAN dan RB. “Memang kita menganggarkan segitu, tetapi tergantung kebutuhan. Karena yang terpenting bagi kita bukan targetnya tapi kebutuhannya benar atau tidak,” katanya.(solopos.com)
0 comments

Rekrutmen CPNS Solo 2013

Lowongan CPNS 2013- Pemkot Solo masih menunggu rekomendasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan) soal rencana rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini. Padahal pascadicabutnya moratorium PNS, daerah bisa melakukan rekrutmen meski pos belanja pegawainya melebihi 50% dari APBD. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Solo, Etty Retnowati, saat ditemui wartawan di Balaikota, Senin (8/4/2013), mengatakan pihaknya belum memutuskan akan merekrut CPNS tahun ini. Pemkot, imbuhnya, masih menunggu peraturan pemerintah (PP) ihwal juklak dan juknis rekrutmen PNS. “Masih tunggu aturan dari pusat.

 Namun kami sudah mengirim kebutuhan formasi kepada Kemenpan,” ujarnya. Sebelumnya, Kabupaten Wonogiri memastikan merekrut CPNS tahun 2013 menyusul dibolehkannya rekrutmen meski pos belanja pegawai melebihi 50% APBD. Etty mengaku belum berpikir mengikuti jejak Wonogiri dalam menambah PNS. Selain menunggu instruksi pusat, pihaknya masih meraba aturan pusat ihwal belanja pegawai. Etty menjelaskan belanja pegawai di Pemkot mencapai 59,53% jika menggunakan delapan komponen belanja APBD seperti hibah dan tunjangan profesi pendidik.

Namun, pos belanja pegawai bisa susut menjadi 36,8% jika hanya mengacu gaji pegawai dan tunjangan struktural fungsional. “Yang jadi pertanyaan, pusat menggunakan belanja pegawai yang mana? Kalau menghitungnya dengan delapan komponen, sampai kapan pun Solo tidak akan bisa melakukan rekrutmen,” jelasnya. Etty menguraikan, tingkat kebutuhan formasi yang dikirim ke pusat sebanyak 1.545 pegawai. Jumlah tersebut, imbuhnya, berdasar analisis beban kerja (ABK) yang disusun BKD tahun ini.

 Jumlah itu meliputi 875 pegawai jabatan fungsional khusus dan 670 jabatan fungsional umum. “Sebenarnya kebutuhan PNS bisa ditutup separuh dengan rencana pengangkatan 840 tenaga honorer kategori II tahun ini,” katanya. Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Budi Suharto, mengatakan honorer kategori II tidak bisa serta merta menjadi CPNS. Pasalnya, masih banyak tahapan yang harus dilalui, termasuk seleksi dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN).(solopos.com)
0 comments

Lowongan CPNS 2013 Akan dibuka pemerintah Sebayak 70.000 orang

Info Lowongan CPNS 2013- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN) Azwar Abubakar menyatakan siap merekrut hingga 70.000 Pegawai Negeri Sipil (PNS) baru di 2013. Pasalnya, sebanyak 50% dari total PNS telah memasuki masa pensiun di 2013. Azwar mengatakan, penyelenggaraan seleksi di 2012 saat ini memang tidak merekrut PNS dalam jumlah yang banyak.

 "Karena tahun ini hanya sekitar 10 persen dari jumlah PNS yang pensiun. Namun untuk tahun depan, direncanakan sekitar 50 persen yang pensiun, yakni sekitar 60 sampai 70 ribu," papar Azwar dalam penjelasannya di situs Sekretariat Kabinet, Senin (10/9/2012). Ia menegaskan, penerimaan CPNS ini tidak berdasarkan permintaan, tetapi berdasarkan kebutuhan yang riil. "Misalnya, untuk guru, bisa saja harus diangkat seratus persen dari yang pensiun. Sedangkan untuk tenaga administrasi, secara bertahap," paparnya. "Test kompetensi dasar (TKD) yang diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia kemarin Sabtu (8/9/2012) merupakan bagian dari rekrutmen CPNS tahun 2012. 

