print this page

Pemkot Surabaya Ajukan Tambahan Tenaga Teknis Sebanyak 130 Orang

Lowongan CPNS 2013- Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kekurangan tenaga teknis di berbagai bidang di luar tenaga guru dan staf. Jumlah kekurangan tenaga teknis itu mencapai sekitar 130 orang. Karena itu, dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2013, Pemkot akan mengajukan tambahan tenaga teknis sebanyak 130 orang. Secara rinci, jumlah CPNS di Pemkot Surabaya yang akan diterima tahun ini sebanyak 440 orang. Mereka terdiri dari 309 orang yang merupakan usulan tahun 2012 dan sebagian besar untuk tenaga guru serta tenaga kesehatan. 

Sementara sisanya, sebanyak 130 orang merupakan usulan tahun ini yang khusus untuk tenaga teknis. “Jadi, tahun ini Pemkot hanya menerima CPNS sebanyak 440-an itu,” ungkap Yayuk Eko Agustin, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Pemkot Surabaya, Senin (25/3) pagi tadi. Tapi, menurutnya, jumlah penerimaan CPNS sebanyak itu masih jauh dari ideal. Pasalnya, tiap tahun hampir 700 pegawai yang memasuki masa pensiun. “Rata-rata setiap tahun di Pemkot ada sekitar 700 pegawai yang pensiun, sementara penerimaan CPNS-nya belum sebnyak itu, sehingga kuotanya belum bisa memenuhi kebutuhan CPNS di Pemkot,” terangnya. 

 Menurutnya, beban kerja cukup berat. Mengingat kota besar seperti Surabaya ini butuh tenaga yang cukup banyak. Kalau, selama ini jumlah PNS di Pemkot ada sekitar 21.000 orang dan setiap tahunnya ada sekitar 700 orang pensiun, maka jumlah PNS akan terus berkurang karena penambahannya tidak sebanyak itu. Sedangkan untuk mengatasi kekurangan pegawai tersebut, lanjutnya, Pemkot Surabaya berupaya memaksimalkan penggunaan sistem tekhnologi informasi. “Mana yang bisa kita maksimalkan, kami akan melakukannya. Seperti penggunaan IT (Informasi Teknologi), penggabungan Kelurahan dan UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas) kita kurangi hingga menjadi 5 unit,” paparnya. 

 Yayuk mengatakan, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya pengajuan CPNS selalu tidak sesuai usulan. Namun, ternyata yang direkomendasi oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara (KemenPAN) relatif kecil. “Kalau kurangnya ya ribuan, tapi jika diusulkan ribuan yang disetujui hanya ratusan,” tegasnya. Tahun ini, di samping merekrut CPNS dari jalur umum. Pemkot Surabaya juga akan melakukan tes jalur khusus, yakni untuk tenaga honorer yang ditetapkan oleh Menpan (K-2). Sedangkan honorer yang masuk di bawah tahun 2005 (K-1) langsung diangkat sebagai CPNS. Yayuk Eko Agustin belum bisa memastikan kapan pelaksanaan tes CPNS diselenggarakan. 

Ketentuan pelaksanaan menurutnya bergantung pada Pemerintah Pusat. Namun ia menambahkan, tahun ini direncanakan tes CPNS berlangsung serentak seluruh daerah. “Rekruitmen tahun ini seluruh Indonesia bersamaan,” katanya. Sedangkan, Ketua Komisi D DPRD Surabaya Baktiono mengatakan, Pemkot harus pintar dan cerdas dalam memanajemen pemerintahannya. 

Memang secara kasat mata jumlah PNS tampak kurang. Tapi, kenyataannya masih banyak PNS Pemkot yang tidak memiliki kerja maksimal. “Banyak PNS di dinas-dinas yang tidak memiliki pekerjaan maksimal, lha mbok yang itu dimaksimalkan,” ungkap Baktiono. Selain itui, lanjutnya, pada 2012 lalu PNS Pemkot banyak dibantu tenaga outsourcing di berbagai bidang, tapi di awal tahun ini jumlah tenaga outsourcingnya malah dikurangi cukup banyak(surabayapost.co.id)
2 comments

Tenaga Honorer K2 Pemkab Sukoharjo 2013 Diuji Publik

Lowongan CPNS 2013- Data nama-nama tenaga honorer kategori 2 (K2) Pemkab Sukoharjo tercatat 1.099 orang. Data itu hasil verifikasi dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) yang diterimanya. Data itu diuji publik sejak 27 Maret 2013 hingga 21 hari kemudian atau 16 April mendatang. Salah satu maksud uji publik itu di antaranya meminta masukan, sanggahan atau pengaduan dari masyarakat sehingga data tersebut lebih valid lagi. 

 Nama-nama itu tak akan bertambah namun bisa berkurang. Jika ada tenaga honorer yang mengundurkan diri data namanya akan dicoret dan tak diganti dengan data nama orang lain. Penegasan itu disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sukoharjo, Joko Triyono saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (28/3/2013). “Data dari BKN, daftar honorer K2 sebanyak 1.099 orang. Mulai kemarin [Kamis] sudah dilakukan uji publik dan diumumkan. 

Nama-nama honorer ditempel di papan pengumuman di masing-masing kecamatan, dinas maupun kabupaten.” Menurut Joko, daftar nominatif honorer K2 sesuai PP No 48/2005 jo PP No 56/2012, yakni honorer yang bekerja di instansi pemerintah dan diangkat oleh pejabat pembina kepegawaian atau pejabat lain dalam pemerintahan. Honorer itu memiliki masa kerja sedikitnya satu tahun terhitung pada 31 Desember 2005 dan masih bekerja secara terus menerus sampai sekarang serta usia paling tinggi 46 tahun dan paling rendah 19 tahun terhitung pada 1 Januari 2006. 

Lebih lanjut ditegaskannya, semua honorer itu wajib mengikuti tes yang akan dilakukan sekitar akhir Juni atau Juli mendatang. “Tidak semua honorer itu nanti langsung diterima menjadi CPNS karena hasil tes lulus atau tidak. Bagi yang lulus tes juga belum tentu diterima semua karena disesuaikan dengan kebutuhan. Misalkan hasil tes BKN menghasilkan 300 orang yang lulus tetapi Pemkab Sukoharjo hanya membutuhkan 50 orang, maka hanya 50 orang yang dimintakan NIP [nomer induk kepegawaian].” Walaupun, ujarnya, kebutuhan pegawai d Sukoharjo hasil analisa jabatan (anjab) masih kekurangan 3.000 orang. “Sedangkan pegawai yang pensiun per tahun sejumlah 300 orang.

” Pantauan Solopos.com di Kantor Pemkab Sukoharjo kemarin, sejumlah honorer melihat daftar nama-nama yang ditempel di papan pengumuman. Seorang tenaga honorer dari Kecamatan Polokarto, Hartini, mengaku lega setelah namanya tercantum di daftar tersebut. Dia mengaku sempat khawatir namanya tak masuk daftar walau telah masuk database.(solopos.com)
1 comments

Palembang Mengajukan Sejumlah 383 Formasi CPNS 2013

Lowongan CPNS 2013- Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mengajukan 383 formasi CPNS umum ke pemerintah pusat. Menurut Kepala Dinas Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Palembang Agus Kelana, untuk pengajuan ini belum ada jawaban dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. “Formasi yang diajukan untuk mengisi kekosongan di bidang teknis, kesehatan dan pendidikan (guru),” jelas Agus, kemarin. Hanya saja, peluang untuk membuka penerimaan CPNS dari pelamar umum sangat kecil. Pasalnya, pemkot terbentur karena belanja pegawai (belanja tidak langsung) dalam APBD masih di atas 50 persen, melebihi belanja langsung. “Aturannya, daerah dapat menerima CPNS jika belanja pegawai lebih rendah dibandingkan belanja langsung,” ucapnya. Belum lagi, jumlah honorer kategori II di lingkup Pemkot Palembang masih di atas 1.000 orang. 

 Dikatakan Agus, pihaknya tetap berupaya dengan mengajukan usulan penerimaan CPNS itu karena moratorium telah dicabut. “Selain itu, jumlah PNS selama tiga tahun ini akan berkurang sekitar 1.500 orang. Ada yang pensiun, meninggal dunia dan mutasi. Karena itu, kita berharap celah ini diperbolehkan membuka penerimaan CPNS dari pelamar umum pada tahun ini,” tukasnya. Untuk penerimaan CPNS dari tenaga honorer kategori II, lanjut Agus, bagi yang sudah dinyatakan lulus seleksi ada 1.665 orang. Mereka masih menunggu uji publik hingga 4 April mendatang. “Kalau tidak ada sanggahan, maka nama-nama yang lulus seleksi administrasi ini akan kami kirim ke Menpan,” imbuhnya. 

 Ujian tertulisnya akan dilakukan akhir Juni atau awal Juli mendatang. “Ada dua tahap tes yakni tes kemampuan dasar dan tes kemampuan bidang. Soalnya, dibuat oleh 10 konsorsium perguruan tinggi negeri seperti UGM, UI, IPB, ITB dan lainnya,”tukasnya. Diketahui, 1.665 tenaga honorer yang lulus seleksi tersebut terdiri dari guru SD dan madrasah ibtidaiyah 504 orang dan SMP/MTs 137 orang. Sedangkan SMA 29 orang, SMK 29 orang dan guru TK enam honorer. 

Dari unsur perawat 44 orang, bidan 11 orang, pranata laboratorium delapan orang dan penyuluh kesehatan masyarakat tiga orang, serta administrasi kesehatan sembilan orang. Selanjutnya, sanitarian enam orang, perawat gigi enam orang, nutrisionis dan radiografer masing-masing seorang serta arsiparis 11 honorer. Selain itu, pranata komputer 119 orang, pustakawan sembilan orang dan 707 honorer lainnya.(jpnn.com)
1 comments

Jumlah Formasi CPNS 2013 Yang Diusulkan kabupaten Nunukan

Lowongan CPNS 2013- Pemerintah Kabupaten Nunukan tahun ini mengusulkan 1.157 formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) kepada Badan Kepegawaian Naisonal (BKN). Usulan tersebut disampaikan melalui Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Kabupaten Nunukan, menyusul surat edaran BKN yang meminta data keadaan dan kebutuhan pegawai di daerah. "Se-Indonesia, semua dimintai data pegawainya," ujar Kepala BKDD Nunukan Syaparuddin, Selasa (5/3/2013). Ia mengatakan, ribuan formasi itu sudah termasuk jabatan teknis seperti tenaga kesehatan dan tenaga guru. Ada juga usulan formasi pendidikan SMA untuk mengisi kebutuhan sopir di satuan kerja perangkat daerah (SKPD). "Karena SKPD banyak yang meminta, kalau ada SMA untuk sopir," ujarnya. Pihaknya juga mengajukan formasi untuk lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK). "Karena kejuruan itu juga kita masukkan. 

