print this page

Jabatan jabatan yang hanya bisa diterima jadi PNS

Pemerintah menyiapkan 60 ribu formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di seluruh kementerian/lembaga (K/L) dan pemerintah daerah pada 2013 ini. Sebanyak 40 ribu lowongan di antaranya dibuka untuk daerah, sementara sisanya sebanyak 20 ribu untuk instansi pemerintah pusat. 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar 
menjelaskan, formasi ini tidak dibuka untuk semua jabatan, hanya jabatan-jabatan tertentu yang boleh direkrut pada 2013 ini. Adapun tenaga kerja tersebut, yakni tenaga untuk pendidikan, tenaga kesehatan, tenaga teknis dan jabatan-jabatan tertentu yang benar-benar dibutuhkan oleh organisasi. 

"Misalnya tenaga penyuluh pertanian, yang memang dibutuhkan dalam meningkatkan hasil pertanian, seperti beras, jagung, dan lain-lain," ujar Azwar, seperti dikutip dari situs Setkab, Jumat (22/2/2013). Sementara untuk pemerintah pusat, yang diprioritaskan adalah guru (guru kelas dan guru produktif), dosen (eksakta dan teknik), jabatan-jabatan penegak hukum, jabatan yang menjadi pelaksana utama (core business) fungsi instansi, dan jabatan yang diperlukan untuk memenuhi standar internasional. 

 Dia menambahkan, meskipun kebijakan moratorium CPNS sudah berakhir, bukan berarti pemerintah daerah dapat serta merta merekrut CPNS sebanyak-banyaknya. Ia mengemukakan, pada 2013 ini pemerintah tetap menerapkan kebijakan zero growth menuju minus growth. 

"Usulan tambahan harus berdasarkan analisa jabatan dan analisa beban kerja. Selain itu, instansi itu harus sudah memiliki proyeksi kebutuhan pegawai lima tahun ke depan," ujar Azwar. (mrt)(okezone.com)
0 comments

Tenaga Honorer Klaten yang Diusulkan jadi CPNS 2013

KALTEN-Informasi jumlah Tenaga Honorer Klaten yang Diusulkan jadi CPNS 2013 adalah  Sebanyak 2.627 tenaga hononer yang berkatagori dua (K2) mendapat kesempatan untuk diusulkan dalam perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2013. Saat ini, berkas yang sudah dilengkapi oleh para honorer K2 tersebut sudah diserahkan ke Badan Kepegawaian Negara (BKN). 

 Menurut Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Klaten, Ir Cahyo Dwi Setyanta, dalam proses pengajuan CPNS tersebut, sebenarnya Pemkab Klaten masih menunggu proses di Kementerian Pedayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN dan RB). "Kami sudah mengajukan berkas-berkas dari 2.627 tenaga honorer K2 tersebut ke BKN. Saat ini, kami masih menunggu prosesnya, karena berkas-berkas tersebut masih dalam tahap proses verifikasi di BKN," tegas Cahyo kepada suaramerdeka.com di komplek Setda Klaten, Selasa (19/2). 

Berdasarkan data yang ada di BKD pada Januari 2013, jumlah pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Klaten sekitar 14.760 orang. Setiap tahunnya, ada sekitar 700 PNS yang memasuki masa pensiun. Namun dalam dua tahun terakhir, Pemkab Klaten tidak diperkenankan melakukan perekrutan PNS, karena jumlah PNS dinilai berlebihan. 

Diharapkan, tahun ini akan ada penambahan jumlah PNS untuk menutup kekurangan akibat banyaknya PNS yang telah memasuki masa pensiun. Pemkab Klaten sudah mengajukan kebutuhan CPNS baru untuk Kabupaten Klaten kepada Kementerian PAN dan RB. Namun, Pemkab hanya bisa menunggu keputusan dari pusat. 

 "Setelah dilakukan verifikasi oleh BKN, daftar tenaga honorer K2 yang diusulkan akan dipublikasikan melalui internet dan papan pengumuman. Selanjutnya akan dilakukan uji publik, apakah tenaga honorer tersebut benar-benar bekerja di instansi yang disebutkan atau tidak," tegas Cahyo.(suaramerdeka.com)
0 comments

Lowongan CPNS 2013 Kabupaten Bekasi Segera Dibuka

Info Lowongan Penerimaan CPNS Bekasi - Kabar gembira bagi anda masyarakat Kabupaten Bekasi yang berminat mengikuti lowongan CPNS 2013, Pasalnya dipastikan kabupaten Bekasi akan membuka lowongan CPNS 2013.

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Bekasi tengah menyusun formasi kebutuhan tenaga pegawai. Ini dilakukan terkait rencana penerimaan CPNS tahun 2013 kabupaten Cikarang. ’’Kita mesti lihat dulu yang dibutuhkan dengan kemampuan APBD mencukupi atau tidak nantinya,” kata Kepala BKD Kabupaten Bekasi, Carwinda.

Mantan Camat Tambun Selatan ini mengatakan, ketika sudah waktunya nanti, pihaknya akan mengumumkan penerimaan CPNS 2013.

’’Kami pasti umumkan kok untuk kebutuhan CPNS nanti,” tutur Carwinda. Usai penyusunan formasi, kata dia, pihaknya akan menyerahkan pada Kementerian dan Pendayagunaan Aparatur Negara untuk ditindaklanjuti sesuai prosedur.

 ’’Kita juga perlu tandatangan bupati untuk memutuskan kebutuhan pegawai dan penempatan posisinya,” bebernya.(jpnn)
0 comments

Jumlah Honorer K1 Yang Gagal Jadi CPNS

Sebanyak 701 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari honorer kategori satu (K1) kosong. Kekosongan ini disebabkan karena daerah belum mengajukan dokumen pemberkasan nomor induk pegawai (NIP) dari honorer bersangkutan. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Sutrisno mengungkapkan, sesuai data yang ada, dari formasi 27.300 baik pusat dan daerah, baru 26.599 usulan yang masuk. Itupun yang sudah ditetapkan NIP-nya sebanyak 15.428 orang. Sisanya 11.171 orang masih dalam penyelesaian. "Yang masih dalam penyelesaian itu karena terganjal dengan kelengkapan dokumen. Bila dokumennya tidak benar, bisa saja kita anulir karena untuk penetapan NIP semua dokumen harus valid," tegas Eko dalam rapat dengar pendapat panja pengawasan penyelesaian honorer tertinggal Komisi II DPR RI, Selasa (26/2). 

Mengenai sisa formasi sebanyak 701, lanjutnya, BKN masih memberikan kesempatan kepada daerah untuk secepatnya mengajukan. Keterlambatan ini diduga karena daerah tidak berani mengumumkan ke publik hasil quality assurance (QA) yang dilakukan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). "Yang jelas, sisa formasi ini tidak bisa diganti dengan nama honorer lainnya. Kalau daerah tidak juga mengajukan usulan, formasi ini bisa hangus," tegasnya. Ditambahkan Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (SesmenPAN-RB) Tasdik Kinanto, saat ini ada sekitar 19 ribuan honorer K1 yang menunggu klarifikasi. Dari hasil QA BPKP, 8.632 masuk dialihkan ke honorer kategori dua (K2), 306 dinyatakan tidak memenuhi kriteria (TMK), dan 2013 sementara masih diaudit tujuan tertentu (ATT). "Meski begitu, kita masih memberikan kesempatan kepada honorernya jika bisa menyodorkan bukti-bukti kuat kalau mereka dibiayai APBN/APBD, statusnya bisa kita alihkan ke honorer K1," terang Tasdik.(jpnn.com)
0 comments

Formasi Lowongan CPNS 2013 jumlah 60.000 orang

Lowongan CPNS 2013- Tahun 2013 ini, pemerintah hanya mengalokasikan penambahan calon pegawai negeri sipil dalam jumlah sangat terbatas, 60.000. Jumlah ini pun terbagi 40.000 untuk CPNS di pemerintahan daerah dan sisanya di instansi pusat. Usulan pengadaan PNS dari daerah ataupun instansi pusat tetap harus berdasarkan analisis jabatan dan analisis beban kerja. Harapannya, tidak ada pertumbuhan jumlah PNS di Indonesia yang saat ini sudah mencapai lebih dari empat juta orang. "Usulan tambahan juga harus berdasarkan analisis jabatan dan analisis beban kerja. Selain itu, instansi itu juga harus sudah memiliki proyeksi kebutuhan pegawai lima tahun ke depan," kata

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar seusai penetapan kinerja Kemenpan tahun 2013 di Jakarta, Kamis (21/2/2013). Penerimaan CPNS juga dibatasi untuk tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, tenaga teknis, dan jabatan-jabatan tertentu yang benar-benar dibutuhkan, seperti penyuluh pertanian, perikanan, dan kehutanan. Pembatasan ini dilakukan sesuai kebijakan pertumbuhan nol persen untuk jumlah PNS. Saat ini, jumlah PNS di Indonesia berkisar 4,7 juta orang. Namun, menurut Plt Deputi SDM Aparatur Kemenpan Tasdik Kinanto, diterapkan pula minus growth untuk instansi yang jumlah pegawainya sudah berlebih, anggaran belanja pegawai kabupaten/kota lebih dari 50 persen APBD dan untuk provinsi, rasio belanja pegawainya lebih dari 30 persen APBD.( kompas.com)
0 comments

Lowongan CPNS 2013 Kabupaten Karanganyar Tidak Dibuka

Info CPNS Karanganyar 2013 - Pemkab Karanganyar dipastikan tidak akan membuka formasi rekrutmen CPNS pada 2013 walaupun moratorium telah dicabut pada awal Januari lalu. Pasalnya, penerimaan CPNS mengacu pada kondisi APBD yang mayoritas digunakan untuk membayar gaji PNS.


Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Karanganyar, Larmanto, mengatakan sesuai aturan, pemerintah daerah yang berhak melakukan rekrutmen CPNS apabila belanja pegawai maksimal 50 persen. Sementara belanja pegawai di Karanganyar sekitar 70 persen.


“Dengan kondisi keuangan tersebut maka Pemkab tidak akan membuka rekrutmen CPNS pada 2013,” ujarnya kepada Solopos.com, Senin (25/2/2013).


Kini, pihaknya tengah melakukan penataan pegawai dengan melakukan pendataan sesuai analisi beban kerja di setiap SKPD. Analisis tersebut bakal memperinci kebutuhan dan jumlah pegawai di setiap SKPD. Pegawai yang bekerja di SKPD yang kelebihan PNS bakal dipindah ke SKPD lain yang masih kekurangan pegawai.


Menurutnya, pendataan pegawai ditargetkan rampung pada awal Maret mendatang. Sehingga pihaknya dapat mengetahui SKPD yang kelebihan atau kekurangan jumlah pegawai.


“Sekarang setiap SKPD sedang mendata jumlah pegawai. Setelah kelar maka dilakukan penataan pegawai,” terangnya.


Berdasarkan data BKD Karanganyar, jumlah PNS di lingkungan Pemkab Karanganyar sebanyak 11.900 pegawai. Mayoritas PNS merupakan tenaga kesehatan dan guru yang tersebar di wilayah Bumi Intanpari.

0 comments

CPNS Provinsi Riau 2013, Menunggu Petunjuk Pusat

INFO CPNS PEMPROV RIAU - PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau masih menunggu regulasi dan petunjuk pusat untuk formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2013. Ini dilakukan, karena belum ada ketentuan dan mekanisme khusus dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) RI.


Informasi itu diutarakan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau, Zaini Ismail kepada Riau Pos (Grup JPNN), Ahad (24/2) di Pekanbaru. Menurutnya, Pemerintah Provinsi Riau akan menyesuaikan dengan segala keperluan dalam perekrutan aparatur pemerintah daerah.


Dia juga merespon positif sinyal positif sinyal pusat yang merekrut sekitar 60 ribu CPNS di tahun 2013 ini. " Memang informasinya seperti itu. Tetapi sampai sekarang kita belum menerima petunjuk dari pusat," ulasnya.


Saat ditanyakan mengenai formasi yang diajukan, Mantan Kepala Dinas Sosial itu menegaskan hal itu juga tergantung pada kepastian Pemerintah Pusat. Dimana, usulan formasi diajukan setelah sudah ada kepastian kran perekrutan aparatur pemerintah dibuka di daerah.


Hal itu ditekankan, karena dia tidak ingin mendahului Pemerintah Pusat mengenai mekanisme penambahan tenaga aparatur pemerintah. Namun, dia menegaskan, daerah siap jika hal itu direalisasikan.


Seperti diberitakan beberapa waktu lalu, Menpan-RB Azwar Abu Bakar mengatakan tahun 2013 ini akan direkrut sedikitnya 60 ribu CPNS. Perekrutan itu akan dilakukan di tingkat Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat.


Sementara itu, salah seorang pencari kerja, Dewi (30) menilai informasi itu sudah lama dinantikannya. Pasalnya, moratorium CPNS beberapa waktu lalu, membuat wanita lulusan Universitas Riau itu gagal meraih impiannya menjadi pegawai negeri.


"Saya melihat di koran beberapa waktu lalu perekrutan CPNS serentak pada bulan Juni. Biasanya seh, akhir tahun. Tapi kalau benar begitu lebih bagus," ujar perempuan berjilbab putih itu.


Wanita yang saat ini mengajar di salah satu sekolah swasta di Riau itu tetap mengharapkan menjadi pegawai negeri. Selain memiliki jenjang karir, jaminan hari tua menjadi salah satu pertimbangan Dewi menantikan perekrutan CPNS.


Hal senada disampaikan, Novri (28). Pria yang tinggal di jalan Harapan Raya itu juga mengharapkan rencana perekrutan pegawai itu dapat benar-benar dilaksanakan. Pasalnya, dia sudah menunggu bertahun-tahun untuk mengikuti seleksi menjadi aparatur pemerintah daerah.


"Kalau saya maunya tiap tahun direkrut pegawai negeri. Karena setiap tahun kan ada lulusan universitas, baik negeri mamupun swasta. Itu juga dapat berperan dalam menekan angka penangguran. Ya tapi harus jujurdan jangan ada permainan," ungkap pria berkulit agak gelap itu. [Rio/Jpnn]

0 comments

Ujian CPNS 2013 Dijamin Adil Dan Transparan

Ujian CPNS 2013 - Pemerintah menyatakan proses penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2013 akan dilakukan secara adil dan transparan. Hal ini menyusul pencabutan terhadap kebijakan penghentian sementara (moratorium) penerimaan CPNS mulai tahun ini.Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) Azwar Abubakar, di Jakarta, kemarin, mengatakan, untuk tahun ini, pemerintah menyiapkan sebanyak 60.000 lowongan untuk mengisi formasi PNS yang terdiri dari 40 persen untuk kementerian/lembaga pusat dan 60 persen untuk daerah.


"Proses harus adil, tidak ada titip-menitip atau jatah, sehingga kesempatan merata. Tentu ini harus proses seleksi yang diawasi, termasuk dengan pengumuman hasil seleksi secara terbuka, ini dapat menghilangkan kecurangan," katanya usai acara penandatanganan Penetapan Kinerja Eselon I dan II di Kantor Kemenpan dan RB.Proses penerimaan CPNS tersebut, ujar Azwar, juga tetap akan mempertimbangkan kebutuhan dari masing-masing kementerian/lembaga, termasuk jumlah PNS pensiun. Dengan begitu, diharapkan postur birokrasi akan lebih sesuai dan jelas.Dia mengatakan, pemerintah akan melakukan pengawasan yang ketat dalam proses uji seleksi CPNS.


Dengan demikian, diharapkan mampu meminilisir terjadinya kecurangan saat pelaksanaan tes."Hasil seleksi itu akan diumumkan secara terbuka sehingga tidak ada intervensi yang dapat mempengaruhi hasil seleksi. Proses seleksi akan diawasi secara ketat," katanya.



Percepatan RB


Kemenpan dan RB mencanangkan sejumlah program untuk mendukung pelaksanaan reformasi birokrasi (RB) pada tahun 2013, termasuk penyusunan beberapa perundang-undangan, yakni Rancangan Undang-undang Aparatur Sipil Negara (RUU ASN), RUU Administrasi pemerintahan, dan RUU Sistem Pengawasan Internal Pemerintah. "Perundang-undangan itu akan menjadi pijakan yang kuat dalam implementasi reformasi birokrasi bagi seluruh aparatur negara," ujarnya.


Selain itu, ada pula 9 program percepatan reformasi birokrasi dan Penilaian Mandiri Program Reformasi Birokrasi (PMPRB) online, restrukturisasi kelembagaan melalui audit organisasi dan pengalihan jabatan structural eselon III dan IV ke jabatan fungsional, serta penataan sumber daya manusia (SDM) aparatur yang komprehensif melalui sistem seleksi CPNS yang menggunakan computer assisted test (CAT) maupun promosi jabatan secara terbuka, uji kompetensi PNS, pengukuran kinerja, dan disiplin PNS.


Untuk peningkatan pengawasan, juga akan dilakukan melalui zona integritas, wilayah bebas korupsi (WBK), serta wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM). Sedangkan, untuk peningkatan akuntabilitas akan dilakukan manajemen berbasis kinerja dilakukan dengan sistem akuntabilitas kinerja instansi pememrintah (SAKIP/LAKIP).