Meskipun formasi untuk pelamar umum hanya sekitar 11 ribu, namun ternyata peminatnya membludak," terangnya. Di Kementerian Keuangan, misalnya formasi untuk pelamar umum hanya 400 untuk berbagai jabatan. Namun sekitar 30 ribu pelamar mengajukan lamaran secara online. Namun pelamar yang lulus ujian administrasi hanya 17 ribu. Sebanyak 4.000 pelamar mengikuti test tertulis di empat lokasi di Jakarta, dan sekitar 13 ribu testing di 7 kota. Dari 4.000 orang itu nanti akan diambil sekitar 2.100 orang, untuk mengikuti test lanjutan. 

 Untuk Kementerian Hukum dan HAM yang membuka lowongan untuk 400 CPNS, pelamarnya hampir mencapai 200 ribu, meskipun yang lolos seleksi administratif dan bisa mengikuti test kompetensi dasar hanya 45 ribu orang. Pelaksanaan test dilakukan di seluruh provinsi. Untuk Jakarta, yang diselenggarakan di Stadion Lebak Bulus tercatat sebanyak 1.700 orang, dan ada 700 orang yang dilakukan oleh Kanwil DKI Jakarta. 

Selebihnya, testing dilakukan di masing-masing provinsi. Sementara Kementerian Luar Negeri menggelar testing di Hall A PRJ Kemayoran Jakarta. Kementerian ini hanya melakuan testing di Jakarta, sementara pesertanya berasal dari berbagai daerah di Indonesia.(detik.com)
0 comments

Anggaran PNS 2013 Dipertanyakan BPK

Lowongan CPNS 2013- Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mempertanyakan penetapan formasi dan pengadaan anggaran untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) oleh pemerintah. Sebab ada kenaikan belanja pegawai 100% dari tahun 2007 ke 2011 untuk membiayai 500 ribu PNS baru. 

Kepala BPK Hadi Poernomo mengatakan, tahun 2007 jumlah PNS sebanyak 4 juta orang dengan belanja pegawai Rp 90,42 triliun. Ketika tahun 2011 jumlah PNS menjadi 4,5 juta orang, namun biaya belanjanya naik menjadi Rp 180,62 triliun. "Atas peningkatan jumlah PNS tersebut, patut dipertanyakan bagaimana penetapan formasi PNS dan pengadaannya," ungkap Hadi saat penyerahaan ikhtisiar hasil pemeriksaan semester II pada Rapat Paripurna DPR yang dilakukan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (2/4/2013) Ia menilai, ada beberapa indikasi kelemahan program pemerintah. 

Pertama adalah pengajuan usulan tambahan formasi PNS oleh instansi pusat dan daerah belum sepenuhnya didasarkan pada analisa beban kerja, dan tidak didukung dengan data dan informasi kepegawaian yang akurat. "Selain itu pertimbangan BKN (Badan Kepegawaian Negara) yang disampaikan kepada Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi hanya berupa pertimbangan parsial terhadap tambahan formasi PNS pada instansi pusat dan daerah, bukan nasional," sebutnya.

 Kelemahan tersebut, lanjutnya mempengaruhi efektifitas pengadaan PNS antara lain terdapat pelamar CPNS yang tidak memenuhi syarat batas usia maksimal tetapi dapat mengikuti ujian dan dinyatakan lulus, serta diberikan NIP oleh BKN. "Sebagian pelaksanaan penyaringan CPNS belum dilaksanakan sesuai prosedur yang telah ditetapkan. Hasil Pemeriksaan BPK tersebut menunjukkan bahwa sistem penetapan formasi dan pengadaan PN belum efektif," pungkasnya.(detik.com)
0 comments

CPNS Pangkal pinang Minta Pindah

Lowongan CPNS 2013-  Perpindahan pegawai di lingkungan Pemkot Pangkalpinang ke pemerintah daerah lain, menjadi persoalan tersendiri bagi mereka. Selama 2012 saja, tercatat sebanyak 64 pegawai Pemkot Pangkapinang yang pindah kerja ke pemda lain di wilayah Bangka Belitung dan pemda di luar daerah. Hal ini disampaikan Kepala BKD Kota Pangkalpinang, Suhada kepada wartawan kemarin.