Walaupun sedikit, yang penting ada formasi untuk itu. Ini kita gabung semuanya 1.157 formasi," ujarnya. Namun Syaparuddin menegaskan, soal persetujuan kuota tentunya ada di BKN. "Berapa kuota yang diberikan, itu baru kita rincikan kembali," ujarnya. Ia mengatakan, usulan itu sudah dikirimkan kepada pemerintah pusat. Sehingga diharapkan dengan pencabutan moratorium penerimaan CPNS, seleksi CPNS dapat dibuka kembali untuk mengisi lowongan di Nunukan. "Mudah-mudahan moratorium itu bisa dicabut segera. Kita harapkan demikian, karena di daerah masyarakat sudah menanyakan kapan ada tes CPNS? Karena tahun lalu tidak dapat jatah. 

Yang dapat cuma Balikpapan untuk kalimantan Timur. Mudah-mudahan di tahun 2013 ini kita bisa ada formasi untuk Kabupaten Nunukan," ujarnya. Soal waktu pelaksanaan seleksi CPNS, Syaparuddin juga belum bisa memastikan karena hal itu merupakan program pemerintah pusat. "Kalau kita sudah mengajukan formasi dan kita mengajukan keadaan pegawai untuk Nunukan. Tinggal nanti dari pusat melihat, apakah pembiayaan untuk belanja pegawai di bawah 50 persen? Kalau dibawah, kemungkinan masih diberikan peluang tersebut," ujarnya. 

Saat ini Kabupaten Nunukan telah memiliki 4.085 pegawai negeri sipil. Jumlah tersebut tidak termasuk yang sudah berhenti dan pensiun. Dengan adanya penambahan SKPD dan pemekaran kecamatan, tentu kebutuhan PNS di Nunukan juga semakin banyak. Sebelum melakukan analisa kebutuhan pegawai lima tahun kedepan, pihaknya terlebih dahulu harus melakukan analisis jabatan.(tribunnews.com)
1 comments

Beberapa Daerah Minta Tes CPNS 2013 Diurus Pusat

Lowongan CPNS 2013- Rencana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) untuk mengalihkan pelaksanaan tes CPNS di daerah, tidak begitu saja disetujui pemda. Ada sejumlah daerah seperti Kota Palopo yang menolak bila pelaksanaan tes seleksi CPNS tidak dilakukan di pusat (Jakarta). "Memang ada beberapa daerah yang menolak bila tes CPNS dilakukan di daerah. Mereka meminta tesnya di Jakarta saja. Contohnya Palopo, wakil walikotanya langsung datang ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) menolak kalau tes CPNSnya di daerah," kata Kabag Humas BKN Tumpak Hutabarat yang dihubungi, Senin (25/3). Keinginan daerah-daerah agar tes CPNS dilakukan terpusat bukan tanpa alasan kuat.

 Menurut Tumpak, mereka beralasan banyak kasus kecurangan yang terjadi di daerah dalam proses tes CPNS. Mulai dari meluluskan orang titipan, saudara, bahkan karena suap. "Pejabat daerah ini menilai, lebih adil apabila ujian dilaksanakan di pusat untuk meminimalisir kecurangan," ucapnya. Sebelumnya MenPAN-RB Azwar Abubakar dalam berbagai kesempatan mengungkapkan, untuk pelaksanaan tes CPNS tahun ini akan dilaksanakan oleh daerah dengan penanggung jawab gubernur. 

 Cara ini dilakukan karena keterbatasan anggaran KemenPAN-RB. Di samping menjaga otonomisasi daerah. Meski pelaksanaannya di daerah, namun untuk materi ujian tetap disusun oleh konsorsium Perguruan Tinggi Negeri. Demikian juga hasil tes nanti, harus ditembuskan kepada MenPAN-RB dan kepala BKN. Hal tersebut untuk mengurangi terjadinya kecurangan misalnya menukar nama peserta yang lulus dengan yang tidak lulus.(jpnn.com)
1 comments

Informasi CPNS Riau 2013

Lowongan CPNS CPNS 2013- Pemerintah Provinsi Riau melalui Badan Kepegawaian Daerah masih menginventarisir data usulan formasi CPNS dari  kabupaten/kota. Ini dilakukan untuk mengetahui usulan formasi secara keseluruhan sebagai bahan pertimbangan laporan ke pusat. "Proses pendataanya belum rampung. Belum semua daerah laporkan usulan formasi CPNS," tutur Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau, Zaini Ismail kepada Riau Pos (Grup JPNN), Rabu (27/3) di Kantor Gubernur Riau.

 Saat ditanyakan mengenai jumlah usulan formasi dari daerah, dia mengaku tidak mengetahui secara detail. Hanya saja, dia memberikan gambaran laporan formasi perekrutan calon pegawai negeri sipil yang diterima dari empat daerah. "Empat kabupaten itu yakni, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Rohil dan Kabupaten Kepulauan Meranti. Laporan lainnya masih kita tunggu," paparnya. Disinggung mengenai ketentuan dalam melaporkan usulan formasi CPNS tersebut, dia menegaskan hal itu pada dasarnya tidak wajib.  Pasalnya, usulan disampaikan langsung dari BKD kabupaten/kota ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Kendati demikian, untuk menunjang sistem administrasi, daerah juga harus melaporkan pengajuan tersebut ke provinsi. Sehingga dapat menjadi dasar untuk menindaklanjuti informasi tersebut. 

Lebih jauh saat ditanyakan tentang pertimbangan lambannya pengajuan formasi dari daerah, Mantan Kepala Dinas Sosial itu mengatakan tidak mengetahui secara pasti. Menurutnya, lambannya pengjuan itu merupakan salah satu indikator belum tuntasnya anjab sebagai persyaratan untuk melakukan perekrutan CPNS tahun 2013. "Kalau usulan dari daerah jumlahnya saya lupa. Yang jelas Riau mengajukan formasi 724 untuk bidang kesehatan, pendidikan dan teknis. Semua formasi itu untuk lulusan perguruan tinggi, minimal lulusan DIII," sambung Zaini. Pria berkacamata itu menilai, jumlah yang diajukan belum final. Persetujuan formasi CPNS tergantung kebijakan pusat. Hanya saja, para pencari kerja dihimbau untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi peluang tersebut.(jpnn.com)
1 comments

Jadwal Ujian CPNS 2013 Bakal Terganggu

Lowongan CPNS 2013- Kabar mengejutkan datang dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB). Mereka menyebutkan jika anggaran penganggakatan CPNS baru yang masih diblokir Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tidak hanya untuk kelompok honorer kategori 2 (K2). Anggaran untuk tes pelamar umur juga diblokir. Pemblokiran anggaran untuk pelaksanaan tes CPNS tersebut memang meresahkan. Apalagi jadwal pelaksanaan tes CPNS semakin mepet. Kemen PAN-RB menjadwalkan jika tes CPNS untuk pelamar umum maupun tenaga honorer K2 digelar antara Juni dan Juli depan. "Memang benar posisinya sampai sekarang masih diblokir. 

Tidak hanya untuk yang K2 tetapi juga pelamar umum," tutur Kepala Biro Hukum dan Humas Kemen PAN-RB Muhammad Imanuddin. Dia mengatakan jika pemblokiran oleh Kemenkeu itu bukan menjadi persoalan yang rumit. Sebab secara kelembagaan, anggaran untuk pengangkatan CPNS 2013 senilai Rp 99 miliar sudah disetujui DPR. Imanuddin mengatakan Kemen PAN-RB terus menjalin komunikasi yang kuat dengan pihak Kemenkeu. Dengan upaya ini, diharapkan pemblokiran anggaran tes CPNS 2013 bisa segera dicabut. "Sampai sekarang kita masih optimis pelaksanaan tes CPNS on schedule," katanya. 

Dia bahkan menyebutkan jika Kemen PAN-RB sudah road show ke sejumlah daerah untuk sosialisasi pelaksanaan tes CPNS baru 2013. Diantara materi sosialisasi adalah tentang skema permohonan formasi CPNS baru. Kemen PAN-RB menuntut semua instansi daerah melampirkan hasil analisis beban kerja (ABK) dan analisis jabatan (Anjab) ketika meminta formasi CPNS baru. Tanpa dua hasil analisis itu, Kemen PAN-RB tidak bisa memastikan instansi tertentu benar-benar kekurangan pegawai baru atau hanya asal minta formasi. "Respon instansi daerah cukup bagus terhadap persyaratan tersebut," katanya. 

Penetapan dua persyaratan itu sudah dijalankan dalam penetapan formasi CPNS baru 2012 lalu. Hasilnya formasi yang diminta oleh instansi pusat maupun daerah turun drastic dari periode sebelumnya. Dengan skema ini upaya menekan jumlah PNS seefektif mungkin bisa berjalan baik.(jpnn.com)
1 comments

Jumlah Yang Dibutuhkan Pemkab Semarang Menjadi CPNS 2013

Lowongan CPNS 2013- Dari kajian analisa jabatan antara beban kerja, kebutuhan dan jumlah pegawai negeri sipil (PNS) yang dilakukan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Semarang tahun 2012 diketahui, Pemkab Semarang masih kekurangan 1.808 PNS. Kepala BKD Kabupaten Semarang, Budi Kristiono, mengatakan pada tahun ini jumlah PNS yang purna tugas mencapai 413 orang. Pihaknya menyebutkan, Pemkab Semarang masih kekurangan tenaga teknis tinggi seperti, dokter, dan guru fungsional. "Kami kekurangan tenaga fungsional, kebutuhan tersebut belum termasuk petugas kebersihan, kurir, dan penjaga kantor atau sekolah. Khusus untuk tenaga teknis rendah, pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) RI menganjurkan pengisiannya melalui outsourcing," katanya saat ditemui wartawan, Senin (9/7). Dijelaskan, pada hasil analisa jabatan tahun 2011 lalu Pemkab Semarang kekurangan 2.038 pegawai. Dengan diterapkannya Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) baru dan hasil analisa jabatan tahun 2012 terdapat efisiensi lebih kurang 230 pegawai, sehingga kekurangannya hanya 1.808 orang. Ditambahkan Kabid Pengelolaan Data dan Jabatan BKD Pemkab Semarang, Wenny Maya Kartika, tahun ini tidak ada pengadaan CPNS menyusul adanya moratorium dari pemerintah pusat. Menurutnya, lembaga di pusat maupun pemerintah daerah boleh merekrut CPNS jika belanja pegawainya dibawah 50 persen. "Kami sudah mengajukan dispensasi ke Kemen PAN-RB RI terkait pengadaan CPNS 2012, namun tidak disetujui," tandasnya. Berdasarkan data BKD Kabupaten Semarang, rincian PNS yang purna tugas tahun ini mencakup 36 pejabat struktural atau eselon, 377 pegawai noneselon yang meliputi, 250 pejabat fungsional dan 127 tenaga staf. Sedangkan jumlah guru di Kabupaten Semarang hingga tahun 2012 mencapai 10.717 orang.(suaramerdeka.com)
1 comments