"Di era informasi dan keterbukaan saat ini, seluruh hasil kinerja aparatur pemerintah senantiasa mendapatkan perhatian dan pengawasan dari seluruh unsur masyarakat," katanya.
0 comments

Penerimaan CPNS Bogor 2013 Tidak Dibuka

Info Penerimaan CPNS Bogor 2013 - Tahun ini, Kota Bogor tidak mendapat kuota CPNS. Kepastian kabar ini setelah Komisi A DPRD Kota Bogor, mengajukan usulan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) RI, Rabu (20/2).

Anggota Komisi A DPRD Kota Bogor, Yasir A Liputo mengatakan, moratorium CPNS di Kota Bogor akan diperpanjang hingga tahun ini. “Kemungkinan, penerimaan CPNS hanya untuk tenaga honorer kategori I dan II,” katanya.

Politikus PKS itu menjelaskan, untuk kategori I, sedikitnya ada 73 calon yang berasal tenaga honorer, dengan masa bakti lebih dari 15 tahun. Sementara kategori II, ada 1.115 calon dari tenaga honorer, terhitung dari Desember 2005. “Kita sudah mengusulkan, saat ini Kementerian Reformasi PAN RI, sedang mengkaji, dengan melihat kemampuan anggaran Kota Bogor,” katanya.

Yasir mengatakan, kebutuhan CPNS di Kota Bogor, sebenarnya masih tinggi, yakni sekitar 3.850 tenaga. Namun, adanya ketidakberesan anggaran, membuat Kementerian PAN tidak memberikan jatah CPNS untuk Kota Bogor.

“Angka kelulusan sarjana di Indonesia setiap tahun mencapai 2 juta. Sementara, kuota CPNS hanya 120 ribu per tahun. Ada 1,8 juta sarjana, yang harus dilarikan ke instansi swasta,” katanya.

Terpisah, Ketua Komisi A DPRD Kota Bogor Atmaja mengatakan, kemungkinan adanya CPNS di Kota Bogor tahun ini sangat kecil, mengingat kemampuan anggaran yang terbatas, yakni anggaran belanja langsung lebih besar. “Kemungkinan besar tidak ada,” katanya.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Bogor, Dwi Roman Pujo menegaskan jika tahun ini tidak ada kuota CPNS untuk Kota Bogor. “Tahun ini belum ada,” katanya.

Dia bilang, jumlah PNS di Bogor saat ini ada 9.116 orang, ditambah tenaga honorer 1.015 orang. “Kita tidak akan menambah lagi tenaga honorer. Jadi, kalaupun ada kuota CPNS, kemungkinan akan diprioritaskan untuk honorer. Ada CPNS untuk formasi umum, namun itu langsung dari pemerintah pusat,” katanya [JPNN]
0 comments

CPNS Malang 2013, Pemkab Masih Butuhkan 3.741 Formasi Guru

Info Lowongan Penerimaan CPNS Kabupaten Malang - KEPANJEN – Dari tahun ke tahun persoalan kekurangan tenaga guru masih menjadi momok bagi dunia pendidikan di Kabupaten Malang provinsi Jawa Timur. Tahun ini, Dinas Pendidikan Kabupaten Malang mencatat kebutuhan tenaga formasi CPNS guru untuk 33 wilayah di Kabupaten mencapai   3.741 orang.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Teknis Dinas Pendidikan Kab Malang, Niniek Sri Handayani. M.Pd.” Jumlah guru tersebut merupakan rilisan terbaru. Kami terus mengupayakan, jumlah tersebut bisa terisi dan merata,” tandasnya saat ditemui Malang Post (Grup JPNN), Selasa (19/2).

Niniek menyebutkan, kebutuhan guru terbesar pada tingkat  SD yang mencapai 2.741 guru, disusul SMP satu atap 520 guru, SMP Negeri 216 guru,  SMK Negeri 208 guru, SMA Negeri 39 guru  dan TK delapan guru. Dari jumlah tersebut, kebutuhan guru yang dibutuhkan terutama di daerah pelosok Kabupaten Malang.

Selain itu Niniek menjelaskan, kekurangan guru terbanyak terdapat pada sekolah tingkat dasar (SD) karena jumlah SD disetiap kecamatan di Kab Malang sangat banyak. Hal tersebut mengakibatkan daya serap rekrutmen guru tidak seimbang dengan kebutuhan disetiap kecamatan, sehingga angka kebutuhan  tingkat SD terus bertambah. “Jumlah SD tiap Kecamatan terlampau banyak, lain dengan SMP atau SMA Negeri yang tiap Kecamatan hanya memiliki 1 hinnga 3 sekolah saja,” cetusnya.

Diknas juga mengupayakan  perlunya penambahan guru  SMP satu atap sesegera mungkin. Karena  jumlah 28 SMP satu atap di Kab Malang kebutuhan guru mencapai angka yang cukup tinggi. “ Khusus untuk SMP satu atap,  kebutuhan  520 harus terisi. Tenaga guru sangat dibutuhkan untuk membangun pendidkan bermutu dipermukiman terpencil,” ungkapnya.

Melihat kondisi seperti itu, jajaran Diknas Kab Malang terus berupaya dengan melakukan usulan ke Kementrian Pendidikan terkait pengangkatan guru tidak tetap (GTT) dan pegawai tidak tetap (PTT). Upaya tersus berjalan agar seluruh GTT yang berada di wilayah Kab Malang yang telah masuk dalam database diangkat tanpa tes. Setidaknya hingga saat ini, rilisan database Diknas  pengakatan GTT berjumlah  1952 guru, sementara untuk  PTT berjumlah 592 pegawai.

“Kami terus berupaya agar GTT dan PTT bisa diangakan menjadi PNS, dan sedianya menigisi kekosongan 3.741 tersebut. Dan sisanya akan diangakat atau direkrut melalui tes CPNS secara bertahap kedepanya,” Tutupnya. [JPNN]

1 comments

Info CPNS Bali 2013: Kabupaten Buleleng Usulkan Lowongan CPNS

Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir (2010-2012), sekitar 700 pegawai negeri sipil (PNS) di Pemkab Buleleng memasuki masa pensiun. Untuk itu, Pemkab Buleleng mulai menyusun rencana untuk menambah pegawainya melalui perekrutan CPNS tahun 2013. Hanya, rencana ini masih tahap pembahasan dan melengkapi persyaratan yang harus dipenuhi.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Buleleng, Nyoman Rousmini, yang dihubungi Jumat (15/2) kemarin, membenarkan PNS di Buleleng mulai berkurang lantaran banyak yang pensiun. Dikatakan, mulai tahun 2010 hingga 2012 yang lalu, sekitar 700 orang PNS di Bali Utara berhenti bekerja karena sudah memasuki masa pensiun. "Karena ada moratorium, banyak PNS kami yang sudah pensiun namun belum bisa ditambah dengan PNS baru," katanya.

Mengatasi kondisi ini, lanjut Rousmini, pemerintah daerah tahun 2013 ini merencanakan mengusulkan formasi perekrutan CPNS. Tahap awal dari rencana itu, pemkab sudah menyiapkan berkas persyaratan bagi kabupaten/kota yang akan melakukan perekrutan CPNS. Syarat tersebut seperti analisis beban kerja, analisis jabatan (anjap), dan pemenuhan syarat alokasi belanja pegawai diharuskan maksimal 50 persen dari total APBD.

Dari beberapa persyaratan tersebut, alokasi belanja pegawai yang belum bisa dipenuhi, karena kondisi APBD Buleleng yang belum memungkinkan untuk mengalokasikan belanja pegawai maksimal 50 persen dari total APBD. Saat ini, alokasi belanja pegawai dari total APBD Buleleng 67 persen. Atas kondisi ini, pemkab tetap yakin formasi yang diusulkan akan disetujui.

Pertimbangan yang dipakai untuk menguatkan bahwa Buleleng perlu menambah jumlah pegawainya karena PNS yang pensiun jumlahnya mencapai 700 orang. "Dari persyaratan itu hanya masalah kesiapan alokasi belanja pegawai yang sepertinya belum memenuhi. Tapi kami coba dengan analisis beban kerja dan analisis jabatan itu ditambah PNS yang pensiun begitu banyak, mudah-mudahan pemerintah mempertimbangkan usulan kami," jelasnya.

Rousmini menambahkan, dari rencana awal formasi perekrutan CPNS tahun 2013 ini jumlahnya belum dipastikan. Hanya, dari perkiraan jumlah formasi yang diusulkan 900 orang. Dari jumlah keseluruhan formasi tersebut, paling banyak formasinya berasal dari tenaga pendidik (guru) Sekolah Dasar (SD). Untuk formasi guru SD ini rencananya ditambah 600 orang.

