Jumlah Kursi CPNS 2013 Untuk Pelamar Umum

Tahun 2014 Penerimaan CPNS akan dibuka lagi. Pada tes CPNS 2014 Sistem LJK akan dihilangkan, semua instansi wajib pakai system CAT (Computer Assisted Test). Sebaiknya Anda pelajari materi Tes CAT TKD CPNS Dari sekarang, Pelajari CAT TKD CPNS Klik Ini >>>

Latihan CAT CPNS 2014

Lowongan CPNS 2013 - Ujian calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2013 untuk pelamar umum menggunakan sistem computer assisted test (CAT) yang berbasis online. Dengan sistem digital itu, potensi pendaftar ganda dan melamar di lintas instansi cukup besar. Panitia berupaya mencegah kecurangan tadi dengan sejumlah cara.

Pelaksanaan tes rekrutmen CPNS 2013 baru dengan sistem CAT secara massal ini baru dijalankan pertama kali tahun ini. Sebelumnya hanya instansi tertentu yang menerapkan sistem CAT. Seperti rekrutmen CPNS baru di instansi Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Kepala Biro Hukum dan Humas (Karo Hukmas)Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) M. Imanuddin mengatakan, tantangan pelaksanaan tes CPNS baru 2013 dengan sistem CAT memang besar sekali. "Tetapi tingkat akuntabilitas dan kredibilitasnya bisa dijaga," kata dia kemarin.

Diantara keunggulan tes dengan sistem CAT ini adalah, peserta bisa langsung mengetahui hasil tes kompetensi dasar (TKD) ketika selesai mengerjakan soal ujian. Jika nilai yang dia dapat melebihi ambang batas atau passing grade, potensi diterima menjadi abdi negeri semakin besar. Peserta dengan nilai ujian TKD tinggi, berhak maju lagi ke tes kompetensi bidang (TKB).

Imanuddin menuturkan, ujian dengan sistem online ini memang memiliki potensi kecurangan peserta yang harus secepatnya diantisipasi. Seperti adanya pelamar ganda. Skenario pelamar ganda ini adalah, pelamar yang tidak lulus di ujian resmi akan menyerobot mengikuti ujian lagi di instansi lain dan waktu berbeda.

"Kami menerapkan sistem keamanan berlapis. Supaya tidak ada yang mendaftar ganda satu instansi atau di banyak instansi," kata dia. Intinya peserta ujian hanya boleh melamar menggunakan satu akun dan di satu instansi saja.

Diantara sistem keamanan yang bakal diterapkan adalah keterangan foto dan tanda tangan peserta ujian. Dua tanda identitas itu akan disimpan di pusat data panitia, sehingga sudah tidak bisa dipakai untuk berkali-kali oleh pelamar nakal.

"Disamping foto dan tanda tangan, panitia juga menggunakan data-data unik. Misalnya sidik jari," ujar Imanuddin. Data sidik jari pelamar ini diambil dari lembar ijazah yang sebelumnya sudah di-upload pelamar ke server CAT. Dengan sejumlah identitas pribadi tadi, Imanuddin mengatakan potensi ada pelamar curang bisa ditekan. Jika ada pelamar yang ketahuan mendaftar ganda, akan langsung dicoret dan kepesertaannya digugurkan.

Imanuddin menegaskan dalam sistem ujian CAT ini pelamar hanya bisa ikut sekali ujian. Hanya saja dengan sistem ini, pelaksanaan ujian dijalankan berkali-kali dalam sejumlah gelombang. Misalnya dalam sehari dijalankan ujian sebanyak tiga gelombang dan setiap gelombang terdiri dari 30 sampai 50 peserta ujian. "Jika sehari bisa sampai empat gelombang, berarti sepekan (enam hari) bisa 24 gelombang," kata dia.

Imanuddin belum mendapatkan informasi instansi pusat mana saja yang sudah pasti menjalankan ujian dengan sistem CAT. Dia mengatakan sampai saat ini masih kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) pusat dan regional yang siap menjalankan ujian dengan sistem CAT.

Jika ada instansi yang belum siap dengan sistem CAT, ujian CPNS baru untuk pelamar umum dijalankan secara konvensional dengan sistem lembar jawaban komputer (LJK). "Meskipun dikombinasi dengan LJK, prinsip Kemen PAN-RB ujian CPNS 2013 pelamar umum wajib sistem CAT," pungkasnya.

Kuota besar CPNS baru 2013 untuk pelamar umum sebanyak 60 ribu kursi. Rinciannya adalah 40 ribu kursi untuk instansi daerah dan 20 kursi untuk instansi pusat (kementerian/lembaga). Jumlah ini berpeluang bertambah, karena Kemen PAN-RB mengusulkan penambahan kuota baru ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu).(http://jambi-independent.co.id)

Bagi calon pelamar diharapkan melakukan persiapan yang matang untuk menghadapi ujian CPNS 2014 nanti. Karena seperti tahun 2013 yang lalu yang terbukti sukses, penerimaan CPNS 2014 akan dilakukan dengan murni dan trasparan dimana sepenuhnya ditangani pemerintah pusat bekerjasama dengan konsorsium perguruan tinggi.

Jadi jika ingin lulus CPNS satu-satunya cara adalah dengan belajar dan melakukan persiapan mantap.

Apa sebaiknya persiapan yang dilakukan?

Untuk memudahkan anda mempelajari Soal-Soal CPNS dengan metode yang tepat, Anda bisa menggunakan Paket Latihan Soal CPNS 2014:

  • Isi produk: Software + Materi Presentasi + ebook
  • Kumpulan Soal CPNS beserta Jawabannya
  • Prediksi Soal CPNS yang sering muncul
  • Praktek Nyata Simulasi Ujian CPNS (Mirip Mengerjakan Ujian Sistem CAT)
  • Dapat digunakan tanpa internet / offline
  • Dapat digunakan pada Laptop, iPad dan Android
  • Berlaku seumur hidup dan gratis update selamanya dan ditambah Ratusan Bonus Gratis materi pendukung belajar Soal CPNS.
  • Untuk mendapatkan Software ini Selengkapnya Baca Disini >>>
  • Share this article :

    + comments + 1 comments

    June 22, 2014 at 10:33 PM

    Ass Alaikum Wr Wb
    Sy Ucapkan Banyak Terima Kasih Kepada Pak Drs.Joko Sutrisno Yg Bekerja Di BKN Pusat Karnah Membantu Sy Menjadi PNS Kalau Tdk Ada Bapak Sy Tdk Tau Nasib Sy Bagaimana Karena Sy Sudah 11 Thn Guru Honor Dan 3x Daftar CPNS Tdk Pernah Lolos Untung Ada Ibu Suhaiba Yg Memberikan No Bapak Yg Pernah Bapak Bantu Dulu.
    Teman2 Yg Bernasib Seperti Sy Jika Ingin Di Bantu Hub Saja Pak Drs.Joko Sutrisno Tlp. 0823-2167-7798 Siapa Tau Bliau Mau Batu Dan Jgn Pernah Putus Asah Kalau Waktunya Tuhan Pasti Kasi Jalan.

    Post a Comment

     
    Tentang Kami | Privacy Policy | Terms & Conditions | Hubungi Kami
    Copyright © 2012. Lowongan CPNS 2014 - All Rights Reserved
    Template by Creating Website Powered by Blogger
    | Bloggers