Info CPNS Pemkab Temanggung 2013

Lowongan CPNS 2013 - Kendati moratorium telah berakhir pada Desember 2012, dan pihaK Pemkab Temanggung telah mengajukan sekitar 2.000 formasi lowongan CPNS kepada pemerintah pusat, namun hingga saat ini belum ada kepastian atas pengajuan tersebut. Kepala Bidang Kepegawaian, Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Kabupaten Temanggung, Sri Hariyanto, mengatakan, sumber dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara, dan Badan Kepegawaian Negara mengisyaratkan bahwa jika belanja pegawai suatu daerah masih di atas 50 persen maka penambahan formasi CPNS akan diperhitungkan ulang. "Kami belum tahu persis, pemberitahuan baru bersifat lisan dan belum ada tertulisnya. Dari pusat itu meski moratorium telah berakhir Desember 2012 lalu, tapi kalau belanja pegawainya di atas 50 persen maka akan dikasih formasi atau tidak masih diperhitungkan,"katanya Kamis (21/3). Belanja pegawai di Kabupaten Temanggung pada APBD 2013 mencapai Rp 589.998.111.800, dari total APBD Rp 991.506.970.000. Menurut Sri Hariyanto, itu bisa dikurangi dengan adanya PNS yang pensiun yakni sekitar 300 orang per tahun. 

Apabila mengacu sudah dua tahun tidak ada penerimaan CPNS dan adanya jumlah pensiunan berarti sudah ada sekitar 600 orang PNS pensiun dan kemungkinan belanja pegawai bisa di bawah 50 persen. "Jadi pusat masih mempertimbangkan dengan melihat komposisi APBD, mereka juga akan memperhitungkan formasi yang kita ajukan. Komposisinya kemungkinan masih 50-50, dengan pusat yang masih berpegangan pada belanja pegawai di atas 50 persen,"imbuhnya. 

 Namun demikian, meski beberapa waktu lalu ada moratorium dan saat ini berpegang pada belanja pegawai, tetapi untuk jabatan-jabatan tertentu atau tenaga teknis yang tidak bisa digantikan, tetap harus diisi. Antara lain guru, dokter spesialis, perawat, dan formasi terkait pelayanan umum. Di Temanggung jumlah total 8.500 pegawai negeri sipil (PNS), dirasa masih kurang, idealnya, ujar Sri Hariyanto, antara 9.500-10.000 orang, utamanya pada sektor pendidikan dan kesehatan.

 Untuk guru SD ada kekurangan sekitar 775 orang, sedangkan puluhan lainnya bagi guru mata pelajaran SMP/SMA/SMK/MA. Pihak BKD sendiri berharap ke depan pabila memang ada seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), bisa menjaring orang dengan sumber daya manusia berkualitas dan kapabel di bidangnya masing-masing. Belajar dari pengalaman, jika menempatkan orang tidak sesuai kemampuan maka kinerjanya tidak maksimal dan menghambat kinerja serta pembangunan.(suaramerdeka.com)
1 comments

CPNS Padang 2013 Batal Rekrut

Lowongan CPNS 2013- Putus sudah harapan pencari kerja untuk mendapatkan kursi di birokrasi lingkungan Pemko Padang pada 2013 ini. Pasalnya, Pemko batal merekrut CPNS tahun ini. Hal tersebut diputuskan setelah menghitung komposisi APBD Padang yang masih didominasi belanja pegawai.

 ”Pemko Padang sudah memutuskan, bahwa kita tidak akan mengajukan pengajuan PNS baru sampai komposisi anggaran kita seimbang,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Padang Asnel kepada koran ini kemarin. Saat ini, katanya, komposisi belanja langsung dan tak langsung masih sekitar 70:30 persen. Artinya, sebagian besar anggaran masih diserap untuk membayar gaji PNS. Idealnya, sebut Asnel komposisi anggaran ini seimbang. 

 Sehingga dana untuk membiayai pembangunan infrastruktur dan program bisa lebih dimaksimalkan. ”Minimal harus seimbang dulu 50 persen banding 50 persen. Baru nanti kita rekrut lagi PNS baru,” ujar mantan Kepala Dinas Pasar ini. Dengan kebijakan demikian, pihaknya sebut Asnel akan mencoba memaksimalkan potensi PNS yang ada saat ini di lingkungan Pemko Padang. 

”Walaupun ada yang pensiun, tapi kita akan tetap optimalkan PNS yang ada,” ujarnya. Meski demikian, Asnel mengakui adanya kebutuhan pemko untuk merekrut pegawai baru. Bahkan, idealnya, Pemko Padang harus memiliki 1.100 PNS lagi untuk menggantikan PNS yang pension pada 202 dan 2013. Pada 2012 saja, jumlah pegawai yang pensiun mencapai 600 orang. Sedangkan, 2013 diperkirakan 400 orang. ”PNS-PNS yang pensiun tersebut kebanyakan berasal dari instansi-instansi teknis seperti di dinas PU, TRTB dan serta guru,” kata Asnel. Sementara itu, batalnya perekrutan CPNS tahun ini, praktis menimbulkan kekecewaan bagi sejumlah pencari kerja. 

Bagaimanapun, peluang menjadi PNS tetap diidolakan sebagian besar pencaker. Tika (25), alumni Fakultas Teknis Sipil Unand ini mengaku tetap mengincar peluang menjadi PNS. Baginya menjadi pamong negara memiliki jaminan yang cukup kuat untuk hari tua. Selain itu, PNS juga memiliki jenjang karir yang cukup jelas. ”Zaman sekarang ini, menjadi PNS cukup diminati. Jaminan hidup yang diberikan pemerintah kepada PNS cukup kuat. Sebenarnya, saya berharap Pemko Padang membuka peluang, karena saya berdomisili di kota ini. Tapi, kalaupun batal, saya akan intai di daerah lain,” ujar Tika. 

 Ketatnya persaingan memperebutkan kursi PNS tak menjadi alasan bagi perempuan yang berdomisili di Kototangah untuk patah arang. Selain mengharapkan keberuntungan berpihak, persiapan mental dan materi tetap dibutuhkan. Senada, Nanda (29) mengaku selalu menantikan dibukanya lowongan CPNS. Setelah tahun lalu tidak ada perekrutan di Padang, dia berharap tahun ini bisa dibuka kembali. ”Saya mau menjadi guru PNS di Padang,” katanya. 

 Adanya pembatalan tersebut, praktis membuatnya harus berpikir ulang mencari daerah lain yang tetap membuka peluang. ”Bisa jadi saya ikut tes CPNS di daerah lain, tapi saya tetap berharap Padang membuka peluang,” ujarnya.(posmetropadang.com)
1 comments

Jumlah Yang Akan Diterima Jatim Menjadi CPNS 2013

Lowongan CPNS 2013- Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan rekrut 2503 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dalam rekrutmen Agustus 2013 ini. Usulan itu sudah disampaikan melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jatim ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB). "Usulan itu sudah sesuai dengan kebutuhan kita," ujar Kepala BKD Jawa Timur, Akmal Boedianto, Selasa (19/3/2013). Akmal mengatakan, dari usulan 2.503 CPNS, formasi yang paling banyak adalah tenaga teknis kesehatan. Jumlahnya mencapai 2.006 pegawai. Seperti tenaga perawat, bidan, dokter spesialis dan operator alat-alat kesehatan di rumah sakit. Sedangkan sisanya untuk tenaga teknis yang ada di SKPD-SKPD di lingkungan pemprov Jatim. 

 Melihat rekrutmen pada 2010 lalu, Pemprov Jatim hanya mendapatkan jatah 283 CPNS dari Kemenpan dan RB. Dari kuota 283 tersebut, 97 CPNS untuk tenaga kesehatan, dan 186 CPNS untuk tenaga teknis sebagaimana Surat Keputusan Menpan dan RB, tertanggal 21 Juli Nomor 278.F/M.PAN/RB/07/2010. Sedangkan pada rekrutmen CPNS pada 2012 lalu, Pemprov Jatim hanya mendapatkan kuota 148 CPNS. Namun dari jumlah itu, hanya terisi sebanyak 114 formasi yang terdiri dari 58 tenaga kesehatan dan 56 tenaga teknis. "Rekrutmen CPNS tahun 2013 ini adalah rekrutmen kedua setelah dicabutnya moratorium penerimaan CPNS oleh pemerintah pusat," kata Akmal. Selain membuka untuk formasi umum, Pemprov Jatim juga berencana mengangkat pegawai honorer katagori K2 menjadi CPNS. 

 Format tersebut berbeda dengan model rekruitmen CPNS sebelumnya, di mana pemerintah pusat menetapkan kuota nasional terlebih dahulu. Setelah itu, baru disebar merata di setiap instansi. Pengangkatan honorer K2 berbeda dengan pengangkatan honorer. Untuk dapat diangkat, K2 wajib mengikuti tes dan mereka yang lolos tes berhak diangkat sebagai CPNS. Jadi yang diangkat sebabagi CPNS belum tentu semuanya. Kriteria honorer K2, yakni mereka yang bekerja di instansi pemerintah dan diangkat oleh pejabat berwenang, dengan masa kerja minimal satu tahun pada 31 Desember 2005 dan hingga saat ini masih bekerja secara terus menerus.