Penambahan guru SD sebanyak itu karena Buleleng sampai tahun ini masih mengalami krisis guru. Sedangkan formasi lainnya akan diisi dari tenaga medis dan tenaga teknis lainnya. "Ini rencana formasi yang kami usulkan. Saat ini pembahasan masih di tingkat kebupaten dan analisis jabatan serta analisis beban kerja dari BKN. Setelah syarat dinyatakan lengkap, baru kami akan sampaikan kepada DPRD Buleleng sekaligus meminta persetujuan, selanjutnya kami akan usulkan ke Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Men-PAN)," imbuhnya. [Bali Post]
0 comments

Info CPNS Aceh 2013: Kabupaten Aceh Singkil Buka Ratusan Lowongan CPNS

Info CPNS Aceh 2013 - SINGKIL - Pada tahun 2013 Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil, akan membuka lowongan CPNS formasi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Formasi CPNS Aceh Singkil yang akan dibuka, yaitu tenaga pendidik, kesehatan dan teknis. Kondisi ini, disambut baik pencari kerja. Maklum pekerjaan PNS, sejauh ini masih jadi primadona bagi para orang tua dan pencari kerja.


Namun, Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) Aceh Singkil belum menjelaskan jumlah formasi yang akan dibuka. “Jangan dipublikasikan dulu mengenai jumlah formasi yang dibutuhkan. Saya mau ke Jakarta dulu,” kata Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Aceh Singkil, Aidil Zulfadla, Rabu (12/12).


Sementara informasi yang diperoleh Serambi menyebutkan, formasi CPNS yang akan diterima pada 2013 di Kabupaten Aceh Singkil, sekitar 547 orang. Permintaan formasi CPNS tersebut, sudah diajukan ke Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi di Jakarta. Ujian penjaringan CPNS pada 2013, direncanakan menggunakan sistem on line. Guna mencegah prilaku KKN oleh panitia penerima dan oknum tertentu, yang selama ini kerap terjadi.


Jumlah PNS di Kabupaten Aceh Singkil, saat ini sekitar 3.379 orang. Terdiri dari 66 orang golongan I, 1.431 orang golongan II, kemudian 1.485 golongan III dan 397 golongan IV. Jumlah PNS tersebut dinilai masih kurang, terutama untuk mengisi jabatan setingkat kepala seksi [Serambi Indonesia]

0 comments

Lowongan CPNS 2013 Kabupaten Agam Sumatera Barat Tidak Dibuka

Agam Padek - Tahun 2013 Pe­me­rintah Kabupaten Agam tidak menerima Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk formasi umum. Begitu juga tahun depan.


Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Agam Daf­ri­nes kepada Padang Ekspres Kamis (14/2) mengatakan, hal itu perlu ditegaskan untuk me­ngan­tisipasi para calo CPNS beraksi. “Jadi bila ada oknum yang me­nyebutkan tahun ini Pemerintah Kabupaten Agam menerima pe­ga­wai baru, itu berita bohong,” tegasnya. Selain itu, untuk pe­layanan kepegawaian di BKD Agam, sia­pa­pun yang berurusan tentang ke­pegawaian tidak di­pungut biaya. “Semua urusan di BKD Agam akan dilayani secara gratis, bila ada yang mengaku dipungut biaya, silakan me­lapor­kan pada kami agar dilakukan tindakan sesuai aturan yang berlaku,” kata Dafrines.


Setiap pegawai yang beru­rusan ke BKD Agam, untuk ber­bagai keperluan, seperti naik pangkat, sekadar meminta infor­masi kepegawain, urusan ke­pe­gawaian lainnya, akan dibantu sesuai kewenangan yang ada di Badan Kepegawaian Daerah (B­KD) Kabupaten Agam.


Dafrines berharap, kepada seluruh pegawai Kabupaten Agam atau siapapun yang ingin berurusan ataupun ingin me­nge­tahui informasi tentang ke­pe­ga­waian, silahkan datang ke kantor BKD Agam. [Padang Eksperes]

0 comments

Info CPNS Aceh 2013: Gayo Lues Tutup Pengangkatan Honorer

Info CPNS Aceh - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gayo Lues (Galus) menutup peluang seribuan honorer menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini, dan sebaliknya, Pemkab Aceh Tenggara (Agara) membuka lowongan untuk CPNS. Hal itu berdasarkan surat edaran Mendagri RI No. 814.1/169/SJ tentang larangan pengangkatan tenaga honorer dan sejenisnya menjadi CPNS.

Bupati Galus, Ibnu Hasim menegaskan hal tersebut di depan para Muspida Plus, termasuk para pengurus parpol nasional dan lokal di oproom Sekdakab Galus di Blangkejeren. Dia menyatakan telah menerima surat edaran Mendagri tertanggal 10 Januari 2013 beberapa hari lalu yang isinya melarang pengangkatan tenaga honorer menjadi CPNS.

Bupati Ibnu Hasim menambahkan surat edaran tersebut sehubungan diberlakukannya PP No 56/2012 dan telah disebar ke seluruh pemkab, termasuk Pemrov Aceh. Dia menjelaskan, seluruh pejabat bagian kepegawaian dan lainnya dilarang mengangkat tenaga honorer menjadi CPNS, kecuali ada ketetapan pemerintah.

“Salah satu poin dalam surat edaran itu ditegaskan, apabila gubernur/ bupati masih melakukan pengangkatan tenaga honor atau sejenisnya, maka segala konsekwensi dan dampak pengangkatan itu menjadi tanggungjawab pemerintah kabupaten sendiri,”sebut Bupati saat membacakan surat edaran tersebut dalam kegiatan resmi sebelumnya.

Sedangkan Sekdakab Galus, Abubakar Djasbi, kepada Serambi, Senin (11/2) mengatakan surat edaran Mendagri telah diedarkan ke seluruh kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). “Dalam surat edaran Mendagri itu sangat jelas disebutkan, pemerintah tidak mengangkat lagi tenaga honor atau sejenisnya menjadi CPNS,” jelasnya.

Namun, untuk menutupi kekurangan pegawai pada intansi, dinas, badan atau kantor, maka harus ada PP untuk pengangkatan tenaga honor nantinya. “Untuk menutupi kekurangan pegawai pada satu SKPD akan dikeluarkan SK Bupati, sehingga tidak menyalahi aturan,” demikian Sekdakab Galus, Drs Abubakar Djasbi. [Serambinews]
0 comments

Penerimaan CPNS Pemkot Yogyakarta 2013 Formasi Sudah Disiapkan

Info Lowongan Penerimaan CPNS Pemkot Yogyakarta - JOGJA — Akibat kebijakan moratorium penerimaan pegawai negeri sipil (PNS), Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja provinsi DIY kekurangan pegawai. Penataan PNS ke masing-masing SKPD baru mencapai 69%.


Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jogja Maryoto mengatakan, kebijakan pemerintah pusat menghentikan penerimaan CPNS berdampak pada kekurangan pegawai di lingkungan Pemkot.


“Kebutuhan PNS di lingkungan Pemkot mencapai sekitar 10.858 orang. Tapi, jumlah PNS saat ini hanya 8.028 orang,” katanya di sela-sela rapat koordinasi dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Inspektorat Jogja, Rabu (13/2/2013).


BKD sudah melakukan penataan dan perpindahan pegawai antar SKPD. Namun, langkah tersebut belum mampu memenuhi kebutuhan pegawai di masing-masing SKPD. Sebab, penyebaran pegawai di masing-masing SKPD baru memenuhi kebutuhan sebanyak 69%.


Terkait info lowongan CPNS Pemkot Yogyakarta 2013, Pemkot saat ini menyiapkan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk diusulkan perekrutan pada tahun ini. Paling lambat, formasi tersebut harus sudah disampaikan ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada akhir bulan ini. Sehingga penentuan formasi juga harus cermat. Apalagi, tiap tahun ada sekitar 300 pegawai yang memasuki masa pensiun. [Solo Pos]

0 comments

Ini Jaminan Penerimaan CPNS 2013 Murni

Kemurnian Penerimaan CPNS 2013 - Sudah menjadi rahasia umum penerimaan CPNS dikotori dengan adanya isu-isu miring tidak murninya proses penerimaan CPNS. Ironisnya isu ini berkembang terus walau pada kenyataannya ini belum tentu benar. Atas dasar ini pemerintah berusaha mengubah imege buruk ini dengan memberikan bukti bukan janji.


Terbukti pada penerimaan CPNS tahun 2012 yang lalu berlangsung penerimaan CPNS yang paling transparan dalam sejarah Birokrasi Indonesia. Tidak berhenti sampai disitu, cita-cita pembersihan birokrasi ini tetap akan dibina pada penerimaan CPNS tahun-tahun selanjutnya termasuk pada penerimaan CPNS 2013.



Apa Jaminannya?