 Adapun penyebab eksodus tersebut diantaranya daya tarik tunjangan yang lebih tinggi di pemda lain. "Seperti di Pemprov tunjangan untuk eselon IV A saja sebesar Rp2.900.000, sedangkan saya eselon II b, tunjangannya Rp3.900.000, hanya selisih sejuta dengan eselon rendah," ujarnya. Sebab lainnya, kata dia, karena kurangnya loyalitas terhadap pimpinan. 

Ada juga PNS yang berasal dari luar daerah yang terkesan hanya numpang tes CPNS di Pangkalpinang saja. Dicontohkan Suhada, cukup banyak PNS asal luar daerah yang lulus perekrutan CPNS 2010, mengajukan pindah ke kampung halamannya. Terkait hal ini, Suhada mengatakan, jika alasan kepindahan karena ikut suami, sulit untuk ditolak. 

Namun ia juga tetap jeli melihat alasan permintaan pindah kerja tersebut, jika tidak sesuai dengan peraturan dan tidak masuk akal, pihaknya akan menolak pengajuan pindah tersebut. "Ada PNS yang masuk 2010, menghadap saya ingin pindah, tapi alasannya karena ingin dekat orang tuanya yang sudah sepuh, saya tidak menerima begitu saja, saya bilang tidak, kamu lulus tes 2010, apakah sejak tiga tahun lalu orang tua kamu belum sepuh," kata dia.(jpnn.com)
0 comments

CPNS Padang 2013 Yang Diangkat Dari Honorer Diuji Publik

Lowongan CPNS 2013- Ba­dan Kepegawaian Daerah (BK­D) Padang mengklaim pe­nga­ngkatan 14 honorer kategori 1 (K-1) menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Pemko tidak ada praktik jual beli. Pasalnya, sebelum SK ini dise­rahkan 17 Maret lalu, CPNS itu telah dilakukan uji publik bahkan nama-nama mereka ini diumumkan di sejumlah media massa. “Untuk di Padang tidak ada hal semacam itu.

 PNS-nya saling kenal dan mudah untuk dilaporkan kalau ada per­mai­nan data atau lainnya,” kata Kepala BKD Padang, Asnel, ke­marin (5/4). Asnel mengatakan uji pub­lik K-1 dilakukan lebih dari dua minggu. “Kalau ada laporan terkait kinerja pegawai honorer yang tidak sesuai ke­tentuan, bisa saja tidak dia­ju­kan ke Kementerian Pen­da­ya­gunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB),” ujarnya. Usai honorer K-1, sebut Asnel, BKD Padang tengah melakukan uji publik pada 1.008 honorer K-2. 

Diren­ca­nakan pengangkatan K-2 jadi CPNS masuk dalam anggaran 2013 ini. Bahkan direncanakan ujian K-2 ini dilakukan di Me­dan antara Juli hingga Oktober. “Karena peserta uji­an­nya banyak, kami tengah mengupayakan memindahkan ujiannya ke Padang,” tuturnya. Sama halnya dengan K-1, honorer K-2 juga dilakukan uji publik agar PNS dan mas­ya­rakat bisa saling kontrol. “Kita ju­ga umumkan di media mas­sa, jadi semua orang me­nge­tahui siapa saja yang terdata.

Kalau ada masyarakat yang me­ngetahui atau melihat ke­cu­rangan pada data tersebut, bisa langsung melapor ke BKD. Kita akan verifikasi kembali apakah data tersebut benar atau tidak,” ungkapnya. Berapa kuota yang akan diterima, sebut Asnel, belum bisa dipastikan. Hal ini terkait jumlah PNS di Padang hingga kini 13.617 orang. “Diban­di­ngkan dengan kebutuhan, jumlah itu masih banyak dan ada sejumlah SKPD berlebih,” ujarnya. Sekadar diketahui, honorer kategori I (K-1), yakni yang diangkat sebelum 1 Januari 2005 dan mendapat honor da­ri APBN/APBD. Sementara ho­norer kategori 2 (K-2), yakni mendapat honor tidak ber­sum­ber dari APBN dan APBD.(padangekspres.co.id)
0 comments

Gubernur Kalimantan Barat Ingatkan Jangan Tertipu CPNS 2013

Lowongan CPNS 2013- Gubernur Kalbar Drs Cornelis MH mengingatkan para “pemburu” posisi Pegawai Negeri Sipil (PNS) tak mudah tertipu. “Termasuk honorer supaya tidak tertipu, apalagi sampai menyerahkan uang hingga Rp20-30 juta agar bisa diterima menjadi PNS. Dan memang tidak pernah ada kebijakan seperti itu,” tegas Gubernur melalui Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Kalbar, Numsuan Madsun, kepada wartawan di kantornya, Rabu (3/4). 