 Usia sekurang-kurangnya 19 tahun dan tidak boleh lebih dari 46 tahun per 1 Januari 2006. Saat ini, pegawai honorer K2 menumpuk untuk posisi guru, perawat, dan tenaga teknis. Di Jatim, jumlahnya diperkirakan mencapai puluhan ribu. Karena di Surabaya saja jumlah K2 mencapai sekitar 3.200, di mana sebagian besar adalah guru. Akmal menjelaskan, pelaksanaan tes CPNS Juni nanti menggunakan sistem computer assisted tes (CAT). Yakni, pelamar langsung menjawab soal ujian di depan komputer. Pihaknya, kata Akmal, sudah menyiapkan model tes tersebut. "Tahun lalu, sistem tes dengan CAT hampir kita lakukan. Tapi tak jadi, karena tiba-tiba ada moratorium," pungkasnya.(suarasurabaya.net)
1 comments

60 ribu Lowongan CPNS DIbuka pemerintah, juli tahun 2013

Lowongan CPNS 2013- Pada bulan Juli 2013 nanti, Pemerintah akan membuka kembali penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk formasi tahun 2013. Jumlah lowongan CPNS yang dibuka sekitar 60 ribu orang. Hal itu disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Ir H Azwar Abubakar di Medan pada hari Selasa tanggal 19 Maret 2013 kemarin.

 “Penerimaan seleksi CPNS tersebut akan dilakukan Juli tahun ini, namun tanggalnya nanti kami tentukan,” kata Azwar Abubakar. Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa penerimaan CPNS pada tahun ini akan difokuskan kepada kebutuhan lembaga atau departemen dengan mengedepankan azas kompetensi dan kelayakan. “Pola seperti ini harus dilakukan karena jumlah PNS kita sudah banyak berlebih untuk satu lembaga/departemen. Jadi prinsipnya, kami hanya menerima formasi CPNS yang paling dibutuhkan saja,” ungkapnya. Seleksi CPNS tahun 2013 ini juga dipastikan tak diambil alih oleh pemerintah pusat.

 Daerah tetap memiliki peran dalam menyeleksinya bersama-sama dengan pusat. Namun sistemnya harus diubah yaitu lebih terbuka ke publik. Seperti diketahui bersama, jumlah PNS di Indonesia saat ini adalah 4,5 juta orang. Mereka itu harus melayani 244,8 juta jiwa penduduk Indonesia, rasionya 1,83%, di bawah rata-rata rasio PNS negara-negara Asia. Namun jumlah yang sedikit itu terlihat banyak, lantaran banyaknya kualifikasi PNS kurang memadai.(lawangpost.com)
1 comments

Jumlah Yang Diterima sumut menjadi CPNS 2013

Info CPNS Sumut 2013- Kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Sumut untuk tahun 2013 sebanyak 993 orang, namun tidak ada satu pun yang diambil berdasarkan kualifikasi tamatan SMA ( Sekolah Menengah Atas) atau sederajat. Formasi yang diajukan hanya untuk kualifikasi tamatan S1 dan D3. " Paling rendah D3,’’ kata Kepala Bidang Pengadaan Pembinaan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumut, Kaiman Turnip kepada wartawan, Kamis ( 21/3). Secara resmi kuota dan formasi CPNS akan diterima Pemprovsu dari Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI pada Juli 2013.

 Informasi yang diperoleh, Pemprovsu telah mengajukan sebanyak 993 Calon Pegawai Negeri Sipil untuk tahun 2013 pada Oktober 2012 yang lalu. Pengajuan Kuota CPNS ke Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi terkait terkait penerimaan CPNS sebanyak 60 ribu untuk tahun 2013 secara Nasional. Dari 993 kuota CPNS, Pemprovsu hanya mengajukan 3 formasi, yakni sebanyak 752 orang tenaga Teknis, 176 orang tenaga kesehatan dan 5 orang untuk guru SLB (Sekolah Luar Biasa). 

Sebelumnya, Pemerintah RI kembali membuka lowongan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk formasi tahun 2013. Kuota CPNS yang akan direkrut menurut Data Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI mencapai 60 ribu orang. “Tahun ini kita terima CPNS formasi baru sekitar 60 ribu orang,” ucap Menpan dan Reformasi Birokrasi, Ir Azwar Abubakar di sela-sela penandatanganan pencananganan zona integritas wilayah bebas korupsi bagi Provinsi Sumut di Hotel Hermes, Jalan Pemuda Medan, baru-baru ini. 

Abubakar didampingi Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST dan Kepala BKD Sumut Pandapotan Siregar menjelaskan penerimaan CPNS tahun 2013 ini akan diumumkan kuotanya pada Juli mendatang. Juli nanti kuota penerimaan CPNS tahun 2013 sebanyak 60 ribu ini sudah bisa diketahui. Jumlah ini sekitar 50 persen dari total jumlah PNS yang pensiun tahun ini yang jumlahnya mencapai 120.000 orang,” beber Abubakar. Abubakar juga menerangkan penerimaan CPNS tahun 2013 akan difokuskan kepada kebutuhan lembaga/departemen dengan mengedepankan azas kompetensi dan kelayakan. 

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sumut Pandapotan Siregar menjawab wartawan mengemukakan alokasi penerimaan CPNS untuk Pemprov Sumut sampai saat ini belum ditetapkan oleh Menpan, begitu juga untuk kabupaten dan kota. Jika nanti telah ditetapkan akan diumumkan resmi sehingga masyarakat akan mengetahui pola dan bagaimana sistem pelaksanaannya.(sumutdaily.com)
1 comments

Daftar Daerah Dan Instansi Yang Menerima CPNS 2013

Lowongan CPNS 2013 - Tahun 2013 sebanyak 29 kementerian dan 36 lembaga akan melakukan seleksi CPNS yang  formasinya ditetapkan sebanyak 20 ribu. Sedangkan pemerintah daerah yang mendapatkan tambahan formasi CPNS 40 ribu dari jalur umum, sebanyak 225, terdiri dari 33 pemerintah provinsi dan 192 kabupaten/kota.


Dalam Rakornas 18 Juli, KemenPAN-RB telah memberikan formasi CPNS 2013 kepada 315 instansi pusat dan daerah. Dari 315 instansi itu, 68 di antaranya adalah instansi pusat baik kementerian maupun lembaga. Sedangkan sisanya terdiri dari 227 kabupaten/kota dan 20 provinsi.(esy/jpnn)


Berikut Instansi, Badan, lembaga Dan Kementerian yang akan membuka lowongan CPNS dari jalur umum tahun2013 
Kementerian Koordinator Bidang Polhukam
Kementerian Koordinator Bidang Kesra
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian
Kementerian Dalam Negeri
Kementerian Luar Negeri
Kementerian Perindustrian
Kementerian Perdagangan
Kementerian Pertanian
Kementerian Perhubungan
Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi
Kementerian Kesehatan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Kementerian Lingkungan Hidup
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional
Kementerian PANRB
Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal
Kementerian Perumahan Rakyat
Kementerian Sekretariat Negara

Lembaga:
30. Arsip Nasional RI (ANRI)
31. Lembaga Administrasi Negara (LAN)
32. Badan Kepegawaian Negara (BKN)
33. Perpustakaan Nasional (PERPUSNAS)
34. Badan Pusat Statistik (BPS)
35. Badan Inteljen Negara (BIN)
36. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)
37. Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN)
38. Badan Informasi Geospasial (BIG)
39. Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP)
40. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)
41. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)
42. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)
44. Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM)
45. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)
46. Badan Nasionala Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI)
47. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)
48. Lembaga Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
49. Badan SAR Nasional
51. Badan Standarisasi Nasional (BSN)
52. Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN)
53. Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN)
54. Badan Nasional Penanggulangan Terorisme RI (BNPT)
56. Sekretariat Kabinet
57. Sekretariat Jenderal BPK
58. Sekretariat Jenderal DPR
59. Sekretariat Mahkamah Agung
60. Sekretariat Mahkamah Konstitusi
61. Sekretariat Komisi Yudisial
62. Sekretariat Komisi Nasional HAM
63. Sekretariat KPU
64. Badan Koordinasi Keamanan Laut (BAKORKAMLA)
65. PPATK

Pemerintah Daerah
Provinsi NAD

Kab. Gayo Lues
Kab. Aceh Barat Daya
Kab. Aceh Selatan
Kab. Aceh Singkil
Kab. Aceh Tamiang
Kab. Aceh Tenggara
Kab. Pidie Jaya

Provinsi Sumatera Utara

Kab. Batu Bara
Kab. Nias
Kab. Nias Barat
Kab. Nias Selatan
Kab. Nias Utara
Kab. Padang Lawas
Kab. Padang Lawas Utara
Kab. Deli Serdang
Kab. Labuhan Batu Utara
Kab. Tapanuli Tengah
Kab. Tapanuli Utara
Kab. Sibolga


Kab. Kepulauan Mentawai
Kab. Solok Selatan
Kab. Pasaman
Kota Padang Panjang
Kab. Indragiri Hilir
Kab. Kepulauan Meranti
Kab. Kuantan Singingi
Kab. Pelalawan
Kab. Rokan Hilir
Kab. Siak
Kota Pekanbaru
Kab. Batanghari
Kab. Kerinci
Kab. Sarolangun
Kab. Tebo
Kota Sungai Penuh
Kab. Bungo
Kab. Banyuasin
Kab. Muara Enim
Kab. Musi Banyuasin
Kab. Musi Rawas
Kab. Ogan Ilir
Kab. Ogan Komering Ilir
Kab. Ogan Komering Ulu
Kota Pagar Alam
Kota Prabumulih
Kab. Lahat
Kab. Ogan Komering Ulu Selatan
Kota Lubuk Linggau

Provinsi Bangka Belitung

Kab. Bangka Barat
Kab. Bangka Selatan
Kab. Bangka Tengah
Kab. Belitung
Kab. Belitung Timur
Kab. Bangka

Provinsi Bengkulu

Kab. Bengkulu Tengah
Kab. Kepahiang
Kab. Lebong
Kab. Rejang Lebong
Kab. Seluma

Provinsi Lampung

Kab. Mesuji
Kab. Pesisir Barat
Kab. Pesawaran
Kab. Tanggamus
Kab. Way Kanan
Kab. Metro
Kab. Kep. Anambas
Kab. Lingga
Kab. Natuna

Provinsi DKI Jakarta

Kab. Bogor
Kota Bandung
Kota Depok
Kota Bogor
Kota Tangerang Selatan
Kota Serang
Kota Cilegon
Kab. Cilacap
Kab. Kedal
Kab. Kudus
Kab. Purbalingga
Kab. Semarang
Kab. Wonosobo
Kota Magelang
Kota Pekalongan
Kota Salatiga
Kota Semarang
Kota Surakarta

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Kab. Jember
Kab. Sidoarjo
Kota Mojokerto
Kota Mojokerto
Kota Surabaya
Kab. Mojokerto
Kab. Pamekasan
Kab. Tuban
Kota Blitar
Kota Diri
Kota Malang
Kota Probolinggo

Provinsi Kalimantan Tengah

Kab. Barito
Kab. Katingan
Kab. Lamandau
Kab. Pulang Pisau
Kab. Barito Timur
Kab. Kotawaringin Timur