MenPAN: Anak Sekda Tak Dijamin Lolos


Pemerintah akan membuka rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di hampir semua kementerian tahun ini. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (MenPAN) Azwar Abu Bakar menjamin rekrutmen CPNS akan berlangsung secara bersih dan jujur. Apa benar CPNS 2013 akan berlangsung murni? Baca berita lengkap disini: Ini Jaminan Murni Penerimaan CPNS 2013

0 comments

Penerimaan CPNS Pemprov Jawa Timur 2013 Gunakan Sistem CAT

Info Lowongan CPNS Jatim 2013 - SURABAYA - Pemprov Jatim bakal kembali menggelar rekruitmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada tahun 2013. Lowongan Penerimaan CPNS 2013 pemprov Jatim ini  yang kedua setelah dicabutnya moratorium penerimaan CPNS oleh pemerintah pusat.


Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Jatim Akmal Boedianto mengatakan, penerimaan lowongan CPNS 2013 ini rencananya digelar bulan Juni 2013. Selain membuka untuk formasi umum, Pemprov juga berencana mengangkat pegawai honorer katagori K2 menjadi CPNS.


”Tapi berapa formasi yang diberikan, kita belum tahu. Yang jelas kuota didasarkan pada kebutuhan masing-masing instansi, baik pusat maupun daerah,” ujarnya, Senin (4/2/2013).


Format tersebut berbeda dengan model penerimaan CPNS sebelumnya, di mana pemerintah pusat menetapkan kuota nasional terlebih dahulu. Setelah itu, baru disebar merata di setiap instansi.


Pengangkatan honorer K2 berbeda dengan pengangkatan honorer. Untuk dapat diangkat, K2 wajib mengikuti tes dan mereka yang lolos tes berhak diangkat sebagai CPNS. Jadi yang diangkat sebabagi CPNS belum tentu semuanya.


”Jadi pengangkatan mereka berdasar hasil tes. Makanya pengangkatan honorer K2 dilakukan secara bertahap, mulai 2013 sampai 2014 nanti,” jelas Akmal.


Kriteria honorer K2, yakni mereka yang bekerja di instansi pemerintah dan diangkat oleh pejabat berwenang, dengan masa kerja minimal satu tahun pada 31 Desember 2005 dan hingga saat ini masih bekerja secara terus menerus. Usia sekurang-kurangnya 19 tahun dan tidak boleh lebih dari 46 tahun per 1 Januari 2006.


Saat ini, pegawai honorer K2 menumpuk untuk posisi guru, perawat, dan tenaga teknis. Di Jatim, jumlahnya diperkirakan mencapai puluhan ribu. Karena di Surabaya saja jumlah K2 mencapai sekitar 3.200, di mana sebagian besar adalah guru.


Akmal menjelaskan, pelaksanaan tes CPNS Juni nanti menggunakan sistem computer assisted tes (CAT). Yakni, pelamar langsung menjawab soal ujian di depan komputer. Pihaknya, kata Akmal, sudah menyiapkan model tes tersebut.


”Tahun lalu, sistem tes dengan CAT hampir kita lakukan. Tapi tak jadi, karena tiba-tiba ada moratorium,” imbuhnya. [Tribun Surabaya]

0 comments

Lowongan CPNS Kabupaten Temanggung 2013 Pemkab Ajukan 2000 Formasi CPNS

Info Lowongan CPNS Kabupaten Temanggung - Pasca selesainya moratorium pada akhir tahun lalu, Pemkab Temanggung kini telah mengajukan sekitar 2000 formasi lowongan CPNS 2013 kepada pemerintah pusat. Pengajuan jumlah itu setelah dilakukan evaluasi dan menyesuaikan kebutuhan tenaga pada tiap-tiap SKPD.

Kepala Bidang Kepegawaian, Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Kabupaten Temanggung, Sri Haryanto, mengatakan, pengajuan lowongan cpns Temanggung 2013 sejumlah 2000 formasi itu jika mengacu pada perhitungan tahun 2011 sudah sesuai ketentuan Permenpan No 26. Artinya, cukup ideal untuk mengisi kekurangan tenaga pegawai di lingkungan Pemkab Temanggung.

"Sesuai isi Permenpan itu kan daerah harus melakukan perhitungan kebutuhan pegawai sesuai kebutuhan, maka kita ajukan. Kita belum bisa menjawab pasti kapan kuotanya turun, yang pasti kami sudah berupaya mengajukan kurang lebihnya sekitar 2000 formasi," katanya, Selasa (12/2).

Disebutkan, dari sekitar 2000 formasi CPNS 2013 Temanggung yang diajukkan, 600 lowongan di antaranya untuk tenaga pengajar atau CPNS guru. Antara lain, guru SD, dan guru mata pelajaran (mapel) SMP, SMA, SMK. Untuk tenaga teknis dan medis sejumlah sepertiga dari kebutuhan tenaga CPNS guru. Lainnya, diperuntukkan bagi tenaga honorer.

Terkait kerap munculnya aksi penipuan menjelang tes penerimaan CPNS, pihak BKD mengimbau agar masyarakat jangan mudah percaya dengan bujuk rayu orang yang tidak bertanggung jawab. Para penipu itu selain menyasar pendaftar juga para tenaga honorer dengan iming-iming jaminan diterima sebagai PNS, asal bersedia membayar dengan besaran jutaan rupiah.

"Masyarakat jangan mudah percaya dengan informasi-informasi yang tidak jelas dan sumbernya bukan dari pemkab resmi. Kita akui tahun-tahun sebelumnya sudah banyak terjadi aksi tipu-tipu yang dilakukan oleh orang yang mengaku bisa memasukkan menjadi PNS asal membayar sejumlah uang," ujarnya. [merdeka]

Jadi jika ingin lulus CPNS 2013 satu-satunya cara adalah dengan belajar. Dan saat ini diharapkan masyarakat sudah mempersiapkan diri menghadapi ujian CPNS nanti.
0 comments

Solok Selatan Rencana Buka Lowongan CPNS 2013 Mengisi Kekurangan CPNS Guru

Info Lowongan CPNS Solok Selatan - Solsel, Padek - Minimnya te­naga kependidikan (guru) hing­ga kini masih terjadi di Ka­bupaten Solok Se­latan provinsi Sumatera Barat. Te­r­utama guru Sekolah Da­sar (SD). Saat ini, daerah ujung se­latan Sumbar itu, kekurangan se­dikitnya 218 guru SD. Keku­rangan itu tersebar di seluruh kecamatan.


Rencananya, pada penerimaan CPNS 2013 ta­hun ini, Dinas Pendidikan Kabupaten Solok Selatan akan m­e­ngajukan permohonan formasi CPNS Solok Selatan un­tuk mengisi kekosongan terse­but. “Memang formasinya belum kita ajukan. Masih menunggu kepastian penerimaan CPNS tahun ini,” terang Kadis Pendidikan Sol­sel, Fidel Efendi, beberapa waktu lalu.


Catatan Dinas Pendidikan, di So­l­­sel terdapat 139 unit SD Negeri dan 4 unit SD swasta. Jumlah guru SD sa­at ini sebanyak 2.041 orang dan jum­lah murid sebanyak 21.625 orang.


Kekurangan guru SD paling ba­nyak terjadi di Kecamatan Sangir Ba­tang Hari (SBH) yakni 71 orang. Ke­camatan ini, termasuk kawasan yang terletak paling jauh dari ibu kota pemerintahan Padangaro. Bila dari pusat pemerintahan kecama­tan SBH di Abai, maka harus m­e­nempuh 38,6 kilometer menuju Pa­dangaro. Itu pun dengan kondisi jalan yang kurang mulus. Rentang kendali kecamatan ini juga luas. Se­bagiannya kawasan terletak di dae­rah aliran sungai Batanghari, a­n­tara lain Lubuk Ulang-aling Se­latan, Lubuk Ulang-aling Induk, dan Lubuk Ulang-aling Tangah. Nya­ris tak ada akses jalan darat yang layak untuk menjangkau masyarakat di tiga nagari tersebut. Sebagai sarana peng­hubung antar kampung di tiga na­gari itu, warga di sana meng­gu­nakan transportasi air, atau biasa di­kenal timpek.


Tiga kawasan ini masuk dalam ka­tegori daerah sulit atau terisolir. Se­hingga, bagi guru yang berkenan un­­tuk mengabdi di sana, peme­rin­tah menyediakan tunja­ngan khu­sus. Antara lain tunjangan dae­rah (tun­da) sebesar Rp1,5 juta, dan tun­jangan propinsi Rp1 juta per bu­lan. Meski tunjangan yang dita­war­kan adalah nominal yang cukup besar, namun tidak serta merta membuat para angkatan kerja khususnya ca­lon guru mengangguk untuk di tem­patkan di sana.