 Imbauan Gubernur Kalbar yang tertuang dalam surat No.800/0949/BKD, mengingatkan adanya upaya penipuan dengan modus penerimaan dan pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Provinsi Kalbar. Jadi, kata Numsuam, Gubernur mengharapkan tidak ada lagi yang termakan isu yang sudah berbentuk penipuan. “Segeralah lapor ke Polisi, karena tidak satu pun pejabat atau pegawai yang diberi wewenang untuk menerima CPNS ini,” katanya. 

Menariknya, modus pelaku bisa memanipulasi data sejumlah nama CPNS tenaga honorer, pensiunan serta CPNS untuk jatah Desa yang sudah masuk di BKD Kalbar. “Jumlah CPNS tahun 2013 ini ada 45 nama dari berbagai SKPD di lingkungan Provinsi Kalimantan Barat. Kemudian muncul nama-nama yang boleh dikatakan tidak pernah terdaftar sama sekali di BKD, artinya mereka hanya di SKPD sebagai tenaga honorer. Nah mereka inilah yang menjadi korban,” katanya. 

 Numsuan membantah, dalam penerimaan CPNS tidak sepeser pun melakukan pemungutan biaya. Orang-orang yang terdaftar murni sudah memenuhi persyaratan menjadi CPNS. “Yang masuk ke sini memang murni berdasarkan persyaratan yang sudah mencukupi. Jadi mereka dimasukkan dalam daftar ini sesudah mereka mengabdi di pemerintah provinsi kemudian masuk dalam nominatif tenaga honorer. Jadi tidak ada bayar membayar di sini, mereka betul-betul murni dimasukkan ke dalam daftar nominatif ini,” jelas Numsuan. 

 Walau begitu serunya isu-isu menurut Numsuam, baru satu orang yang tertipu. Mestinya menurut perkiraannya jumlah korban bisa lebih banyak lagi. “Yang sudah datang ke kami baru satu. Mereka mengatakan daftar ini memang betul-betul berasal dari BKD. Itu sekitar tiga sampai empat orang yang pasti. Mungkin korbannya lebih banyak dari itu,” kata Numsuan. Korban diimingi bisa diterima menjadi PNS harus menyerahkan uang yang bervariasi. “Kabarnya persyaratan untuk menjadi PNS dipatok 20 hingga 30 juta,” tambahnya.(www.equator-news.com)
0 comments

2013, Tenaga Harian Lepas (THL) kategori dua (K2) di lingkungan Pemkab Bangkalan, Madura, belum jelas.

Lowongan CPNS 2013- Nasib ribuan Tenaga Harian Lepas (THL) kategori dua (K2) di lingkungan Pemkab Bangkalan, Madura, belum jelas. Pasalnya, dari 4.413 orang THL yang sudah diajukan ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN), belum ada prioritas untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dimana lulus tidaknya dalam tes mereka tetap bergantung pada kebijakan dari BKN. “THL K2 yang masuk dalam daftar nominasi BKN, tidak secara otomatis diangkat menjadi PNS. 

Mereka hanya diajukan oleh BKD dan mendapat tiket untuk mengikuti tes CPNS 2013, lulus tidaknya semuanya ditentukan oleh BKN,” terang Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bangkalan, Abd Rasjid, Jum’at (5/4/2013). Rasjid juga mengaku belum tahu pasti, terkait nasib THL ketika nanti mereka yang tidak lulus dalam tes CPNS 2013. Sebab, masih belum ada ketentuan yang mengaturnya. ”Kami berharap agar THL K2 yang masuk dalam daftar nominasi BKN ini mempersiapkan diri menjelang pelaksanaan tes CPNS agar mampu menyelesaikan soal tes CPNS dengan mudah dan benar,” tegasnya.