Provinsi Kalimantan Barat

Kab. Kapuas Hulu
Kab. Kayong Utara
Kab. Ketapang
Kab. Kubu Raya
Kab. Landak
Kab. Melawai
Kab. Sanggau
Kab. Sekadau
Kab. Sintang
Kab. Pontianak
Kab. Sambas
Kota Pontianak
Kota Singkawang

Provinsi Kalimantan Selatan

Kab. Balangan
Kab. Kota Baru
Kab. Tabalong
Kab. Tanah Bumbu
Kab. Tapin
Kab. Banjar
Kab. Barito Kuala
Kab. Hulu Sungai Tengah
Kab. Hulu Sungai Utara
Kota Banjar Baru
Kota Banjarmasin
Kab. Bulungan
Kab. Kutai Barat
Kab. Kutai Timur
Kab. Malinau
Kab. Nunukan
Kab. Paser
Kab. Penajam Paser Utara
Kab. Tana Tidung
Kota Bontang
Kab. Bolaang Mongondow Selatan
Kab. Bolaang Mongondow Timur
Kab. Bolaang Mongondow Utara
Kab. Kepulauan Siau Togulandang Biaro
Kab. Minahasa Tenggara
Kab. Bolaang Mangondow
Kota Tomohon
Kab. Gorontalo Utara
Kab. Pohuwato

Provinsi Sulawesi Selatan

Kab. Bantaeng
Kab. Enrekang
Kab. Pinrang
Kab. Toraja Utara
Kota Pare Pare

Provinsi Sulawesi Tengah

Kab. Tojo Una-Una
Kab. Bombana
Kab. Buton Utara
Kab. Kolaka Utara
Kab. Konawe Utara
Kab. Wakatobi

Provinsi Bali

Kab. Jembrana
Kab. Karangasem
Kota Denpasar

Provinsi Nusa Tenggara Barat

Kab. Lombok Utara
Kab. Sumbawa Barat

Provinsi Nusa Tenggara Timur

Kab. Mangarai Barat
Kab. Manggarai Timur
Kab. Sabu Raijua
Kab. Sumba Barat
Kab. Sumba Barat Daya
Kab. Sumba Tengah
Kab. Ende
Kab. Flores Timur
Kab. Manggarai
Kab. Nagekeo
Kab. Rote Ndao
Kab. Sikka
Kab. Timor Tengah Utara

Provinsi Maluku

Kab. Buru Selatan
Kab. Maluku Barat Daya
Kab. Maluku Tenggara
Kota Tual
Kab. Maluku Tenggara Barat
Kab. Seram Bagian Barat

Provinsi Maluku Utara

Kab. Halmahera Tengah
Kab. Halmahera Timur
Kab. Pulau Morotai
Kab. Halmahera Barat
Kota Ternate
Kota Tidore Kepulauan
Kab. Asmat
Kab. Deiyai
Kab. Dogiyai
Kab. Intan Jaya
Kab. Jayawijaya
Kab. Keerom
Kab. Lanny Jaya
Kab. Memberamo Raya
Kab. Mappi
Kab. Paniai
Kab. Puncak
Kab. Puncak Jaya
Kab. Tolikara
Kab. Yalimo
Kab. Biak Numfor
Kab. Kepulauan Yapen

Provinsi Papua Barat

Kab. Fak Fak
Kab. Maybrat
Kab. Raja Ampat.

Provinsi Jawa Tengah

Cilacap
Kendal
Kudus
Purbalingga
Wonosobo
Magelang
Pekalongan
Kota Salatiga
Kabupaten Semarang
Kota Semarang
Kota Solo

2 comments

Ini Strategi Lulus Ujian CPNS

Apakah Penerimaan CPNS saat ini Dijamin Murni? Kementerian Pendayaagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) berani menjamin dengan persentase besar bahwa mulai Penerimaan CPNS 2012 dan seterusnya penerimaan CPNS dijamin murni atas dasar langkah-langkah baru yang dilakukan untuk menjamin kemurnian penerimaan CPNS yang dimulai tahun 2012 dan seterusnya kedepan sebagai perwujudan reformasi birokrasi Indonesia.

Kementerian Pendayaagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menyatakan akan menindak tegas siapapun yang melakukan kecurangan pada saat ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Menurut Mentri Kemenpan RB, hal ini perlu dilakukan agar tidak ada pejabat yang menaruh relasinya.

"Makanya ini orang kan cari-cari cara supaya kembali seperti dulu (dapat menaruh relasi). Jadi jangan sampai gagal, kita harus berhasil ubah. Yang main, bongkar saja terus," tegas Menpan RB Azwar Abubakar, di Gedung Dhanapala, Jakarta, Selasa (11/9/2012) kepada Antara News.

Dia menjelaskan, dalam proses rekrutmen CPNS ini sangat sulit untuk mencari celah. Dia menjelaskan, tes tertulis dilakukan sangat terbuka. Sehingga sewaktu dilakukan tes tidak dapat dimasuki oleh pihak lain. Selain itu, lembar soal yang disegel juga menjadi bukti.

"Jadi mulai bikin soal, kirim soal, diawasi datanya oleh polisi. Polisinya ada yang pakai pakaian dinas dan tertutup, waktu pelaksanaan ujian kementeriannya buat tim yang bagus, ada pengawas, ada NGO," ujar Azwar.

Setelah itu, dia mengatakan hasil jawaban langsung dimasukkan ke tempatnya dan di foto langsung oleh scanner di BPPT. Dalam menangani ini, ada pegawai dari BPPT dan konsorsium. "Nantinya kita ambil copy-nya yang akan diumumkan sesuai nilainya," tambah dia.

Sementara untuk sogok-menyogok sewaktu wawancara, akan sulit dilakukan karena tes tersebut berlapis-lapis. Menurutnya, tes akan diawasi oleh tim pengawas yang terdiri dari BKN, KemenPAN, kementerian bersangkutan, dan 10 Perguruan Tinggi. "Kan itu berlapis-lapis. Mau nyogok ke mana?" ujarnya.

Meski begitu, dia mengimbau, jika memang ada yang menemukan penyimpangan pada saat tes CPNS ini, maka dapat melaporka langsung ke KemenPAN, atau lewat Indonesia Corruption Watch (ICW).

Jadi Bagaimana Cara Lulus CPNS Mulai Tahun 2013 ?

Sempat menjadi asumsi masyarakat luas dan menjadi rahasia umum bahwa dulu, jika anda berduit, tak berotak (baca tidak pintar) pun bisa masuk CPNS, dan parahnya orang yang pintar pun jika tidak berduit susah masuk CPNS. Itu dulu, tapi sekarang dengan adanya terobosan Kemenpan RB ini hal demikian akan diluruskan.

Ini satu-satunya cara lulus CPNS:

Jadi, jika anda ingin menjadi PNS maka satu-satunya cara lulus CPNS adalah menjadi ORANG PINTAR. Ukuran ORANG PINTAR dalam penerimaan CPNS adalah bisa menyelesaikan soal-soal ujian CPNS dengan masuk kategori RANKING TERBAIK. Ini artinya TIDAK PERLU PINTAR dalam segala hal. Anda cukup PINTAR MENGERJAKAN SOAL-SOAL CPNS.

Agar anda PINTAR menguasai soal-soal CPNS satu-satunya cara adalah dengan latihan soal-soal CPNS tahun-tahun sebelumnya jauh-jauh hari sebelum ujian CPNS berlangsung. Karena soal-soal CPNS dari tahun-ketahun tidaklah jauh berbeda. Bahan untuk soal CPNS kan terbatas, tidak akan mungkin setiap tahun soal CPNS berbeda. Soal CPNS biasanya di acak dan merupakan gabungan soal-soal CPNS tahun-tahun sebelumnya dengan perubahan sedikit seperti perubahan kalimat dan angka. Ya, ini perlu kita pahami betul sebelum ujian CPNS, jangan asal ujian. Hanya itu satu-satunya cara lulus CPNS.

Tambahan, saat ini sudah ada developer yang mengembangkan Soal-Soal Latihan CPNS ini dalam bentuk software. Anda tidak perlu repot-repot baca buku. Cukup buka aplikasi latihan soal CPNS ini, maka anda bisa belajar layaknya seperti main games atau persis seperti ujian CAT (Computer Assisted Test) yang akan diterapkan kedepan dalam seleksi CPNS. Selengkapnya aplikasi ini bisa di Download Disini
2 comments

Info CPNS Bogor 2013

Info CPNS Bogor 2013- Pemerintah Pusat akan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 60 ribu pada Juli 2013 ini. Penerimaan CPNS tahun ini memang dikurangi 50 persen dari jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan pensiun sebanyak 120 ribu pegawai. Pengurangan ini dilakukan dalam rangka efisiensi PNS. "Tahun ini kita terima CPNS formasi baru kuotanya sekitar 60 ribu orang," ujar Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (PAN)dan Reformasi Birokrasi (RB), Azwar Abubakar, kemarin. 

Data Kemenpan-RB, jumlah kuota penerimaan CPNS tahun berkurang bila dibandingkan dengan jumlah pegawai yang pensiun. Sebab, penerimaan CPNS tahun 2013 akan difokuskan kepada kebutuhan daerah, lembaga atau departemen dengan mengedepankan azas kompetensi dan kelayakan. Dengan kata lain, lanjut Abubakar, penerimaan CPNS tahun 2013 ini akan disesuaikan dengan kebutuhan saja. "Pola seperti ini harus dilakukan karena jumlah PNS sudah banyak berlebih. Jadi prinsipnya kami hanya menerima formasi CPNS yang paling dibutuhkan saja," jelasnya. Menyambut itu, Pemkab Bogor langsung mengajukan kuota kursi sebanyak 3.624 orang. 

Kuota CPNS yang diajukan Pemkab Bogor dibagi ke dalam tiga formasi yakni tenaga pendidik sebanyak 2774 orang, kebutuhan tenaga Kesehatan sebanyak 600 orang, dan kebutuhan tenaga teknis strategis sebanyak 250 orang. “Dari hasil rapat kami, untuk tahun 2013, Kabupaten Bogor akan mengajukan kuota sebanyak 3.624 CPNS,” jelas Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bogor, Aty Guniarwati, kemarin. Saat ini jumlah PNS di Kabupaten Bogor tercatat sebanyak 20.058 orang. Itu ditambah dengan jumlah tenaga honorer sebanyak 926 orang yang terdiri atas 600 tenaga kesehatan (dokter, bidan dan perawat,red) dan sisanya 426 orang tenaga honorer yang tersebar di semua SKPD.