Selain daerah jangkauannya su­lit, minimnya guru SD malah juga ter­­jadi di daerah ibukota peme­rin­tahan, atau kecamatan Sangir. Di sini, kekosongan guru SD men­capai 45 orang. Begitupula di kawasan Su­ngaipagu dan Koto Parik Gadang Di­ateh (KPGD), masing-masing ke­kurangan 15 orang dan 25 orang. Se­dangkan di Kecamatan Sangir­jujuan kekurangan guru mencapai 30 orang, dan kecamatan Sangir Balai Janggo kekurangan sebanyak 21 orang. Sementara itu, di Keca­ma­tan Pauhduo, hanya keku­rangan sebanyak 11 orang.


Fidel menambahkan, bila pene­ri­maan CPNS dibuka dan formasi yang diajukan Dinas Pendidikan ke BKD belum dikabulkan seluruh­nya, maka kekosongan guru SD ren­­cananya akan diisi oleh pa­ra pe­gawai honorer K1 yang ber­tu­gas di Disdik. “Nanti ke­ko­songan itu akan disiasati de­ngan cara menem­pat­kan pega­wai ho­norer K1 di Disdik un­­tuk ditempatkan di se­kolah-se­ko­lah yang mengalami keku­rangan guru,” tuturnya. [Padang Ekspres]

0 comments

Lowongan CPNS Sumbar 2013 Jalur Umum Diusulkan 930 Formasi

Info CPNS Provinsi Sumbar - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan merekrut calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD) pada 2013 karena sudah memenuhi persyaratan yang ditetapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

"Sejak dua tahun terakhir Pemprov Sumbar menerapkan moratorium (penghentian sementara) Penerimaan CPNS karena ada ketentuan dari pemerintah. Namun tahun ini sudah bisa dilakukan, diperkirakan pada September-Oktober 2013," kata Sekretaris Daerah Pemprov Sumbar Ali Asmar di Padang, Sabtu.

Ia mengatakan Penerimaan CPNS termasuk di Sumbar pada CPNS 2013 ini melalui tiga pola yakni pelamar umum, tenaga honorer kategori I, dan honorer kategori II.

Lowongan CPNS Provinsi Sumatera Barat dari kategori umum yang sudah diusulkan sebanyak 930 orang untuk formasi teknisi dan tenaga medis serta guru untuk SMK unggul Provinsi Sumbar.

"Sedangkan untuk kategori CPNS Honorer I bagi pegawai honorer yang sudah mengabdi di lingkungan Pemprov Sumbar sebelum 2005, sehingga dapat diangkat langsung menjadi PNS," katanya.

Ia mengatakan, tenaga honorer masuk kotegori I hanya diproses kelengkapan administrasi dan sekarang sudah sampai ke Kementerian PAN dan RB sebanyak 63 orang, diperkirakan dalam waktu dekat akan keluar Nomor Induk Pegawai (NIP) mereka.

"Kemudian untuk tenaga honorer kategori II, mereka yang sudah mengabdi atau bekerja baik di BUMD atau instansi di lingkungan sebelum 2005," katanya.

Namun mereka yang masuk kategori II harus melalui proses tes dan tak tertutup kemungkinan ada di antaranya yang gugur.

Menyinggung penerimaan CPNSD untuk kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Barat, Ali mengatakan saat ini 19 pemerintah daerah sedang melengkapi persyaratan yang ditetapkan Kementerian PAN dan RB.

"Jadi, setiap daerah yang ingin melakukan rekrutmen CPNSD harus memenuhi sedikitnya 12 indikator, tetapi belum diperoleh berapa kabupaten/kota yang sudah memenuhi," ujarnya.

Menurut dia, masih ada batas waktu yang diberikan pemerintah pusat sehingga pemerintah kabupaten dan kota perlu melengkapi persyaratan tersebut.

"Kita berharap pada 2013 semua kabupaten dan kota dapat memenuhi persyaratan yang ditetapkan tersebut. Soal berapa kuota yang ditentukan pusat sampai sekarang belum dapat dipastikan," ujarnya. [Antara via ROL]

0 comments

Lowongan CPNS Pemkot Semarang Tahun 2013 1.963 Formasi Diajukan

Info CPNS Pemkot Semarang - Kota Semarang, provinsi Jawa Tengah mengalami ‘krisis’ guru alias tenaga pengajar, menyusul bertambahnya jumlah pegawai negeri sipil (PNS) yang memasuki masa pensiun.


Berdasarkan data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkab setempat, hingga tahun 2013 ini sedikitnya sudah ada 1.168 PNS yang telah memasuki masa pensiun.


Rinciannya, tahun 2011 sebanyak 336 orang, tahun 2012 sebanyak 413 PNS. “Untuk tahun 2013 ini masih ada 419 PNS yang memasuki masa pensiun,” terang Kepala BKD Kabupaten Semarang, Budi Kristiyono, Senin (4/2/2013).


PNS yang akan memasuki masa purna tugas tahun ini tersebar di sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Dari jumlah 413 orang PNS tersebut didominasi tenaga pengajar (guru).


Ini tak lain karena 60 persen PNS di Kabupaten Semarang merupakan guru. “Banyaknya PNS pensiun tersebut mengakibatkan adanya kekurangan pegawai terutama guru,” terangnya.


Budi menyebutkan jumlah guru yang pensiun pada tahun 2011 mencapai 195 orang. Sedangkan di tahun 2012 sebanyak 211 orang. “Sementara jumlah guru yang akan memasuki masa pensiun pada tahun 2013 ini mencapai 214 orang guru,” imbuhnya.


Lantaran kekurangan guru, Budi mengungkapkan pihaknya telah mengajukan Penerimaan CPNS ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan BR) sebanyak 1.963 formasi CPNS Pemkot Semarang 2013.


Formasi itu meliputi tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, dan administrasi umum. Usulan lowongan penerimaan CPNS Pemkot Semarang tersebut berdasarkan analisa jabatan.


Khusus untuk kekurangan guru PNS ia berharap bisa diisi tenaga honorer kriteria dua maupun reguler (umum). “Untuk tenaga honorer lewat proses seleksi dari konsorsium perguruan tinggi negeri yang ditunjuk Kemenpan,” ujar Budi. [ast/seruu.com]

0 comments

Pemkot Surakarta Kekurangan PNS Guru

Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta kekurangan guru Sekolah Dasar (SD). Salah satu penyebabnya adalah moratorim penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada tahun 2011.

"Selain diberlakukannya moratorium juga adanya para guru yang memasuki masa purna tugas," kata kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemkot Surakarta Rakhmad Sutomo kepada wartawan di Solo, Sabtu.

"Yang pasti ada seratus lebih, dan ini jumlah yang besar," katanya.

Ia mengatakan, untuk mengatasi kekurangan guru SD, pihaknya melakukan langkah regrouping terhadap sekolah yang minim siswa digabung dengan sekolah yang berada di dekatnya."Ya melalui cara-cara seperti ini sedikit banyak bisa menolong," katanya.

Kebijakan ini, lanjutnya, cukup efektif untuk mengatasi kekurangan guru. Untuk tahun 2012 lalu ada enam sekolah dasar yang diregrouping. Sedang tahun ajaran 2013-2014 mendatang, juga masih akan melakukan regrouping SD lagi.

Selain regrouping, kata Rakhmat, pihaknya juga melakukan mutasi guru dari sekolah yang kelebihan guru ke sekolah-sekolah yang kekurangan guru. "Bahkan kami pernah mewacanakan memindah guru SMP dan SMA ke SD. Namun karena ada yang menentang, kami batalkan," katanya. [ant]

0 comments

Lowongan CPNS Pemkot Dumai Riau 2013 Ajukan 315 Formasi CPNS

Info Penerimaan CPNS Dumai - Kabar gembira diberikan kepada masyarakat yang belum memiliki pekerjaan, kali ini Pemerintah Kota Dumai melalui Badan Kepegawai Daerah (BKD) membuka peluang penerimaan Calon Pengawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2013.

Seperti dikutip dari media Riau Terkini, Penerimaan CPNS 2013 Kota Dumai tersebut sudah diajukan sebanyak 315 formasi ke Badan Kepegawaian Negara dan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (BKN-Menpan) Republik Indonesia, untuk memenuhi kekurangan yang dibutuhkan sekitar 1700 PNS.

Kepala Badan Kepengawaian Daerah (BKD) Dumai, Sepranef mengungkapkan dalam pembahasan Prioritas Plafon (PPAS) RAPBD 2013 bersama Badan Anggaran (Banggar) DPRD Dumai, Rabu (6/2/13). "Tahun ini, kami akan membuka tes CPNS. Sebanyak 315 formasi yang kami usulkan ke BKN," katanya.