Dijelaskan Rasjid, dari total 4.413 THL K2 yang ada di Bangkalan, hanya 4.406 orang yang masuk nominasi di BKN. Sebab, 7 orang THL K2 dinyatakan gugur dan tidak masuk ke dalam daftar nominasi THL-K2 dari BKN. “Kami tidak tahu secara jelas terkait 7 nama THL itu tidak masuk dalam daftar tes. Sebab, yang menentukan semuanya adalah BKN,” ujarnya. 

Lebih lanjut Rasyid menjelaskan, daftar nama THL K2 yang masuk nominasi BKN, sudah ditempel di kantor satuan kerja perangkat daerah (SKPD) masing-masing. ”Sementara untuk THL K-1 kami masih menunggu penetapan dari Menpan dengan jumlah sebanyak 1.354 orang,” kata Rasyid.(city.seruu.com)
0 comments

Honorer K1 Tanjab Barat Diangkat Jadi CPNS 2013

Lowongan CPNS 2013-  Setelah menunggu sekian lama, akhirnya sembilan (9) Honorer Kategori satu resmi diangkat menjadi CPNS Tanjab Barat. Sembilan Honorer Kategori satu yang sudah resmi diangkat menjadi CPNS yakni Masnidarwati unit kerja SD, Mitayani unit kerja SD, Siti Kholiyah unit kerja SD, Abdul Rahim Saidek unit kerja SLTP umum, Patoni unit kerja SLTP umum, Warto unit kerja SLTP umum, Ade Sartika unit kerja Diknas, Khairul Rahman unit kerja Diknas, Darsono unit kerja SLTP umum.

Kepala BKD Tanjab Barat Zulkifli mengatakan, SK CPNS untuk honorer kategori satu yang jumlahnya 9 orang sudah ditanda tangani Bupati Tanjab Barat tertanggal 28 Maret 2013. “Sekarang Honores K I sudah menyandang status sebagai CPNS Tanjab Barat, tidak lagi sebagai tenaga honorer, pasalnya SK CPNS nya sudah ditandatangani oleh Bupati, “ ujarnya. Untuk penyesuaian gaji CPNS, katanya, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan menyerahkan SK untuk dilihat TMT nya para CPNS tersebut.

Mungkin penyesuaian gaji akan dimulai pada bulan depan, SK nya kita serahkan dulu ke bagian keuangan, sebutnya Untuk honorer KI yang gagal, BKD sudah menyampaikan permasalahannya ke Pokja, kemudian akan dijelaskan oleh Menpan alasan tidak lolosnya satu orang KI . “ aat ini kami tinggal menunggu tindaklanjut dari Menpan. Keputusannya ada di pusat, “ tandasnya.(www.jambiekspres.co.id)
0 comments

Perekrutan CPNS 2013 Menjadi Sorotan DPR

Lowongan CPNS 2013- Banyaknya kecurangan dalam mekanisme perekrutan CPNS menjadi sorotan anggota DPR. Anggota Komisi II Abdul Malik Haramain menerangkan perlu ada perombakan terkait sistem dan mekanisme perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Hal itu dilakukan untuk menghindari terjadinya kecurangan terkait penerimaan CPNS 2013. 

"Satu-satunya cara harus dirombak sistem dan mekanisme perekrutannya," ujar Malik kepada JPNN, Jumat (5/4). Politisi Partai Kebangkitan Bangsa tersebut menilai salah satu aspek terpenting dari sistem itu adalah transparansi pengumuman perekrutannya. Masyarakat sambung Malik harus diberikan informasi secara lengkap mengenai hasil perekrutan tersebut. "Hasil skoring harus disampaikan semua ke publik beserta skornya," terang dia. 

 Komisi II DPR yang juga membidangi aparatur negara tersebut pun tak tinggal diam terhadap persoalan kecurangan penerimaan CPNS. Menurut Malik saat ini komisinya sedang merevisi Undang-undang (UU) Kepegawaian. "Kita sedang merevisi UU Kepegawaian namanya RUU ASN (Aparatur Sipil Negara ) salah satu yang ingin direvisi tentang rekrutmen PNS," tandasnya.(jpnn.com)
0 comments

Honorer Pontianak Mulai Digentayangi Calon PNS

Lowongan CPNS 2013- Upaya penipuan oleh oknum dalam penerimaan calon pegawai negeri sipil bagi tenaga honorer di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mulai terjadi. Pelakunya diduga pihak yang benar-benar mengetahui seluk beluk proses pengangkatan CPNS. Diduga ada oknum pegawai negeri yang ikut menjalankan praktik penipuan tersebut. ”Otak penipuan orang yang mengerti seluk beluk penerimaan. 