 “Malah jumlah itu juga belum dikurangi PNS yang pada pada tahun 2013 ini memasuki masa pensiun sebanyak 524 orang dan belum masuk PNS yang meninggal atau meminta mutasi ke daerah lain,” kata Ati. Aty berharap, kemenpan dapat merealisasikan kebutuhan PNS minimal 20 persen dari usulan kuota 3.624 CPNS. Pasalnya pada pengajuan CPNS tahun 2012 lalu, Pemkab Bogor hanya mendapatkan jatah hanya 10 persen dari pengajuan. “Tahun lalu kami mengajukan CPNS sebanyak 5700 orang, namun kita hanya diberi jatah sebanyak 354 orang,” pungkasnya.(JPNN.COM)
1 comments

Info CPNS Makassar 2013

Info CPNS Makassar 2013- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Sealatan mengusulkan sebanyak 1.885 formasi kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk 2013. "Jumlah kuota CPNS untuk tahun ini yang kita usulkan sebanyak 1.885 orang," kata Pelaksana Tugas Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel Tautoto Tanaranggina, saat dikonfirmasi Tribun Timur (Tribunnews.com Network), Rabu (20/3/2013). Adapun dari kuota tersebut yang telah dilaporkan ke Kementerian Aparatur Negara (Kemenpan) dan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) antara lain untuk kuota tenaga medis berjumlah 526 orang. 

Sementara untuk program jurusan tenaga teknis berjumlah 1.359 orang. "Formasi inilah yang telah kami usulkan ke pusat," ujanrya. Namun menurut Tautoto yang juga Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulsel, sejauh ini pihaknya masih menunggu hasil keputusan dari Kemenpan dan BKN mengenai formasi apa saja yang akan dibuka beserta jumlah yang bakal diterima. Mulai dari tenaga guru, medis dan tenaga teknis lainnya.

 "Kita sudah bersurat sebanyak tiga kali. Namun sampai saat ini belum ada hasil keputusan dari pusat," ungkapnya. Sebelumnya, 2012 lalu, kuota CPNS yang diusulkan Pemprov Sulsel juga berjumlah 1.885 orang. Tetapi mengenai kapan jadwal penerimaan, jumlah yang akan diterima dan jurusan apa yang paling banyak dibutuhkan nanti. "Kita belum tahu apakah pendaftaran CPNS tetap Juni mendatang atau kembali ditunda. Hal itu tergantung keputusan Kemenpan dan BKN," tandasnya. Tautoto mengatakan, pekan depan BKD Sulsel berencana akan bertolak ke Jakarta untuk berkoordinasi dengan pihak Kemenpan dan BKN, membahas soal berapa besar kuota CPNS yang akan dibuka dan diterima. 

 Hal senada diungkapkan Irwan yang menjabat salah satu kepala bidang di BKD Sulsel. Kepada Tribun Timur, Irwan mengaku pihaknya tetap mengusulkan formasi kuota CPNS tahun ini sama dengan tahun 2012 lalu yakni sebanyak 1.885 orang. "Namun sampai sekarang dia juga tidak mengetahui jurusan apa saja yang akan diterima," ujar Irwan.(tribunnews.com)
1 comments

Formasi CPNS 2013, Jumlah Daerah Yang Dijatah

Info CPNS 2013- Meskipun kebijakan moratorium penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sudah berakhir, bukan berarti pemerintah daerah boleh merekrut CPNS sebanyak-banyaknya. Tahun ini pemerintah tetap menerapkan kebijakan zero growth (pertumbuhan nol) menuju minus growth (minus pertumbuhan). 

 Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar mengatakan, penambahan formasi CPNS dari jalur umum untuk tahun ini hanya sebanyak 60 ribu, yakni 40 ribu untuk daerah dan 20 ribu untuk instansi pusat. “Usulan tambahan harus berdasarkan analisa jabatan dan analisa beban kerja. Selain itu, instansi itu harus sudah memiliki proyeksi kebutuhan pegawai 5 tahun ke depan,” ujar Azwar kepada wartawan di Kantor KemenPAN-RB, Jakarta, Kamis (21/02). Lebih lanjut dikatakan, penerimaan CPNS masih dibatasi untuk tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, tenaga teknis dan jabatan-jabatan tertentu yang benar-benar dibutuhkan oleh organisasi.

 “Misalnya tenaga penyuluh pertanian, yang memang dibutuhkan dalam meningkatkan hasil pertanian, seperti beras, jagung, dan lain-lain,” menteri asal Aceh itu. Sementara Plt. Deputi SDM Aparatur Kementerian PAN-RB Tasdik Kinanto mengatakan, penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan merupakan salah satu prioritas dalam rekrutmen CPNS tahun 2013 ini. Meskipun secara nasional kebijakannya zero growth, namun secara instansional akan ditempuih dengan tiga pola, yakni minus growth, zero growth, dan growth. 

 Minus growth diterapkan bagi instansi yang berdasarkan hasil analisa beban kerja (ABK) jumlah pegawainya sudah kelebihan, anggaran belanja pegawai lebih dari 50 persen APBD (untuk kabupaten/kota), dan bagi provinsi yang rasio belanja pegawainya lebih dari 30 persen APBD. Sedangkan zero growth, diterapkan untuk instansi yang jumlah pegawainya cukup, rasio anggaran belanja pegawai antara 40 sampai 50 persen dari APBD (kabupaten/kota), dan 25 sampai 30 persen (provinsi). Sementara yang alokasi formasinya lebih besar dari jumlah PNS yang pensiun, diperuntukkan bagi instansi/pemda yang jumlah pegawainya sangat kurang, rasio anggaran belanja pegawainya kurang dari 40 persen dari APBD (Kabupaten/kota), dan untuk provinsi yangvrasio anggaran belanja pegawainya kurang dari 40 persen. 

 Tasdik Kinanto yang juga Sekretaris Kementerian PAN-Rb menambahkan, instansi yang tidak memiliki tenaga honorer kategori 1 maupun kategori 2 juga menjadi pertimbangan. Selain itu, dipertimbangkan juga rasio jumlah pegawai dengan jumlah penduduk, luas wilayah, kekurangan pegawai serta prioritas jabatan. Terkait dengan rekrutmen penyuluh pertanian, penyuluh kehutanan, dan penyuluh perikanan, Tasdik menekankan perlunya dilakukan penghitungan kebutuhan yang konkret. “Sandingkan data kebutuhan penyuluh dibandingkan dengan penyuluh yang sudah ada, baik dari segi jumlah dan kompetensi yang ada,” ujarnya ketika menjadi pembicara dalam rakernas APKASI dan PERHIPTANI di Jakarta, Rabu (20/02). 

 Lebih dari itu, harus dilakukan redistribusi pegawai, apabila terdapat kelebihan/kekurangan.“Bila perlu, menarik kembali tenaga penyuluh pada unit organisasi lain di luar unit penyuluhan," tambahnya.(jpnn.com)
1 comments

Jumlah PNS Kalten Naik Pangkat 2013

Jumlah PNS Kalten Yang Naik Pangkat 2013- Sebanyak 698 pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Klaten menerima Surat Keputusan (SK) kenaikan pangkat dari Bupati Klaten di Pendapa Setda Pemkab setempat, Kamis (20/9/2012). SK kenaikan pangkat tersebut diberikan secara simbolis oleh Asisten I Sekda Klaten, Purwanto AC kepada perwakilan PNS. 

Ke-698 PNS tersebut terdiri atas 586 PNS dari golongan III D ke bawah dan 112 PNS dari golongan IV A ke atas. Kenaikan pangkat PNS tersebut diproses berdasarkan usulan dari masing-masing kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). “Dari 829 PNS golongan IIId ke bawah yang memenuhi persyaratan untuk diusulkan mendapatkan kenaikan pangkat, baru 586 PNS yang mendapatkan persetujuan dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN),” ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Klaten, Cahyo Dwi Setyanta.(solopos.com)
1 comments

Jumlah Tenaga Honorer Bandung Diangkat Jadi CPNS 2013

INFO CPNS SOREANG 2013- Setelah terkatung-katung beberapa tahun akhirnya 160 oramg tenaga honorer kategori I diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Sebagian besar CPNS baru tersebut berasal dari tenaga lapangan seperti pengatur pintu irigasi, petugas jalan di Dinas Bina Marga, petugas kebersihan, dan petugas pasar.

 "Tenaga honorer yang diangkat merupakan pegawai yang tertinggal dalam pengangkatan sebagai CPNS. Seharusnya mereka bersama-sama diangkat sebagai CPNS beberapa tahun lalu, tapi akibat persoalan teknis sehingga tertinggal," kata Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kab. Bandung H. Erick Djuriara Ekananta, di ruang kerjanya, Selasa (18/3/2013). 

 Menurut Erick, honorer yang diangkat sebagai CPNS minimal sudah bekerja sejak 1 Januari 2005. Semua sudah diverifikasi data-datanya sehingga bisa diangkat sebagai CPNS. Selain mengangkat CPNS baru, lanjut Erick, sebanyak 1.484 orang PNS Pemkab Bandung juga naik pangkat periode 1 April 2013. "Kami berharap para PNS yang naik pangkat bisa meningkatkan kinerja pelayanannya kepada masyarakat," ucapnya.(pikiran-rakyat.com)
1 comments

Info Cpns Jogja 2013

INFO CPNS JOGJA 2013- Jumlah pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Jogja dinilai jauh dari ideal. Kini terdapat 8.028 PNS. Jumlah ideal sesuai kebutuhan adalah 11.178 PNS. Jumlah itu termasuk PNS untuk mengisi kekosongan posisi beberapa pejabat eselson II di tiga intansi. Yakni, staf ahli, kepala dinas Dindukcapil, dan kepala dinas ketertiban. "Ketugasan diisi pelaksana tugas harian," tutur Kabid Penata Usahaan Kepegawaian (BKD) Kota Jogja Christy Dewayani kemarin.Tidak idealnya jumlah PNS di lingkungan pemkot disebabkan kebijakan moratorium perekrutan PNS pada 2011.

 Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Jogja pun mulai melakukan penataan pegawai. "Penataan diperlukan untuk mengetahui kebutuhan PNS di setiap intansi nantinya untuk diusulkan kepada pusat. Penataan sedang kami lakukan dengan melihat kompetensi dan kebutuhannya," terang Kabid Pengembangan SumberDaya Pegawai (BKD) Kota Ari Sulistyorini di kantornya kemarin (18/3).Ari menjelaskan, saat ini instansinya belum menerima kejelasan dari pusat terkait moratorium yang diperpanjang pada 2013. 