Rincian formasi 315 pegawai itu sendiri, kata Sepranef, untuk mencakup kebutuhan di bidang pendidikan, seperti CPNS guru SD,SMP dan SMA sebanyak 40 persen. Selain itu, tenaga kesehatan seperti dokter dan paramedis sebanyak 30 persen. Sedangkan sisanya, untuk tenaga tehknis ditempatkan pada beberapa satuan kerja.

"Kami lebih memprioritaskan tenaga pendidik dan kesehatan, karena memang masih sangat kurang. Sementara untuk tenaga tehknis kami membuka kesempatan bagi para lulusan D3 dan S1 yang nantinya bakal ditempat di masing-masing SKPD," ujar Sepranef kepada Banggar DPRD Dumai.

Kendati tenaga honorer cukup banyak disejumlah SKPD, namun menurut Sepranef, keberadaan honorer ternyata tidak menjawab kebutuhan tenaga pegawai. Pemko Dumai tetap kekurangan pegawai sesuai formasi yang dibutuhkan saat ini.

"Usulan 315 PNS itu untuk menjawab kekurangan pegawai dilingkungan Pemko Dumai sebanyak 1700. Kenapa kami hanya usulkan 315 formasi, sementara kebutuhan sampai 1700 pegawai. Karena kami menyesuaikan dengan formasi yang telah ditetapkan pemerintah pusat," jelasnya.

Dijelaskan mengenai tenaga honorer, kata Sepranef, honorer itu tidak memenuhi kebutuhan tenaga pegawai. Karena memang, persyaratan pendidikan, tidak menjawab formasi yang dibutuhkan. Jadi meskipun banyak honorer, pemerintah tetap kekurangan tenaga PNS sesuai yang dibutuhkan.


Bagi masyarakat yang ingin mengikuti ujian CPNS 2013 kota Dumai ini diharapkan bersabar menunggu formasi final. Diharpakan bagi calon peserta ujian CPNS kota Dumai 2013 ini sudah melakukan persiapan matang dari sekarang, karena seleksi CPNS 2013 akan tetap murni dan diawasi ketat oleh pemerintah pusat. Satu-satunya cara lulus cpns adalah dengan belajar dan latihan soal-soal CPNS.

0 comments

Lowongan CPNS Pemkot Kota Batu Jawa Timur 2013 Prioritaskan Honorer K2

Info CPNS Pemkot Kota Batu Jawa Timur - Pemerintah Kota Batu, Jawa Timur, saat ini masih membutuhkan sekitar 3.000 pegawai negeri sipil (PNS) lagi untuk mengisi satuan kerja perangkat daerah atau SKPD yang kekurangan pegawai.


Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Batu Abu Sufyan, mengatakan, peluang untuk menjadi pegawai negeri sipil di Kota Batu masih terbuka lebar jika dibandingkan dengan daerah lain, seperti Pemkot Pasuruan maupun Blitar.


"Kedua daerah tersebut mampu menyerap tenaga PNS hingga tujuh ribu orang, sedangkan di Kota Batu baru sekitar empat ribu PNS. Padahal, luas wilayahnya hampir sama, sehingga kami masih kekurangan sekitar tiga ribu PNS lagi," kata Sufyan, Jumat (8/2).


Disampaikannya, kebutuhan atau perekrutan PNS di daerah itu juga tergantung dari usulan masing-masing SKPD. Setelah ada pengajuan baru diusulkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan).


Hanya saja, ujar Sufyan, Kemenpan yang nantinya akan menilai layak tidaknya instansi untuk merekrut PNS. "Pemkot hanya mengajukan saja, keputusan layak tidaknya tergantung Kemenpan," katanya.


Namun, untuk tahun ini Sufyan mengatakan pihaknya masih belum tahu berapa kuota CPNS dari jalur umum. Sebab, saat ini masih memprioritaskan tenaga honorer yang masuk kategori 2 untuk diangkat menjadi PNS karena honorer K1 sudah selesai.


Tenaga honorer K2 di lingkungan Pemkot Batu saat ini mencapai 122 orang dan sebagian besar adalah tenaga pendidik (guru). Belum lama ini para honorer K2 itu juga mendesak pemkot agar segera mengangkat mereka menjadi CPNS.


"Tahun ini kami memang masih prioritaskan tenaga honorer K2. Kalaupun nanti ada dari jalur umum, mungkin kuotanya juga tidak banyak, tapi sekarang kami masih menunggu petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis)-nya," tegas Sufyan.

0 comments

Lowongan CPNS 2013 Tenaga Kesehatan Masih Dibutuhkan 33.412 Formasi

Penerimaan CPNS Tenaga Kesehatan - Kebutuhan tenaga kesehatan untuk Penerimaan CPNS tahun 2013 ini masih cukup besar. Data resmi Kementerian Kesehatan kemarin (7/2) menyebutkan, kebutuhan tenaga kesehatan untuk 2013 ini mencapai 331.988.

Sementera, kondisi hingga akhir 2012 baru ada 298.576 tenaga kesehatan. Dengan demikian, masih ada kekurangan sebanyak 33.412 orang.

Kekurangan terbesar untuk perawat, yang mencapai 7.180. Pasalnya, hingga akhir 2012 baru ada 105.419 perawat, sedang kebutuhan di 2013 ini mencapai 112.599 perawat.

Disusul tenaga farmasi yang kekurangan   5.238 orang. Karena tahun ini dibutuhkan 13.512 tenaga farmasi, sedang ketersediaan hingga akhir 2012 hanya ada 8.274 personil. Dokter umum jumlah hingga akhir 2012 sebanyak 17.750, kebutuhan 2013  sebanyak 19.268.

Sehingga masih ada kekurangan dokter umum di tahun 2013 sebanyak 1.518. Sebagian lagi adalah apateker, analis kesehatan, bidan, sanitarian, dokter gigi, perawat gigi, dan beberapa lagi jenis tenaga kesehatan lainnya.

Kekurangan ini sebagian bisa terisi lewat pengisian Lowongan CPNS pada Penerimaan CPNS 2013 ini.

Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) bidang Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN&RB) Ramli Naibaho beberapa waktu lalu menyebutkan, tenaga kesehatan memang mendapat prioritas untuk seleksi CPNS formasi 2013.

Untuk tenaga kesehatan mendapat porsi 25 persen dari seluruh CPNS yang akan direkrut. "Untuk tenaga kesehatan (dokter, perawat, bidan, sanitarian dll, red) 25 persen," ujar Ramli.

Selain tenaga kesehatan, tenaga untuk pelayanan dasar lainnya yang mendapat prirotas adalah guru dan dosen jatahnya 40 persen, serta penyuluh pertanian, perikanan, dan peternakan 10 persen. Lainnya lulusan ikatan dinas, tenaga khusus seperti penjaga lembaga pemasyarakatan (Lapas), tenaga keuangan, perkapalan, dan lainnya (Jpnn).


Jadi, bagi anda pencari kerja pada formasi tenaga kesehatan masih berpeluang menjadi CPNS dimana lowongan CPNS tenaga kesehatan akan terbuka lebar pada penerimaan CPNS Kemenkes tahun 2013 nanti. Diharapkan bagi yang ingin mengikuti ujian CPNS 2013 sudah bisa melakukan persiapan dari sekarang.

0 comments

Penerimaan CPNS 2013 Pemkot Padang Sumbar Butuh Ribuan CPNS

Info Penerimaan CPNS Pemkot Padang - Hingga kini, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Padang masih menunggu instruksi dari pusat, terkait pengajuan dan penerimaan CPNS 2013 ini. Namun, sesuai kondisi saat ini, Pemko setidaknya masih membutuhkan sekitar 1.100 orang pegawai.


”Sampai sekarang masih menunggu informasi. Belum ada intruksi dari pusat untuk pengajuannya,” ujar Kepala BKD Kota Padang, Asnel kepada POSMETRO, kemarin. Dia menyebutkan, kebutuhan sekitar 1.100 orang PNS baru tersebut berdasarkan jumlah PNS yang telah pensiun pada 2012 dan 2013.


Asnel merinci, pada 2012 PNS Pemko Padang yang pensiun mencapai 600 orang. Sementara, yang akan pensiun pada 2013 sekitar 400 orang. PNS-PNS tersebut kebanyakan berasal dari instansi teknis seperti di Dinas PU, TRTB, kelurahan dan guru.


“Kita belum bisa usulkkan ke BKN pusat karena belum ada instruksinya. Karena BKN pusatlah yang nantinya menentukan kuota penambahan PNS untuk Kota Padang,” kata Asnel lagi.


Kuota PNS, menurutnya, juga akan disesuaikan dengan perimbangan antara belanja langsung serta belanja tak langsung di APBD. “Kita hanya bisa mengusulkan soal kebutuhan PNS, sementara yang menentukan tetap BKN pusat,” tegas Asnel.