Tetapi yang menjalankan diduga ada oknum pegawai. Hanya saja hingga saat ini kami tidak bisa membuktikannya,” ujar Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Kalimantan Barat, Numsuan Madsun di ruang kerjanya, Rabu (3/4). Numsuan menjelaskan saat ini Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menerbitkan Daftar Nominatif Tenaga Honorer Kategori 2. Daftar ini berasal dari nama-nama honorer yang diusulkan kepada Badan Kepegawaian Nasional. Mereka yang terdaftar terbukti valid dan bisa menjadi CPNS. ”Dulu ada daftar untuk pegawai yang akan diangkat menjadi CPNS. 

Daftar berjalan beberapa tahun. Ada yang bekerja dari 1991 tetapi belum terangkat karena datanya belum valid. Banyak juga yang dijadi bukan dari APBD maupun APBN,” ungkap Numsuan. Honorer-honorer tersebut masuk dalam daftar hadir, dan pimpinan yang menjabat ketika itu harus menandatanganinya. Saat ini ketika daftar sudah lengkap, diusulkan ke BKN. Kemudian keluarlah 45 nama pada tahun ini dari berbagai satuan perangkat kerja daerah Pemerintan Provinsi Kalbar. ”Tetapi ternyata ketika keluar, ada yang memanipulasi data. Sehingga beredar daftar dengan nama lebih dari 45 orang yang ditetapkan.

 Pelaku pun mendatangi honorer-honorer yang ada dalam daftar tersebut dan meminta uang. Kabarnya dipatok Rp20 juta sampai Rp30 juta. Ada honorer yang melaporkan ke kami,” ungkap Numsuan. Padahal Pemprov tidak pernah menentukan biaya dalam pengangkatan. Pengangkatan dilakukan karena persyaratan mereka sudah cukup. ”Tidak hanya honorer, tetapi juga penipuan kepada masyarakat. Seolah-olah ada surat dari Gubernur dan Sekda. Korban sudah membayar Rp30 juta. Yang melapor ke kami satu orang,” jelas Numsuan. Hanya saja oknum pelaku belum diketahuo pemprov.

 Numsuan menjelaskan selama ini Pemprov Kalbar mengikuti moratorium CPNS sesuai kebijakan Pemerintah Pusat. Hingga saat ini belum ada pembukaan penerimaan CPNS. Jikapun ada, pemprov akan mengumumkannya secara terbuka. ”Bagi pegawai honorer yang masuk dalam Daftar Nominatif Tenaga Honorer Kategori 2, mereka akan melalui uji publik dulu. Jika lulus uji publik, baru menjadi CPNS,” kata Numsuan. Numsuan menjelaskan Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis pun gerah atas upaya penipuan tersebut. Gubernur mengeluarkan imbauan resmi nomor 800/0949/BKD tentang Adanya Upaya Penipuan oleh Oknum dengan Modus Penerimaan dan Penangkatan CPNS di Provinsi Kalbar. 

Dalam surat disebutkan Pemprov melalui BKD menemukan dokumen dalam bentuk SK CPNS yang dipastikan palsu, seolah-oleh dikeluarkan Gubernur dan Sekda, M Zeet Hamdy Assovie. Modus penipuan dilakukan dengan menyatakan ada kebijakan penerimaan CPNS sebagai pengganti pensiun, pengangkatan CPNS masyarakat sebagai jatah desa, maupun dari tenaga honorer. Masyarakat yang ditipu akan diberi oknum SK pengangkatan palsu dan meminta uang hingga puluhan juta rupiah. 