Meski demikian, pemkot sudah menyelesaikan data profil daerah dan rekapitulasi data kepegawaian kepada BKN. Data ini dijadikan acuan menentukan kebijakan formasi PNS. "Kami segera selesaikan penataan dulu. Memang keputusan ada di pusat," katanya.Ari menandaskan, kebijakan menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menyebutkan pemerintah daerah untuk mengajukan formasi CPNS pada Juni. Sementara tiap tahun ada 305 PNS pensiun. Sebelum moratorium, pemkot mengusulkan formasi CPNS sebanyak dua ribu orang ke pusat. Dari usulan itu, hanya 80 orang yang disetujui.
1 comments

Info Cpns Kalten 2013

Info Cpns Kalten 2013- Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Klaten menyebutkan jumlah kekurangan pegawai negeri sipil (PNS) di kabupaten tersebut saat ini mencapai 5.820 orang. Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Pegawai, BKD Klaten, Sutopo, mengatakan jumlah kekurangan PNS itu didapat setelah Bagian Organisasi Setda Klaten menggelar analisis jabatan (anjab) dan analisis beban kerja (ABK) di masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang berakhir Desember 2012. Kendati demikian, khusus Dinas Pendidikan (Disdik) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) belum menggelar anjab dan ABK tersebut. “Data kekurangan PNS itu minus Disdik dan Dinkes. Dengan begitu, kekurangan PNS itu masih bisa bertambah. Kepastian kekuranganya akan diketahui di akhir 2013 nanti,” papar Sutopo saat ditemui wartawan di kantornya, Senin (18/3/2013). 

Sutopo menjelaskan, sebelum digelar anjab dan ABK, jumlah kekurangan PNS mencapai 5.187 orang. Data tersebut didapat berdasarkan hasil penghitungan manual masing-masing SKPD pada Maret-Mei 2012 lalu. Sutopo menambahkan pada Januari hingga Maret 2013, pihaknya belum menggelar penghitungan kekurangan PNS. Pihaknya lebih fokus dalam penghitungan jumlah PNS. Menurutnya, saat ini jumlah PNS di lingkungan Pemkab Klaten mencapai 14.646 orang yang tersebar di 326 SKPD.
 “Data jumlah keseluruhan PNS dan kekurangannya ini akan kami kirimkan ke Kemen PAN dan RB [Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi] serta BKN [Badan Kepegawaian Nasional]. 

Saat ini, data itu sedang dimintakan persetujuan kepada Pak Bupati,” terang Sutopo. Sutopo mengaku belum mengetahui apakah perekrutan calon PNS di Klaten bisa digelar tahun ini. Menurutnya, perekrutan calon PNS merupakan kewenangan Kemen PAN dan RB serta BKN. “Itu bukan kewenangan kami. Kalau menurut BKN, perekrutan CPNS bisa dilakukan bagi Pemda yang memiliki beban belanja pegawai di bawah 50% dari APBD. Kalau di Klaten, belanja pegawai masih menyentuh 70% dari APBD,” tambahnya.(solopos.com)
1 comments

Jadwal Bulan Penetapan CPNS 2013

Jadwal Penetapan CPNS 2013- Penetapan formasi CPNS 2013, diprediksikan tidak akan beda jauh dengan tahun lalu. Demikian juga jadwal seleksinya, yang digadang-gadang tidak bergeser dari bulan September. "Ya, kemungkinan besar penetapan dan seleksi CPNS 2013 untuk pelamar umur sama seperti tahun lalu

 Adapun mekanisme penetapan formasi CPNS 2013 dari pelamar umum, setelah usulan instansi pusat dan daerah masuk, diverifikasi serta validasi dulu. Hasilnya kemudian dibahas bersama antara Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), BKN, dan Kementerian Keuangan. Setelah mendapatkan hitung-hitungannya kemudian dilaporkan kepada Wapres Boediono. "Nanti wapres akan tentukan berapa kuota untuk pelamar umum dan honorer K2 yang akan diangkat tahun ini sesuai kemampuan keuangan negara. Setelah itu baru dibahas dengan DPR RI untuk penganggarannya. Sedangkan penetapan formasi menjadi kewenangan MenPAN-RB," bebernya. 

 Sebelumnya Sekretaris KemenPAN-RB Tasdik Kinanto mengatakan, kuota CPNS dari pelamar umum sebanyak 60 ribu, terdiri dari pusat 20 ribu dan daerah 40 ribu. Adapun salah satu formasi yang diprioritaskan untuk rekruitmen CPNS tahun ini adalah penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan. Meskipun secara nasional kebijakannya zero growth, namun secara instansional akan ditempuih dengan tiga pola, yakni minus growth, zero growth, dan growth. 

Minus growth diterapkan bagi instansi yang berdasarkan hasil analisa beban kerja (ABK) jumlah pegawainya sudah kelebihan, anggaran belanja pegawai lebh dari 50 persen APBD (untuk kabupaten/kota), dan bagi provinsi yang rasio belanja pegawainya lebih dari 30 persen APBD. Sedangkan zero growth, diterapkan untuk instansi yang jumlah pegawainya cukup, rasio anggaran belanja pegawai antara 40 – 50 persen dari APBD (kab/kota), dan 25 – 30 persn (provinsi). 

Sementara yang alokasi formasinya lebih besar dari jumlah PNS yang pension, diperuntukkan bagi instansi/pemda yang jumlah pegawainya sangat kurang, rasio anggaran belanja pegawainya kurang dari 40 persen dari APBD (Kab/kota), dan untuk provinsi yangvrasio anggaran belanja pegawainya kurang dari 40 persen. 

 Tasdik menambahkan, instansi yang tidak memiliki tenaga honorer K1 maupun K2 juga menjadi pertimbangan. Selain itu, dipertimbangkan juga rasio jumlah pegawai dengan jumlah penduduk, luas wilayah, kekurangan pegawai serta prioritas jabatan. Terkait dengan rekrutmen penyuluh pertanian, penyuluh kehutanan, dan penyuluh perikanan, Tasdik menekankan perlunya dilakukan penghitungan kebutuhan yang konkret. 

Lebih dari itu, harus dilakukan redistribusi pegawai, apabila terdapat kelebihan/kekurangan. “Bila perlu, menarik kembali tenaga penyuluh pada unit organisasi lain di luar unit penyuluhan," tambahnya. Mengenai kuota per daerah, Tasdik mengatakan, menunggu usulan masing-masing daerah. KemenPANRB baru menetapkan kuota nasional. "Sekitar Juni-Juli baru ketahuan berapa kuota per daerah. Karena setelah usulan masuk, masih harus dibahas dengan DPR RI, Menkeu, dan  Wapres," pungkasnya( JPNN.COM)
















 Wapres," pungkasnya Wapres," pungkasnya.(esy/jpnn)
3 comments

Jadwal Bulan Penetapan CPNS 2013

Jadwal Penetapan CPNS 2013- Penetapan formasi CPNS 2013, diprediksikan tidak akan beda jauh dengan tahun lalu. Demikian juga jadwal seleksinya, yang digadang-gadang tidak bergeser dari bulan September. "Ya, kemungkinan besar penetapan dan seleksi CPNS 2013 untuk pelamar umur sama seperti tahun lalu

 Adapun mekanisme penetapan formasi CPNS 2013 dari pelamar umum, setelah usulan instansi pusat dan daerah masuk, diverifikasi serta validasi dulu. Hasilnya kemudian dibahas bersama antara Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), BKN, dan Kementerian Keuangan. Setelah mendapatkan hitung-hitungannya kemudian dilaporkan kepada Wapres Boediono. "Nanti wapres akan tentukan berapa kuota untuk pelamar umum dan honorer K2 yang akan diangkat tahun ini sesuai kemampuan keuangan negara. Setelah itu baru dibahas dengan DPR RI untuk penganggarannya. Sedangkan penetapan formasi menjadi kewenangan MenPAN-RB," bebernya. 

 Sebelumnya Sekretaris KemenPAN-RB Tasdik Kinanto mengatakan, kuota CPNS dari pelamar umum sebanyak 60 ribu, terdiri dari pusat 20 ribu dan daerah 40 ribu. Adapun salah satu formasi yang diprioritaskan untuk rekruitmen CPNS tahun ini adalah penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan. Meskipun secara nasional kebijakannya zero growth, namun secara instansional akan ditempuih dengan tiga pola, yakni minus growth, zero growth, dan growth. 

Minus growth diterapkan bagi instansi yang berdasarkan hasil analisa beban kerja (ABK) jumlah pegawainya sudah kelebihan, anggaran belanja pegawai lebh dari 50 persen APBD (untuk kabupaten/kota), dan bagi provinsi yang rasio belanja pegawainya lebih dari 30 persen APBD. Sedangkan zero growth, diterapkan untuk instansi yang jumlah pegawainya cukup, rasio anggaran belanja pegawai antara 40 – 50 persen dari APBD (kab/kota), dan 25 – 30 persn (provinsi). 

Sementara yang alokasi formasinya lebih besar dari jumlah PNS yang pension, diperuntukkan bagi instansi/pemda yang jumlah pegawainya sangat kurang, rasio anggaran belanja pegawainya kurang dari 40 persen dari APBD (Kab/kota), dan untuk provinsi yangvrasio anggaran belanja pegawainya kurang dari 40 persen. 

 Tasdik menambahkan, instansi yang tidak memiliki tenaga honorer K1 maupun K2 juga menjadi pertimbangan. Selain itu, dipertimbangkan juga rasio jumlah pegawai dengan jumlah penduduk, luas wilayah, kekurangan pegawai serta prioritas jabatan. Terkait dengan rekrutmen penyuluh pertanian, penyuluh kehutanan, dan penyuluh perikanan, Tasdik menekankan perlunya dilakukan penghitungan kebutuhan yang konkret. 

Lebih dari itu, harus dilakukan redistribusi pegawai, apabila terdapat kelebihan/kekurangan. “Bila perlu, menarik kembali tenaga penyuluh pada unit organisasi lain di luar unit penyuluhan," tambahnya. Mengenai kuota per daerah, Tasdik mengatakan, menunggu usulan masing-masing daerah. KemenPANRB baru menetapkan kuota nasional. "Sekitar Juni-Juli baru ketahuan berapa kuota per daerah. Karena setelah usulan masuk, masih harus dibahas dengan DPR RI, Menkeu, dan  Wapres," pungkasnya( JPNN.COM)
















 Wapres," pungkasnya Wapres," pungkasnya.(esy/jpnn)
1 comments

Penerimaan CPNS Bekasi 2013 9.600 Formasi Dibutuhkan

Penerimaan CPNS Bekasi 2013 - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada awal 2013.