Berbeda dengan PNS di lembaga teknis yang mengalami kekurangan akibat pensiun, saat ini, Kota Padang justru mengalami kelebihan guru SMPdan SMA. Untuk pemanfaatan potensi, Pemko akan melakukan pendataan dan sekaligus melakukan pemerintaan. Guru SMP dan SMA akan didistribusikan ke Sekolah Dasar yang masih kurang atau ke daerah lain.


Namun hal itu, kata Asnel, perlu kajian matang. Apalagi pada 2013 ini, cukup banyak guru yang pensiun yang harus segera dicarikan penggantinya. (Posmetro Padang).


Berapapun nantinya formasi CPNS Pemkot Padang yang akan disetujui pemerintah pusat, yang paling penting adalah bagi masyarakat yang ingin mengikuti ujian CPNS 2013 Pemkot Padang ini sudah bisa melakukan persiapan dari sekarang.

0 comments

Instansi Bisa Usul CPNS 2013 Walau Rasio Belanja Pegawai Diatas 50%

JAKARTA—Meski pemerintah telah mencabut moratorium CPNS, dan membuka kembali penerimaan pegawai baru.  Namun setiap instansi yang mengusulkan kebutuhan CPNS, belanja pegawainya harus di bawah 50 persen.

"Syaratnya seperti tahun lalu. Paling utama, belanja pegawainya kurang dari 50 persen," tegas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar di kantornya, Jumat (1/2).

Dijelaskannya, perekrutan harus terlebih dahulu memiliki peta jabatan serta rencana kebutuhan pegawai untuk lima tahun ke depan. Itu harus didukung oleh analisis jabatan (Anjab) dan analisis beban kerja (ABK). Di samping itu, instansi harus memiliki pola rekrutmen CPNS yang terbuka, fair, bersih, efisien, dan akuntabel.

"Kalau syaratnya sudah dipenuhi tinggal mengusulkan ke KemenPAN-RB. Nanti usulan ini akan dianalisa kemudian diajukan kepada Wapres. Apakah layak diberikan formasi atau tidak," terangnya.

Bagi instansi yang sangat butuh pegawai namun belanja pegawainya lebih dari 50 persen, diupayakan memanfaatkan sumber daya yang ada. Kalaupun SDM yang ada tidak memungkinkan untuk keahlian tertentu, pemerintah akan memberikan toleransi. Namun, jumlahnya tidak banyak.

"Ya paling maksimal dua orang lah untuk menjadi leader, sedangkan lainnya pakai PNS yang sudah ada saja," tandasnya.

Target Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk secepatnya menyelesaikan proses pemberkasan nomor induk pegawai (NIP) CPNS dari honorer kategori satu (K1), tidak bisa terealisasi.

Pasalnya pemerintah daerah tidak memberikan dukungan penuh kepada pusat untuk memproses usulan pemberkasan NIP.

"Bagaimana bisa BKN kerja cepat kalau usulan yang diajukan sangat sedikit. Sudah beberapa kali diminta memasukkan usulan pemberkasan, tidak diindahkan daerah," keluh Kasubag Humas dan Protokol BKN Petrus Sujendro kepada JPNN, Jumat (1/2).

Data BKN menyebutkan, hingga 31 Januari 2013, usulan yang masuk baru 20 ribu dari total 52 ribu CPNS dari honorer K1. Dari jumlah tersebut, yang mengantongi NIP lima ribu orang. Sisanya, 15 ribu, masih dalam proses pemeriksaan dokumen.

"Dari 15 ribu, ada sekitar 700-an CPNS yang dokumennya tidak lengkap, sehingga perlu dilengkapi. Ini sudah kita sampaikan ke Kanreg BKN untuk ditindaklanjuti. Yang pasti mereka kita beri kesempatan untuk melengkapinya," terangnya.

Jumlah 700-an ini, menurut Petrus kemungkinan bertambah lagi. Sebab, proses pemberkasan masih berlanjut.

Mengenai tenggat waktu 31 Januari yang ternyata tidak diindahkan daerah, membuat kecewa BKN. Menurut dia, kelambanan daerah ini terkait ketakutan dari kepala daerah maupun kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk mengumumkan hasil quality assurance (QA) Badan Pengawasan Keuangan  dan Pembangunan (BPKP).

"Daerah rata-rata takut mengumumkan hasil QA karena khawatir didemo honorer K1. Ini terkait dengan perbedaan hasil pengumuman verifikasi dan validasi (verval) tahap satu yang diumumkan BKN. Jadi misalnya ada instansi A lulus verval pertama, begitu QA malah tidak lulus," jelas Petrus.

Dengan banyaknya usulan daerah yang belum masuk itu, BKN terpaksa memperpanjang lagi waktu pemberkasan. Hanya saja para honorer K1 ini diminta tidak mengejar-ngejar BKN karena kelambanan ada di daerah.

"Daerah sebaiknya secepatnya mengumumkan hasil QA-nya agar honorer K1 bisa menyiapkan seluruh berkasnya. Kalau daerah menahan lebih lama, ini akan menimbulkan masalah baru lagi," tandasnya. (Esy/jpnn)
0 comments

Lowongan CPNS 2013 Yang Tersedia?

21 Januari kemarin, pemerintah telah memutuskan menghentikan moratorium penerimaan pegawai negeri sipil (PNS). Artinya, dalam tahun ini, pemerintah akan membuka lowongan calon PNS untuk mengisi kekurangan pegawai pelayan masyarakat.

Paling tidak, Kementerian Keuangan pernah menyebutkan di lembaga bendahara negara ini, kekurangan pegawai untuk Direktorat Pajak 30.000 orang, dan cukai 13.000 orang. Lowongan tersebut tidak termasuk di 36 lembaga kementerian dan non kementerian serta pemerintah daerah.

Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Eko Prasodjo mengatakan jumlah lowongan yang akan diperebutkan sekitar 60 ribu pegawai. Kebutuhan tersebut sesuai dengan analisa kebutuhan pegawai di instansi pemerintah pusat sampai daerah. Pihaknya belum mau merinci lembaga mana yang akan merekrut pegawai. "Jadi Juni baru seleksi," ujarnya.

Akan tetapi, pemerintah memberikan bocoran, jika perekrutan di suatu instansi pemerintah, harus melihat pada peta jabatan serta rencana kebutuhan pegawai untuk lima tahun ke depan yang didukung oleh analisis jabatan dan analisis beban kerja, memiliki rencana dan melaksanakan redistribusi pegawai serta memiliki pola rekrutmen CPNS yang terbuka, fair, bersih, efisien, dan akuntabel.

Selain itu, perekrutan hanya dilakukan oleh kementerian/lembaga/pemerintah daerah yang anggaran belanja pegawainya di bawah 50 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) serta perekrutan hanya dilakukan setelah mendapat izin dari Komite Pengarah Reformasi Birokrasi yang diketuai Wakil Presiden.

"Kita butuh pegawai karena ada 2.000 yang pensiun tahun ini. Sedangkan untuk meningkatkan kinerja keuangan terutama di pajak dan cukai dan anggaran kita perlu pegawai," ungkap Menteri Keuangan Agus Martowardodjo.

Dalam situsnya, Wakil Presiden Budiono mengatakan sepanjang masa moratorium 16 bulan tersebut, berbagai upaya penataan-ulang kebijakan dan sistem kepegawaian telah ditempuh. Mulai dari analisis jabatan, penghitungan jumlah PNS berbasis analisis beban kerja, dan perencanaan sumber daya manusia per lima tahun untuk setiap instansi. Penataan struktur organisasi (restructuring and rightsizing) hingga pengaturan kembali kesejahteraan PNS juga telah dilakukan.

Dia mengatakan promosi jabatan secara terbuka diterapkan di beberapa kementerian, antara lain Kementerian Keuangan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi, Lembaga Administrasi Negara (LAN), Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Rekrutmen untuk jabatan eselon I dan II di lingkup Kementerian PAN-RB dan Lembaga Administrasi Negara dipublikasikan secara umum di media massa," ujarnya.

Dia menegaskan sejumlah kebijakan terkait pembenahan pengelolaan kepegawaian telah diterbitkan. Di antaranya penataan organisasi dan penambahan formasi, redistribusi tenaga pendidikan dan tenaga medis dan sistem perekrutan terpusat berbasis kompetensi yang transparan.

"Upaya-upaya pembenahan kebijakan maupun sistem kepegawaian akan terus digencarkan, antara lain dengan menyelaraskan siklus analisis kebutuhan pegawai pemerintah dengan siklus anggaran," katanya. (merdeka.com)
0 comments
 
Tentang Kami | Privacy Policy | Terms & Conditions | Hubungi Kami
Copyright © 2012. Lowongan CPNS 2014 - All Rights Reserved
Template by Creating Website Powered by Blogger
| Bloggers