Kasus ini merebak di Kabupaten Landak, Bengkayang, Melawi, Kota Pontianak dan sekitarnya. ”Sejak diberlakukannya peraturan bersama tentang moratorium CPNS pada 1 September, Pemprov tidak melaksanakan seleksi CPNS dari pelamar umum dan tidak pernah menerbitkan SK pengangkatan CPNS dari pelamar umum, maupun honorer yang tidak memenuhi syarat yang ditetapkan Menteri PAN dan RB,” kata Numsuan membacakan Imbauan Gubernur. 

 Lebih lanjut dibacakan Numsuan, mekanisme pengangkatan honorer menjadi CPNS dilakukan sesuai persyaratan yang disebutkan dalam Surat Edaran Menteri PAN dan RB Nomor 5 Tahun 2010, serta dinyatakan memenuhi kriteria berdasarkan hasil verifikasi dan validasi BKN dan BPKP. ”Jika ada SK dengan modus-modus yang telah disebutkan tersebut, itu pasti penipuan, Jika ada oknum masyarakat yang menjanjikan kemudahan, membantu, dan sebagai perantara untuk meloloskan menjadi CPNS, hati-hati. Segera hubungi BKD di kabupaten kota maupun provinsi,” imbau Numsuan.(jpnn.com)
0 comments

Honorer K2 Tes CPNS 2013

Lowongan CPNS 2013- Se­ba­nyak 802 tenaga honorer Kategori II (K2) yang bertugas di Pemko Payakumbuh dan Pemkab Limapuluh Kota, Pro­vinsi Sumbar, akan menjalani tes sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mulai Juni atau Juli mendatang. Dari 802 tenaga honorer yang datanya sudah masuk dalam database Badan Kepe­gawanan Negara (BKN) terse­but, sebanyak 220 orang ber­tugas di Payakumbuh. 

Sedang­kan 582 orang bertugas di Limapuluh Kota. Demikian informasi yang diperoleh Pa­dang Ekspres dari Kepala BKD Payakumbuh Ruslayetti dan Kepala BKD Limapuluh Kota Indra Naz­war, Selasa (2/4). Menurut Indra Nazwar dan Ruslayetti, sebanyak 582 honorer K2 yang bertugas di Lima­puluh Kota dan 220 honorer K2 yang bertugas di Paya­kumbuh, sudah sesuai dengan kriteria yang ditetapkan peme­rintah. ”Mereka, sudah meme­nuhi kriteria, sesuai PP 48/2005 tentang Pengang­katan Tenaga Honorer menjadi PNS dan PP 43/2007 tentang Pe­ru­­bahan Atas PP 48/2005,” kata Indra Nazwar dan Ruslayetti. 

Kriteria yang diatur dalam peraturan tersebut, antara lain, tenaga honorer K2 tersebut sudah melengkapi admi­nis­trasi berupa pengangkatan yang bersangkutan menjadi te­na­ga honorer oleh pejabat yang berwenang. Kemudian, bekerja pada instansi peme­rintah, dengan masa kerja paling sedikit satu tahun pada 31 Desember 2005 dan masih bekerja terus me­nerus sampai saat ini. Berusia paling tinggi 46 tahun pada 1 Januari 2006, terendah 19 tahun pada 1 Ja­nuari 2006. Dan terakhir, penghasilan tidak dibiayai oleh APBD/APBN. Ruslayetti memper­kira­kan, 220 tenaga honorer K2 di Paya­kumbuh, akan menjalani tes CPNS mulai Juni atau Juli mendatang. 

Sedangkan Indra Nazwar mengaku, masih me­nung­gu jadwal resmi dari BKN. ”Kita perkirakan, Juni atau Juli itu, baru proses pen­daf­taran. Sedangkan ujian, bisa September. Adapun materi ujian, di antaranya ujian kom­petensi dasar, untuk tenaga pelayanan dasar, guru tenaga kesehatan dan tenaga jabatan institusi,” sebut Indra Nazwar. Terkait Surat Menpan-RB Nomor B/751/M.PAN-RB/03/2013 tertanggal 18 Maret 2013 yang meminta peme­rintah da­erah melakukan uji publik terhadap tenaga honorer K2, BKD Payakumbuh dan BKD Limapuluh Kota, baru mampu mengumumkan lewat website resmi kedua daerah. 