"Penerimaan calon PNS tersebut untuk memenuhi kebutuhan pegawai yang sampai saat ini masih kurang," ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Bekasi Sutisno, di Cikarang, Selasa.

Menurut dia, jumlah lowongan yang ditawarkan kepada masyarakat tergantung pada persetujuan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Kalau kebutuhan pegawai di Pemkab Bekasi saat ini bisa mencapai 9.600 orang. Namun, tidak mungkin akan dikabulkan semua oleh BKN," ujarnya.

Menurut dia, penempatannya akan disesuaikan dengan kebutuhan di dinas masing-masing dan mempertimbangkan kemampuan anggaran daerah.

Menurut dia, proses penerimaan pegawai baru pada 2013 diperkirakan akan berbeda dengan tahun sebelumnya.

Seleksi calon pegawai, kata dia, akan dilakukan langsung oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara atau BKN .

"Kami sudah ajukan kebutuhan pegawai ke BKN. Nanti tergantung BKN berapa yang disetujui," ujarnya.

Sutisno mengatakan, beberapa tenaga yang dibutuhkan adalah pendidik atau guru, tenaga medis seperti perawat dan dokter yang akan ditempatkan di seluruh Puskesmas, tenaga pengawas pada Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), tenaga pengawas bangunan untuk Dinas Tata Ruang dan Pemukiman.

"Secepat mungkin jika sudah disetujui oleh BKN, akan segera dibuatkan pengumumannya dan disebar luaskan kepada masyarakat. Pemkab Bekasi memprioritaskan SDM dari Kabupaten Bekasi," ujarnya. (Antara)
0 comments

Honorer Kategori 1 K1 Menjadi CPNS Belum Beres

Info CPNS- Urusan pengangkatan tenaga honorer kategori 1 (K1) menjadi CPNS ternyata belum beres. Sekitar 19 ribu tenaga honorer yang awalnya masuk daftar K1, tetapi menjelang pengangkatan nama mereka didrop.

 DPR dan pemerintah sepakat membentuk sejenis unit khusus yang bertugas menerima banding dari para tenaga honorer K1 yang didrop itu. Wakil Ketua Komisi II DPR Ganjar Pranowo kemarin menuturkan, para tenaga honorer K1 yang didrop itu disebut sebagai tenaga honorer K1 yang tidak memenuhi kriteria (TMK). 

Dia mengaku wajar jika para honorer TMK ini resah, karena sejak awal nama mereka ada di daftar K1. "Ada 19 ribu yang dinyatakan TMK. Mereka silahkan banding ke pemerintah," tandasnya. Ganjar menuturkan, pembentukan unit khusus untuk menerima banding ini bukan berarti menambah beban pekerjaan pemerintah. Sebab selama beberapa tahun terakhir terus disibukkan untuk menuntaskan pengangkatan tenaga honorer. 

"Pemerintah ini dibayar untuk bekerja. Salah satunya ya menangani yang protes-protes itu," tandasnya. Menurut pantauan Ganjar, saat ini sudah mulai banyak tenaga honorer K1 katerogi TMK yang mulai mengajukan banding. Misalnya dari Wonosobo, Purbalingga, hingga dari Riau. Tapi dia mengakui jika permohonan banding ini belum menunjukkan hasil yang positif. Dia menegaskan jika skema banding ini bukan berarti seluruh tenaga honorer K1 yang TMK itu otomatis akan diangkat menjadi CPNS. 

"Prinsip dalam banding ini adalah mengecek lagi kelengkapan data-data para honorer TMK itu," kata Ganjar. Jika akhirnya memang dokumen-dokumen yang dibawa palsu, tetap tidak diangkat menjadi CPNS. Sebaliknya jika dalam proses banding ini ternyata dokumen-dokumen secara sah menyebutkan yang besangkutan honorer K1, maka otomatis akan diangkat menjadi CPNS. 

Ganjar menyebutkan jika pusat pengajuan banding ini ditangani oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB), Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Menurut Ganjar, skema pengajuan banding ini lebih elegan ketimbang para tenaga honorer K1 yang dinyatakan TMK ini demonstrasi di jalan raya.

 Dia mengatakan banya tenaga honorer K1 yang dinyatakan TMK gara-gara nomenklatur gajinya menggunakan sebutan lain. "Walaupun jelas-jelas dari APBN atau APBD kalau nomenklaturnya bukan untuk gaji, mereka dianggap gugur. Ini kan perlu dikaji ulang," tandasnya. Dia meminta pemerintah tetap cermat dalam menyikapi banding para tenaga honorer K1 yang TMK tadi. Ganjar juga berharap penuntasan ini tidak menimbulkan persoalan baru di lain waktu.(JPNN.COM)
1 comments

Info Cpns Balik Papan

Info CPNS balik papan- Jumlah Pekerja Tidak Tetap (PTT) atau tenaga honorer yang amat banyak di setiap kota tentunya menjadi permasalahan tersendiri. Maka dari itu Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) akan mengadakan seleksi calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bagi tenaga honorer Kategori 2 (K2) yang ditarget digelar Agustus mendatang.
 
Diketahui, kecemburuan antara tenaga honorer dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS) kerap menimbulkan konflik sosial. “Oleh karena itu kita akan menyelesaikan masalah ini dengan menyeleksi tenaga honorer untuk menjadi PNS,” ungkap Asisten Deputi Koordinasi dan Manajemen Sistem SDM Kemenpan-RB Naftalina Sipayung di Kantor Wali Kota Balikpapan, Jalan Sudirman, kemarin (6/3).
 
Ia menjelaskan, penyelesaian masalah tenaga honorer tersebut dengan cara pemetaan menjadi Kategori 1 (K1) dan Kategori 2 (K2). Untuk K1 sudah selesai pada 2012, sementara untuk K2 targetnya akan selesai dalam masa 2013-2014, sambungnya.
 
K2 sendiri, lanjutnya, saat ini tengah dalam proses pendataan dengan berbagai persyaratan. Syaratnya pada dasarnya sama antara honorer K1 dan K2. Yakni diangkat pejabat yang berwenang, bekerja di instansi pemerintah, memiliki masa kerja minimal satu tahun pada 31 Desember 2005 dan sampai saat ini masih bekerja secara terus menerus. Syarat lainnya adalah berusia sekurang-kurangnya 19 tahun dan tidak boleh lebih dari 46 tahun per 1 Januari 2006,” imbuhnya.
 
Sekadar diketahui, tenaga honorer yang masuk K1 sesuai dengan Permenpan-RB No 5 Tahun 2010 adalah tenaga honorer yang bekerja di instansi pemerintahan terhitung mulai tanggal (TMT) 1 Januari 2005, secara terus menerus. Dan pembiayaan honornya langsung oleh APBD atau APBN.  Sedangkan honorer K2 umumnya merupakan tenaga honorer sekolah dan sejenisnya, biasanya gajinya bersumber dari non-APBN atau sumber dana lain seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS), honor sekolah, dan lainnya.
 
Naftalina menjelaskan, Kemenpan-RB bersama dengan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) masih membicarakan untuk penunjukan perguruan tinggi mana yang akan dijadikan konsorsium untuk membuat soal ujian. “Mengenai bobot soalnya masih akan kita bicarakan. Yang jelas bedanya dengan seleksi CPNS umum hanyalah lembar jawab yang menggunakan Lembar Jawab Komputer (LJK). Sementara seleksi CPNS umum langsung menggunakan komputer,” pungkasnya.
 
Terpisah, Kabag Humas Pemkot Balikpapan Sudirman Djayaleksana menjelaskan, Balikpapan telah melakukan seleksi untuk memilih tenaga honorer K1 sejak 2010 silam. Dari hasil seleksi tersebut diperoleh 94 orang honorer K1 yang langsung diangkat menjadi CPNS dan digaji menggunakan dana APBN/APBD.
 
“Sementara untuk K2 ini memang berbeda. Karena harus ada Tes Kompetensi Dasar (TKD). Di Balikpapan sendiri ada 374 honorer K2. Jika lolos dalam seleksi CPNS pada Agustus mendatang dipastikan akan diangkat menjadi PNS. Tapi jika tidak lolos, sesuai amanat dari Menpan-RB akan dilihat dan disesuaikan dengan anggaran daerah. Jika memang masih dibutuhkan dan daerah mampu membiayai, maka akan dipekerjakan dengan sistem kontrak. Tapi jika sudah tidak dibutuhkan atau tidak mampu membiayai tentunya tidak akan dipakai,” sambungnya.
 
Sementara, dalam sosialisasi terkait seleksi CPNS di auditorium kantor wali kota, kemarin, beberapa tenaga honorer masih khawatir jika namanya tidak masuk dalam database. “Nantinya  dilakukan uji publik selama 21 hari untuk memastikan data yang dihimpun sudah valid. Setelah itu, data akan disetor kembali ke Kemenpan-RB,” pungkasnya.( kaltim Post )
1 comments

Info tenaga honorer Tangerang

Info tenaga honorer Tangerang- Sejak dikeluarkannya PP nomor 48 tahun 2005 yang melarang Pemda untuk tidak lagi melakukan pengangkatan tenaga honorer, masalah tenaga honorer di lingkungan Pemkot Tangerang belum kunjung selesai.

 “Tenaga honor kita atau K2 masih sekitar 6 Ribuan, di antaranya guru, tenaga medis dan yang ada di lingkungan pemerintah seperti kecamatan atau kelurahan,” kata Sekda Kota Tangerang, Harry Mulya Zein, Rabu (6/3/2013). 

 Jumlah ini diakui Sekda masih cukup banyak, padahal menurutnya sudah tidak ada lagi penerimaan tenaga honor dilingkungan Pemkot Tangerang. Terkait dengan pengangkatan K2 ini menjadi PNS, Harry mengatakan tidak dapat mengangkatnya secara serta merta. 

“Ada aturannya K2 harus mengikuti rekrutmen dan mengikuti tes seperti yang ditetapkan kementrian. Dan hingga saat ini belum ada lagi penerimaan PNS,” tuturnya. Akan tetapi dikatakan Harry, prioritas K1 dilingkungan Pemkot Tangerang saat ini sudah hampir 100 persen diangkat. Di mana sudah ada 153 K1 yang saat ini sudah diangkat dan sudah menjadi CPNS.
1 comments
 
Tentang Kami | Privacy Policy | Terms & Conditions | Hubungi Kami
Copyright © 2012. Lowongan CPNS 2014 - All Rights Reserved
Template by Creating Website Powered by Blogger
| Bloggers