 Sedangkan pengumuman lewat media komunikasi lain, seperti surat kabar atau portal berita, tidak dapat dilakukan karena keterbatasan biaya. ”Anggaran kita untuk uji pu­blik, dengan pengumuman di surat kabar atau portal tidak ada. Ini dilema kita, sehingga kita berdayakan website dulu," ujar Indra Nazwar. Sedangkan Ruslayetti me­ya­kini, uji publik selama 21 hari, ter­hitung sejak 27 Maret-16 Ap­ril 2013 cukup dilakukan pada pa­pan pengumuman BKD, se­kre­­­tariat pemko atau web­site Pem­ko Payakumbuh. 

Pengu­mu­man itu, akan dica­but setelah 21 hari kalender, sejak diumum­kan terhitung 1 April 2013. ”Tidak ter­tutup kemung­kinan, daftar na­ma-nama yang diumumkan, ba­kal dikom­plain publik. Se­pan­jang ada bukti, kita akan layani de­ngan baik sanggahan publik di­maksud,” ucap Ruslayetti.(padangekspres.co.id)
0 comments

Formasi CPNS Pemkab Tuban Tahun 2013 Diusulkan

Lowongan CPNS 2013- Pemkab Tuban baru mengirim usulan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ke Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN dan RB). Berdasarkan usualan berbagai satuan kerja perangkat daerah (SKPD) usulan yang dikirim adalah 5.247 lowongan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Tuban, Nur Hasan menjelaskan, ribuan lowongan tersebut terbagi dalam 3 bidang. Yakni guru SD sampai SMA sebanyak 3.627 lowongan, tenaga kesehatan sebanyak 360 personil dan tenaga lowongan tenaga teknis dan administrasi lainya sebanyak 1.260.

“Lowongan guru terbanyak karena banyak yang pensiun juga. Lowongan ini dari pendaftar umum. Sedangkan kalau yang tenaga masuk kategori K1 dan K2 saat ini sudah dalam pemberkasan. Kita hanya mengusulkan formasi saja, yang menentukan pusat,” jelasnya, Senin (01/04/2013).

Disoal pelaksanaan dan informasi kuota CPNS yang akan ditetapkan, Nur Hasan belum dapat memastikan. Pasalnya secara resmi pihaknya hanya mendapatkan surat edaran tengan pengusulan formasi CPNSD saja.
“Pelaksanaan ujianya ya tahun 2013 ini. Kalau waktunya kapan kita belum tahu. Soal jumlah resmi yang akan dibuka untuk umum, kita tetap menunggu keputusan dari pemerintah pusat,” tegasnya.(www.lensaindonesia.com)
0 comments

Honorer Pemkab Gowa Diangkat Jadi CPNS 2013

Lowongan CPNS 2013- Sebanyak 30 tenaga honores K1 lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menerima Surat Keputusan (SK) pengangkatan sebagai CPNS, Senin (1/4/2013). SK tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Gowa H.Ichsan YL didampingi Sekertaris Daerah, H.Yusuf Sommeng pada upacara bendera di Halaman Kantor Bupati Gowa.

 Honorer K1 yang menerima SK terdiri dari 25 Orang tenaga tekhnis dan lima orang tenaga Guru. Mereka terbagi dalam Golongan I sebanyak 14 orang, Golongan II sebanyak 13 orang dan Golongan III sebanyak tiga orang. CPNS ini bertugas di beberapa SKPD lingkup Pemkab Gowa dan Kecamatan yang ada dalam wilayah Kab Gowa. 

 Penyerahan SK ini menjadi hari yang sangat dinantikan oleh mereka yang masuk dalam kategori K1 sejak pengumuman kategori ini tahun lalu. “Kami sangat bahagia dan senang karena SK CPNS ini sudah lama kami nantikan,” kata Sanawati salah seorang penerima SK CPNS. 

Ichsan berpesan agar para honorer K1 yang baru saja menerima SK agar dalam melaksanakan tugasnya dapat bersikap dewasa dan profesional, jangan sekali-sekali mempersulit masyarakat yang membutuhkan pelayanan (tribunnews.com)
0 comments
 
Tentang Kami | Privacy Policy | Terms & Conditions | Hubungi Kami
Copyright © 2012. Lowongan CPNS 2014 - All Rights Reserved
Template by Creating Website Powered by Blogger
| Bloggers